Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV Berlangganan Di Indonesia


Kreasi Parabola - Televisi merupakan salah satu kebutuhan masyarakat dalam segi hiburan yang umumnya menjadi media pelepas lelah selepas kerja. Keberadaannya sangat penting karena selain hiburan, acara lainnya seperti berita dan olah raga juga menjadi tayangan favorit masyarakat.

Acara televisi berasal dari stasiun televisi yang mentransmisikan siarannya dalam bentuk audio dan video secara bersama-sama ke televisi penerima di wilayah tertentu. Penerima siaran televisi menggunakan antena untuk menerima siaran tersebut.

Transmisi Siaran Stasiun Televisi

Dalam menyebarkan siarannya, stasiun televisi menggunakan beberapa sistem pemancar. Maksudnya adalah beberapa frekuensi sinyal transmisi.

Indonesia adalah negara kepulauan dengan wilayah yang sangat luas. Untuk mentransmisikan siaran televisi ke semua wilayah, tidak mungkin dijangakau hanya dengan pemancar antena VHF/UHF teresrtial saja.

Yang paling memungkinkan adalah menggunakan transmisi satelit parabola. Dalam penayangan televisi berbasis satelit dikenal dengan istilah FTA dan Berbayar. FTA adalah siaran televisi yang bisa diterima dengan receiver konvensional. Sedangkan Berbayar adalah siaran televisi yang bisa diterima dengan receiver khusus dari provider yang bersangkutan.

Berbayar disini dibagi lagi menjadi 2 yaitu Ftelevisi dan berlangganan. Ftelevisi adalah chanel milik provider pay televisi tertentu yang memang sengaja bisa dinikmati pelanggannya tanpa harus berlangganan. Ftelevisi singkatan dari free to view (gratis untuk ditonton).

Sedangkan chanel berlangganan adalah chanel yang hanya bisa terbuka kalau pelanggan membayar sejumlah uang kepada provider pay televisi yang bersangkutan. Cara pembayarannya menggunakan metode khusus sesuai yang dibuat oleh provider pay televisi tersebut.

Di indonesia banyak sekali provider pay televisi baik yang masih eksis maupun yang sudah gulung tikar. Sebut saja Indovision, Telkomvision,Transvision, Centrin televisi, Aora televisi, Big televisi, Orange televisi, Matrix Garuda, Skynindo, SMV Freesat, K Vision, Nex Parabola, televisi Plus, dan mungkin masih ada yang lain lagi yang tidak admin ketahui.

Karena persaingan ketat, terkadang meraka menggunakan cara yang kurang sehat demi mencapai bisnis meraka.

Semoga saja rakyat indonesia bisa menikmati siaran televisi favoritnya tanpa terlalu mengeluarkan banyak uang. Bisnis ya bisnis, tapi janganlah mengambil keuntungan dalam keadaan rakyat yang sedang kesusahan.

Berlangganan via Email