Penjelasan LNB C Band OCS One Cable Solution

Penjelasan LNB C Band OCS One Cable Solution - Lnb c band adalah lnb yang menangkap sinyal satelit dengan frekuensi mulai dari 3400 Mhz sampai 4200 Mhz. Artinya frekuensi yang dicover hanya seluas 800 Mhz.

Sebuah receiver parabola bekerja atau bisa menerima frekuensi dari 950 Mhz sampai 2150 Mhz. Artinya mampu mencover frekuensi seluas 1200 Mhz. Jika receiver ini dipasangkan dengan lnb c band berarti ada frekuensi yang nganggur seluas 400 MHz (1200 - 800).

Munculnya LNB OCS One Cable Solution

Mungkin karena ada frekuensi yang nganggur seluas 400 Mhz ini, para pakar ahli teknologi perparabolaan menggagas terobosan membuat lnb one cable solution ini. Seperti kita ketahui kalau dalam memancarkan sinyalnya, sebuah satelit menggunakan 2 jalur arah yang kita kenal dengan polaritas.

Polaritas adalah arah rambatan gelombang sinyal yang terdiri dari gelombang lurus (linear) utara selatan (polaritas vertikal) dan gelombang lurus timur barat (polaritas horisontal). Atau gelombang memutar (circular) kekanan (polaritas right) dan gelombang memutar ke kiri (left)

Kedua polaritas ini tidak bisa digabung menjadi satu melainkan harus dipisah dengan switch. Jika sudah menggunakan switch, otomatis 1 out lnb hanya bisa digunakan untuk 1 receiver saja karena jika digunakan untuk 2 receiver atau lebih akan terjadi masalah di switchnya.

Cara Kerja LNB OCS One Cable Solution

Lnb ocs tidak menggunakan switch pemisah antara polaritas vertikal dan horisontal melainkan memanfaatkan frekuensi kosong seluas 400 Mhz yang tadi sudah saya sebut diatas. Jadi polaritas horisontal ditaruh dibagian bawah dan polaritas vertikan ditaruh di bagian atas.

Apakah Lnb OCS Bisa Mencover Seluruh Frekuensi C-Band?

Kalau ada pertanyaan seperti itu jawabannya adalah tidak bisa. Penyebabnya karena tidak muat. Frekuensi c-band seluas 800 Mhz. Sisa ruang kosong adalah 400 Mhz. Kalau frekuensi horisontal 800 Mhz ditambah frekuensi vertika 800 Mhz sama dengan 1600 Mhz. Sedangkan receiver hanya mencover 1200 Mhz.

Range Kerja Lnb OCS

Kalau anda memiliki lnb ocs ini, silahkan baca spesifikasinya. Disitu pasti tertulis input frekuensinya 3700 Mhz sampai 4200 Mhz. Artinya lnb ini mencover frekuensi seluas 500 Mhz. Mungkin ada pertanyaan seperti ini:

==> Kenapa hanya 500 Mhz?

==> Bagaimana dengan sisa frekuensinya?

Memang betul jika yang dicover hanya 500 Mhz saja. Jika polaritas horisontal 500 ditambah polaritas vertikal 500 artinya jumlah frekuensinya hanya 1000 Mhz. Sedangkan cakupan frekuensi receiver seluas 1200 Mhz. Artinya sisa 200 Mhz. Kenapa sisa frekuensi ini tidak digunakan?

Jangan bilang tidak digunakan karena sisa frekuensi ini tetap dugunakan. Hanya saja penggunaannya tidak untuk mencover frekuensi satelit melainkan untuk spasi antara frekuensi horisontal dan frekuensi vertikal. Tujuannya agar ujung pertemuan antara polaritas horisontal dan vertikal tidak bentrok.

Mengenai frekuensi c-band yang tidak tercover lnb one cable solution ini anda tidak perlu khawatir. Karena sebenarnya frekuensi c-band ini terbagi menjadi 2 yaitu frekuensi low 3400 sampai 3699 Mhz dan frekuensi high 3700 sampai 4200 Mhz.

Satelit keluaran baru kebanyakan sudah tidak menggunakan frekuensi 3400 sampai 3699 Mhz. Kalau kita lihat di situs lyngsat disitu pasti ada spasi jika satelitnya menggunakan low dan high. Berikut gambarnya:

Batas Frekuensi C-Band
Frekuensi C-Band Terbagi Menjadi Dua

Gambar diatas adalah data satelit asiasat 7. Satelit palapa d milik indonesia juga menggunakan frekuensi low ini. Itulah sebabnya k vision yang kemarin ada di satelit palapa d tidak bisa di lock dengan lnb ocs ini. Berdasarkan pengamatan saya satelit yang baru launching sudah tidak menggunakan frekuensi low.

Kegunaan Lnb OCS

Lnb ocs atau one cable solution digunakan khusus untuk 1 parabola dengan banyak tv. Karena penggunaannya sangat simpel. Cukup 1 kabel saja sudah bisa dicabang ke banyak receiver tanpa ada trobel.

1 lnb bisa digunakan untuk 50 tv bahkan lebih. Saya sendiri pernah menggunakan lnb ini dengan 1 out dihubungkan ke 22 receiver. Hasilnya aman tanpa kendala dengan sinyal stabil tanpa tambahan alat apapun. Jika penggunaan terlalu banyak kemungkinan sinyal akan ngedrop. Untuk mengatasinya kita bisa gunakan power pass agar sinyal tetap prima.

Contoh Lnb OCS

Berikut contoh lnb ocs atau one cable solution yang beredar dipasaran:

Lnb OCS Matrix Quatro

Matrix quatro 4 out adalah lnb ocs yang pertama kali saya pegang. Sempat bingung juga dengan lnb ini karena waktu itu belum tau seluk beluk lnb jenis ini. Berikut gambarnya:

LNB Matrix C-Band Quatro One Cable Solution
LNB Quatro One Cable Solution

Lnb ini memiliki 4 out yang masing-masing out ocs semua. Jika 1 out disambungkan ke 32 tv, maka 1 lnb ini bisa untuk paralel ke 128 tv. Sayangnya sekarang sudah tidak beredar.

Hansen One Cable Solution Two Outputs

Lnb ini yang sering saya pakai kalau dapat orderan banyak tv. Saat ini masih banyak dijual dan harganya ramah dikantong. Berikut gambarnya:

Lnb Hansen OCS
LNB Hansen One Cable Solution

Demikianlah artikel yang membahas tentang lnb one cable solution atau biasa disingkat lnb ocs. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada pembahasan lainnya.

35 komentar untuk "Penjelasan LNB C Band OCS One Cable Solution"

Comment Author Avatar
Salam kenal
saya ada LNB quatro ini. katanya ada dua frekuensi 5150 dan 5750. portnya yang mana ya?
Comment Author Avatar
yang dimaksud adalah 2 freqwensi dijadikan satu. kan lnb ini ada 4 output. dari tiap-tiap outputnya sudah keluar gabungan dari 2 freqwensi tadi. yaitu horisontal=950mhz sampai 1450mhz. sedangkan vertikal 1550mhz sampai 2050 mhz.
Comment Author Avatar
mas..cara paralel rec nya gimana biar bisa jadi 10 rec,apakah langsung kabel output 1 disambung jadi 10 kabel ke rec.apa ada alat lain seperti switcher gitu.bagi ilmu nya dong
Comment Author Avatar
mas..gimana cara paralelnya.apakah tiap output lnb ini bisa langsung di sambungin ke 10rec dengan menggabungkan satu kabel output ke 10 kabel rec.apa harus pakai switcher.mohon ilmu nya dibagi.thanks.tambah jaya dan makin banyak ilmu buat indonesia utk mas adun.dar iyadi di bandung
Comment Author Avatar
@SANDAL BATU CANTIK--- ya kalau untuk 1 LNB digabungin langsung ke 10 resiver gak apa2 tp sebaiknya lewat divider dulu biar regulator Resiver gak cepet jebol. kalau untuk 2 lnb harus pake switch
Comment Author Avatar
mas..berarti walau pakai divider,lambat laun regulator resiver pasti jebol ya mas? Mas beli divider bisa ke mas adun?dibandung pada tdk tau tokonya.yg ada spliter.tak coba pakai telkom,rec yg lain tdk bisa nerima satelit lain nggak ada sinyal.gimana ini mas.dan kalu rec skynindo bisa buat fta utk 5lnb alias sama kayak rec biasa nangkap semua satelit.thanks banyak buat ilmunya.YADI
Comment Author Avatar
mas dikota ku susah cari divider.toko pada tdk tau,tak coba spliter utk telkom.rec 1 jalan tapi rec 2 siaran satelit lainnya hilang alias mati. Tdk ada sinyal.kenapa ya apa bentrok? Beda divider sama spliter apa ya? Kalu rec skynindo bisa nerima semua satelit nggak mas.pingin beli kalu bisa.makasih mas jawabannya.YADI
Comment Author Avatar
@SANDAL BATU CANTIK--kl yg dimaksud spliter untuk antena UHF agak beda dengan divider. divider adalah pembagi lnb ke beberapa resiver dengan 1 polaritas saja. divider ini membagi arus masuk dan sinyal keluar lnb. resiver skynindo bisa nerima sinyal semua satelit+slot kartu dengan tuner DVBS- dan DVBS-2, formar mpeg2&4&HD
Comment Author Avatar
Anonim 11 Juni
Gan, aq ada rec matrix krypton nih, tp yg ada cm chanel dgn pol H aja yg ada signal sedang yg pol V smua koid, gmn nih solusinya...??? Makasih
Comment Author Avatar
Anonim 20 Juni
Blog yg sangat bermanfaat, terimakasih mas adun.
Comment Author Avatar
Mau tanya mas, apa bener LNB quatro suka tarik2kan sinyal apa bener mas?
Comment Author Avatar
bukan tarik2an, tp memang lnb ini mengganggu kinerja dseq. tp kl untuk pemasangan 2 lnb saja, lnb ini juaranya. saya dah coba tuk pemasangan 14 receiver dengan lnb ini. hasilnya lancar jaya
Comment Author Avatar
Minta solusinya mas..

awalnya sy pakai 2 lnb seri venus 1 palapa 17k & 1 telkom 22k. masalahnya cm bs 1 receiver sementara sy prlu 3 receiver. sdh d cb pakai spliter 1 to 2 receivernya saling ketergantungan/hrs nyala dua2nya.

br2 ini sy beli LNB quatro 17k venus 4 receiver, harapan sy bisa pakai untuk 3 receiver. krn sy kurang ngerti utk parabola mk pemasangan sy minta bantuan jasa teknisi. ttp teknisi bilang klu lnb tersebut 17k cm 1 satelit palapa tidak bs ngambil siaran telkom, krn telkom hrs 22k.

mohon bantuannya untuk mengatasi masalah tersebut ap kr2 ada solusi yg bs dibuat utk mengatasinya.

terima kasih sebelumnya.

44nr
siak - pekanbaru
Comment Author Avatar
saya juga sering heran kenapa banyak orang bahkan diforum2 sering mempermasalahkan soal 13⁰k/15⁰/17⁰k. menurut saya ini sama sekali gak masalah. itu hanya tingkat rata2 standar pada temperatur.

kl untuk punya anda seharusnya sudah bisa dipasang untuk 2 satelit (palapa dan telkom). kalau dulunya cuma lnb engkel biasa memang gak bisa dipakai untuk 3 receiver sekaligus, karena satelit palapa menggunakan 2 polarisasi. tetapi untuk satelit telkom tetap bisa menggunakan lnb engkel karena pada satelit telkom yg ada channel FTA nya hanya pada polarisasi horisontal. anda bisa lihat disini: http://najwatehnik.blogspot.com/2012/05/gambar-rangkaian-4-lnb-2-resiver.html disitu untuk pemasangan 4 lnb, tetapi bisa jadi gambaran untuk 2 lnb
Comment Author Avatar
lnb yg sy maksud 1 lnb 4 output 17k ke receiver jenis sm dgn LNB C-BAND QUATRO yg d bahas diatas ttp beda cuma merk. ap sdh bs ambil untuk 2 satelit spt palapa & telkom. skrng ini cm bs palapa sementara telkom tdk dpt sm skli. kr2 setting d receiver nya gmn.

mksh
Comment Author Avatar
kl 1 lnb ya cuma bisa untuk 1 satelit saja. kl mau 2 satelit harus pake 2 lnb. kl mau dapat 2 satelit (palapa dan telkom), anda kan sudah punya 1 lnb quatro 4 out, itu bisa dipakai untuk satelit palapa, sedangkan yg telkom anda bisa pake lnb engkel biasa yg dikasih divider
Comment Author Avatar
mas...

bs minta scema gak, dan jenis switch yg digunakan

mksh
Comment Author Avatar
Mas Adun mohon penjelasannya kalau pakai 2 LNB Quatro yar bisa 2 satelit untuk 4 Rx switnya pakai apa, trims sblmnya
jaya slalu mas adun
Comment Author Avatar
Maaf 22k=diseq switch bos...???
Comment Author Avatar
ya beda. 22k menggunakan sistem freqwensi 22k, sedangkan switch dseq 2X1 tetep menggunakan kode tut. bisa dicoba pakai 22k, asalkan lnbnya dua-duanya jenis quatro
Comment Author Avatar
Salam kenal Mas Adun . Saya ALI Di Serang Banten.Bisa ga lnb quatro ini merk venus ato matix ato tanaka bisa diparalel lebih dari 20 tv aktip tanpa mengganggu v/h.soalnya ada yg mau pasang buat kos2an
Comment Author Avatar
setahu saya yg quatro cuma matrix aja. yg lain lnb quad biasa
Comment Author Avatar
mas mohon bantuannya,saya pakai LNB dual out put 2 Buah,sementara ini saya pakai 2 receiver,pertanyaan saya bisa apa gak LNB Dual Out Put tersebut di pararel ke 4 Receiver ,?di tunggu penjelasanya
Comment Author Avatar
bisa saja. http://www.najwatehnik.blogspot.com/2012/10/pasang-3-atau-4-resiver-dengan-lnb-2r.html
Comment Author Avatar
Anonim 08 Februari
Gan kalau 4 LNB semua pakai quatro bisa 'nggak untuk 4 receiver, apa saja yg diperlukan, trims
Comment Author Avatar
bisa, tp gak semua merk receiver suport lnb jenis ini
Comment Author Avatar
mas saya rencana mau pasangan antena parabola,tp bisa diterima untuk lebih dari 2 tv.caranya gmn,n alatnya apa saja?klo beli ditempat mas berapa?makasih,mohon infonya ya...
Comment Author Avatar
kl pake antena parabola, 1 tv harus pake 1 receiver.
Comment Author Avatar
mas bro .... lam kenal yha...
aq rencana mau pasang lnb model quatro seperti yang mas bro bahas.... tp kok aq simak dari jawaban2 yang tmn2 kasih mas bro ngomong "tidak semua receiver suport jenis lnb ini " wah ini membuat agak kuciwa ni.... aq di rmh ada rec telkomvision, rec venus meteor sama rec venus matrik, bs suport g tuh?
trs tahunya kl mau beli receiver yg suport lnb ini gmn ?
mohon pencerahannya mas bro..... :)
Comment Author Avatar
Artikel yg bermanfaat
Comment Author Avatar
Anonim 20 Juli
Mhn pencerahannya mas,aq mau pasang 4 lnb(2 lnb quatro n 2 lnb enkel) untuk 4 rx sedangkan aq sdh punya rx matrix apple. Dan venus cabe rawit, gmana cara masangnya mas
Comment Author Avatar
Anonim 20 Juli
Mhn pencerahannya mas,aq mau pasang 4 lnb(2 lnb quatro n 2 lnb enkel) untuk 4 rx sedangkan aq sdh punya rx matrix apple. Dan venus cabe rawit, gmana cara masangnya mas
Comment Author Avatar
pengalaman saya saat d brunei.emang ada lnb yg punya freq 5750.system krj nya sama.beda nya klo kita maka polaritas H.maka freq v tambah 600.klo mau d pke 4rx biasa nya saya pke multiswist
tp klo d pke lbih dri tu biasa nya saya modivilasi spliter ama deseq