Cara Membuat dan Tracking Parabola Mini Dari 1 Keping Dish Solid 6 Feet

Cara Membuat dan Tracking Parabola Mini Dari 1 Keping Dish Solid 6 Feet - Satu dish solid 6 feet (diameter 1,8 meter) terdiri dari 6 keping lempengan kecil. Setelah dirakit jadilah satu dish yang utuh.

Bagian paling cepat rusak pada dish solid 6 feet adalah ring bulat penyangga di bagian bawah dish. Ring ini cepat keropos dan akhirnya patah.

Jika anda memiliki dish 6 feet solid yang sudah rusak, anda tidak perlu mengganti dengan yang baru melainkan anda bisa memanfaatkan satu keping saja dari dish rusak ini.

Caranya adalah dengan membuat satu keping dish solid ini menjadi sebuah parabola offset untuk menangkap sinyal ku-band. Bisa di aplikasikan utuk parabola ninmedia, transvision, k-vision, matrix garuda, ataupun nex parabola.

Membuat Parabola Dari 1 Keping Dish 6 Feet

Cara membuatnya sangatlah mudah. Yang penting kita tau ukuran akurat dari permukaan dish ke lnb. Berdasarkan beberapa percobaan yang saya lakukan, ukuran paling pas adalah 75 sampai 80 cm.

Kurang dari 75 cm atau lebih dari 80 cm sinyalnya menjadi kurang besar. Berikut gambaran jarak parabola 1 keping dari permukaan dish ke lnb nya:

Jarak LNB ke Dish
Jarak LNB ke Dish

Penyangga Tiang LNB

Untuk menyangga lnb dari dish ini bisa pakai bahan sembarangan. Kalau saya sendiri lebih suka menggunakan pipa pralon. Selain mudah didapat, pengaturannya juga sangat mudah.

Berikut gambar parabola mini dari 1 keping dish 6 feet yang sudah jadi:

Dish Sudah Jadi
Dish Sudah Jadi

Cara Tracking Parabola Mini 1 Keping

Proses tracking dengan dish 1 keping ini sangat mudah bahkan untuk teknisi pemula. Trackingnya lebih mudah daripada dish pabrikan ukuran 45 cm, dan 60 cm.

Cara trackingnya sama seperti parabola mini pabrikan. Arah konektor lnb dibuat menyesuaikan satelit yang akan di lock. Arah parabola juga sama seperti parabola mini pabrikan.

Video Membuat Parabola Mini dari 1 Keping Dish 6 Feet

Untuk lebih jelasnya tentang cara membuat dan cara tracking parabola buatan sendiri dari 1 keping dish 6 feet ini bisa anda simak di video berikut:

Demikianlah artikel tentang cara menbuat dan cara tracking parabola mini buatan sendiri dari 1 keping dish solid 6 feet. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat dan Tracking Parabola Mini Dari 1 Keping Dish Solid 6 Feet"