RS232 Receiver 9 Pin dan 4 Pin

RS232 Receiver 9 Pin dan 4 Pin - Pada umumnya, panel belakang setiap receiver terdapat slot RS232. Slot ini berfungsi untuk transfer data (upgrade). Data yang dimaksud adalah data software pada flash memori sebuah receiver. Sebagaimana diketahui, bahwa receiver terdiri dari hardware dan software.

Slot RS232 Receiver ini ada 2 macam, yaitu RS232 9 Pin dan RS232 4 Pin. Walaupun slot ini sama-sama slot RS232, namun antara RS232 9 Pin dan RS232 4 Pin memiliki perbedaan. Perbedaan terletak pada kekuatan tx dan rx. Tx dan rx adalah pin utama dalam proses upgrade, karena kedua jalur ini adalah jalur untuk mengirim dan menerima data. Tx dan rx ini adalah jalur yang menghubung ke prosesor receiver.

RS232 9 Pin
Pada RS232 9 Pin, jalur tx dan rx dari prosesor tidak langsung menghubung ke slot RS232 panel belakang receiver, melainkan masuk ke rangkaian penguat terlebih dahulu. Setelah dari penguat, baru menghubung ke slot RS232 panel belakan receiver. Gambarannya seperti ini:

Rs232 9 pin dan 4 pin
Pada gambar diatas terlihat jalur lalulintas data yang berasal dara main prosesor menuju penguat, kemudian ke slot RS232 dan begitu juga sebaliknya.

Oleh karena dari main prosesor dikuatkan terlebih dahulu, maka daya tx dan rx sampai di slot RS232 sudah sangat kuat. Oleh karena daya tx dan rx sangat kuat, maka untuk proses upgrade tidak memerlukan penguat lagi. Bahkan kalau ditambah penguat lagi, komputer malah tidak bisa mendeteksi data atau tidak bisa sinkron.

Dari slot rs 232 pada receiver bisa dihubungkan langsung ke com-port pada komputer. Jika pada perangkat komputer tidak ada port rs232 nya seperti laptop misalnya, maka harus menggunakan usb to rs232.

RS232 4 Pin
Sedangkan rs232 4 pin, tx dan rx sangatlah lemah karena jalurnya dari prosesor langsung ke slot panel rs232. Gambarannya seperti ini:

Rs232 9 pin dan 4 pin
Pada gambar terlihat kalau lalulintas data dari main prosesor langsung menuju slot RS232 dam begitu pula sebaliknya. Sehingga data tc dan rx sangat lemah. Oleh karena tx dan rx sangat lemah, maka jika tx dan rx ini dihubungkan langsung ke com-port komputer, maka komputer tidak bisa mendeteksinya.

Jadi kalau mau upgrade receiver dengan slot rs232 4 pin, dari receiver ke komputer harus melalui rangkaian penguat terlebih dahulu. Untuk Rangkaian penguat RS232, anda bisa membacanya di || Rangkaian Skema Penguat rs232 ||

24 Komentar untuk "RS232 Receiver 9 Pin dan 4 Pin"

  1. Bisa di buatkan panduan untk membuat kabel rs232 masing2 9pin dan 4pin b0s? Plis

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl yg 9 pin bisa dikonek langsung ke komputer bisa lihat di http://najwatehnik.blogspot.com/2012/10/upgrade-matrix-hd-ethernet-lewat.html, tp kl yg 4 pin harus lewat penguat dulu. penguatnya bisa pake ic max232 atau pakai 2 transistor

      Hapus
    2. saya punya matrix prolink hd eternet, sudah mati suri, dah coba upgrade pakai rs232 hasilnya nihil, apakah matrix saya tersebut sudah tidah mau lagi di upgrade, atau ada salah satu dari hardwarenya yg harus di ganti mohon pencerahannya mas adun, trims.

      Hapus
    3. la matinya kenapa? kl salah upgrade, tentunga masih bisa disembuhkan

      kl hardware susah diganti. coba cek tegangan dari power suplay. nornal atau gak. kl normal, coba dinyalain sekitar 5 mnt lalu di sentuk ic nya, panas atau gak, kalau gak biasanya masih bisa diupgrade, kl panas biasanya hardwarenya dah mati.

      Hapus
  2. tolong rangkaian penguaat konektor 4 pin mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat saja disini http://najwatehnik.blogspot.com/2013/01/skema-penguat-rs232-4-pin.html

      Hapus
  3. mass.. tolong bantu donk..
    aku pnya matrix new prolink HD PVR...
    waktu itu aku slah apgrade...
    gmna cra mengemblikan ny ne

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus diupgrade pake komputer atau receiver to receiver.
      receiver ini sudah pake 9pin, jadi disambung langsung. 2==>3. 3==>2. 5==>5.

      Hapus
  4. mas penjelasan terkait upgrade via komputer kurang jelas bagi kami yang newbie.

    jadi kalo pake kabel rs-232 nggak perlu lagi pake penguat. ato harus ada tool tiga2nya ? bingung mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gini ya bro, untuk upgrade pake komputer dikomputernya harus ada com-port rs232, jika tidak ada (misalnya pada laptop) maka harus pake usb to rs232.

      sekarang pada receivernya, jika dari prosesor sambungannya langsung keluar, maka harus pake penguat dulu, jika dari prosesor terus ke penguat dan kemudian keluar, maka tidak perlu pake penguat.

      Hapus
  5. bos upgrade matrix soccer untuk membuka siaran acak bisa k bos?aku pernah lhat punya kawan bisa dulu di upgrade di majalengka

    BalasHapus
  6. Aslm..mas aku punya receiver new prolink hd....tapi pas diupgrade terjadi kesalahan...software download di matrixparabola.....gimana solusinya biar receiver kembali spt semula...makasi mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. la posisi sekarang masih hidup ato mati, jika dah mati maka harus diupgrade pake komputer

      Hapus
    2. gan ap beda tools mhd ethernet dengan mhd ethernet new?kalo mhde new ad punya toolsnya,trims

      Hapus
  7. mau nanya ,,,punnya rx golsat gsr5850 cuma lampu merah ,,gimana cara atasinya?tuk teg 3.3 22volt ok .klo apgrit data cara nya gimana sopwer ,,tol,,trimaksh sebelmnya

    BalasHapus
  8. cara menentukan RX TX GRND bagaimana mas maaf awam

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl yg 9 pin. pin 2 dan 3 di silang. kl yg 4 pin dicoba saja, kl gak konek ya dibalik.

      Hapus
  9. Mas reciver saya matrix burger mpeg4

    Smlm mati suri saya lihat ada 4pin cara meng hidupinya lagi gmna

    Smlm gara gara gagagl update

    BalasHapus
  10. kalo dari matrik sinema pada socket belakang caranya gimana mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk matrix sinema silahkan konsultaisikan ke pihak matrix cz sangat beresiko id matrix sinemanya hilang

      Hapus
  11. Misalkan mau upgrade lgsat hd1 di situ ada slot rs232 9 pin, pertanyaanya misalkan kita upgradenya pakai USB to ttl dengan menggunkan beberapa slot saja di Slot RS232 yaitu RX,TX,GND bisa atau tidak??

    BalasHapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel