Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Satelit Yang Cocok Mendampingi Satelit Telkom 4 Pasca Satelit Palapa D Off Air

Bagi pengguna parabola dengan 2 lnb, tentunya lnb yang satu jadi tidak berfungsi pasca satelit palapa d off air karena semua siaran satelit palapa d dipindakan ke satelit telkom 4. Daripada tidak berfungsi, alangkah lebih baik lnb ini difungsikan untuk mendapatkan chanel dari satelit luar negeri.

Ada beberapa satelit yang berorbit dekat dengan satelit telkom 4 yaitu:
  1. Satelit Asiasat 7
  2. Satelit Asiasat 5
  3. Satelit Chinasat 6B
Tiga satelit diatas bisa ditangkap atau digabungkan dengan satelit telkom 4 dalam 1 dish parabola. Anda tinggal memilih siaran satelit mana yanga cocok dengan anda. Namun saya memiliki beberapa ulasan tentang tiga satelit tersebut diatas sebagai pertimbangan.

Satelit Pendamping Telkom 4

Satelit Asiasat 7

Dulu satelit ini sangat terkenal karena ada 2 transponder yang menyayangkan chanel unggulan yaitu chanel kartun berbahasa indonesia, chanel sport sony ten 1 hd dan ten sport, chanel movies, dan chanel dokumenter.

Sangat disayangkan semua chanel tersebuat sekarang sudah tidak bisa dibuka. Kini yang ada hanya chanel lokal laur negeri yang didominasi chanel dari india. Dan juga seagian besar siarannya sudah menggunakan sistem dvb-s2 sehingga receiver mpeg2 tidak bisa menerima siarannya.

Satelit asiasat 7 bisa ditangkap dengan mudah karena rata-rata sinyalnya besar dan posisinya paling dekat dengan satelit telkom 4. Yaitu lnb untuk asiasat 7 dipasang rapat menempel dengan lnb untuk satelit telkom 4.

Satelit Asiasat 5

Satelit ini paling diburu pecinta siaran olahraga terutama siaran sepak bola. Chanel yang dicari adalah siaran feed olahraga. Walaupun tidak seramai dulu, namun masih ada beberapa siaran olahraga yang direlay di satelit asiasat 5.

Chanel lain yang diminati dari satelit ini adalah siaran live mekah medinah. Dulunya hanya satelit asiasat 5 yang menayangkan siaran langusng mekah medinah yang diterima diwilayah indonesia. Namun kini di satelit telkom 4 pun sudah ada.

Satelit Chinasat 6B

Hampir semua chanel satelit ini dari negara china. Genre nya beragam. Yang diminati adalah genre kartun dan dokumenter. Satelit ini sangat dinimati warga china yang tinggal di indonesia.

Posisi orbit satelit ini berada di sebelah timurnya satelit telkom 4. Jadi untuk menlocknya lnb harus dipasang disebelah baratnya slnb satelit telkom 4.

Satelit Yag Cocok Digabung Dengan Satelit Telkom 4

Dari 3 satelit diatas yang paling mudah dalam pemasangannya adalah satelit asiasat 7. Sayangnya hampir tidak ada chanel unggulan. Apalagi jika menggunakan receiver mpeg2. Hanya sedikit saja chanel yang masuk.

Untuk menangkap satelit asiasat 5 dan chinasat 6b, scalaring lnb harus dimodif karena jarak lnb nya agak jauh. Jika hobi sport silahkan lock satelit asiasat 5 dengan syarat dishnya besar dan lnb receivernya mumpuni.

Untuk pengguna receiver mpeg2 saya rekomendasikan mengambil satelit chinasat 6b. Alasannya karena chanelnya banyak, sinyalnya besar, dan artisnya cakep-cakep. Disamping itu ada tayangan kartun dan dokumenter.
Bagi pengguna receiver mpeh4/hd yang hobi artis cakep sebaiknya juga menlock satelit chinasat 6b. Apalagi tv nya sudah led. Jadi tambah cakep artisnya. Demikianlah artikel tentang satelit yang cocok bersanding dengan satelit telkom 4. Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Satelit Yang Cocok Mendampingi Satelit Telkom 4 Pasca Satelit Palapa D Off Air"

  1. yg ngerti paling CGTN Documentary, masih ada subtitle inggrisnya, emang gambarnya bening2, filmnya bagus2, banyak yg HD, tapi subtitlenya tulisan china juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di daerah saya pengguna receiver mpeg2 lebih suka chinasat ketimbang asiasat7. Lumayanlah bisa nambah2 chanel

      Hapus

Berlangganan via Email