Skema Penguat rs232 4 pin

Jika kita membahas tentang upgrade receiver lewat komputer atau master receiver, tentunya tidak bisa lepas dari yang namanya RS232, karena ini merupakan jalur lalulintas data rom dari receiver baik ke komputer ataupun ke master receiver dan juga sebaliknya.

Sudah pernah saya bahas sebelumnya kalau slot rs232 pada receiver itu ada dua jenis, yaitu rs232 9 pin dan rs232 4 pin. Kalau belum tahu bisa dibaca di rs232 4 pin dan rs232 9 pin. Jika receiver yang akan diupgrade slot rs232 berjenis 4 pin, maka wajib hukumnya menggunakan alat atau rangkain penguat terlebih dahulu atau yang populer disebut penguat ttl. Jika tidak menggunakan rangkaian penguat terlebih dahulu, maka proses upgrade tidak mungkin bisa berjalan.

Rangkaian penguat rs232 ada beberapa jenis yang intinya sama. Rangkaian ini secara umum dipergunakan untuk mengupgrade receiver dengan slot rs232 4 pin. Ada juga beberapa jenis receiver yang walaupun sudah menggunakan slot 9 pin, tetapi belum ada penguatnya.

Saya sudah pernah mengalami hal ini. Proses upgrade tidak bisa berjalan, akhirnya saya buka receivernya dan setelah saya cek ternyata tidak ada rangkaian penguatnya. Setelah jalur rs232nya saya lewatkan penguat terlebih dahulu, proses upgradenya langsung berjalan lancar.

Ada dua model skema rangkaian penguat rs232 ini, yaitu ada yang menggunakan Transistor dan ada yang menggunakan IC. Keduanya fungsinya sama.

RangkaianPenguat rs232 4 pinJenis Transistor

Rangkaian ini secara umum menggunakan 2 buah transistor jenis bypolar sebagai komponen utama. Satu transistor untuk penguat data dari receiver ke komputer atau master receiver, dan satunya lagi untuk penguat dari komputer atau master receiver ke receiver. Berikut gambar skemanya:

Cara Membedakan matrix / Tanaka K0s dan K5s dari Fisiknya

Skema ini saya ambil dari receiver tanaka model dulu. Skema ini juga hampir sama dengan matrix prolink hd ethernet.

Rangkaian Penguat rs232 4 pin Jenis IC

> Rangkaian ini menggunakan IC sebagai komponen utamanya. Kebanyakan menggunakan IC nomor serinya max 232. IC ini terdiri dari 4 buah penguat. Namun untuk mengupgrade receiver, yang digunakan cukup 2 penguat saja,  yaitu untuk tx dan rx. Berikut gambarnya:

Skema RS232

Sebagai saran dari admin, kalau mau merakit tentu saja lebih simpel rangkaian yang menggunakan IC. Bagi pemula, saya sarankan juga memakai penguat dengan ic karena lebih sensitif.

Dari kedua rangkaian diatas, keduanya membutuhkan arus sekitar 3 sampai 5 volt untuk bisa bekerjanya alat ini. Arus ini bisa mengambil dari salah satu pin dari 4 pin rs232. Karena jalur 4 pin  ini adalah: Gnd (ground), Rx, Tx, dan 3,3 volt. Atau bisa juga mengambil dari arus 5 volt pada Usb komputer atau laptop.

21 Komentar untuk "Skema Penguat rs232 4 pin"

  1. askum MAS ADUN ..kalo mw upgrade rx to rx bagaimana..tolong tutor nya..reciver aku lemon III belum OTA mw tk upgrade pakai gadmai durian ota semua panel nya 4 PIN..TRIM`S sebelum nya....no hp mas adun mana tak cari blog ini kaga ada....

    BalasHapus
    Balasan
    1. matrix lemon III gak bisa ama durian. tuner, tombol panel, display gak cocok. yang cocok cuma remotnya saja

      Hapus
  2. yang cocok reciver apa bos.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lemon III ada beberapa versi. kl coba harus pake pc

      Hapus
  3. hehe..pake PC dah gagal bos..penguat daya nya kebakar..cari ic sperti di atas tak ubeg2 di kota ku ga ada.
    kayak e dah mentok nie...ato kalao mas adun berbaik hati..tolong kirimi ic di atas dan tinggal colok aj.nti ongkos kirim dll nya tak transfer

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja, pemesanan silahkan pm

      Hapus
    2. mas saya mau pesan kabelnya... sya pakai laptop yang tidak ada com port nya dan rx saya 4 pin.. minta yang langsung colok ya mas n kemana sya tranfernya mas

      Hapus
  4. Mas, rec punya ane Goldsat GSR 9200, mati suri (cuma nyala led indikator). Rec ini pake rs232 4pin, gimana cara upgradenya?

    BalasHapus
  5. mas, mhde lama saya blank, karena salah upgrade sw, saya sudah mengikuti langkah mas adun yang ada di web, tapi tetap tidak bisa dan komentarnya memori error terus, mohon solusinya ya

    BalasHapus
  6. mas adun,, ada jual ic CA3AB kaki 6 kiri (3kanan-3kiri)?????

    BalasHapus
  7. mas saya mau pesan kabelnya.. saya menggunakan laptop yang tidak ada comportnya dan rx saya 4 pin kalau bisa kabelnya yang langsung colok mas... trs kemana saya transfernya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kl mau beli di tokoped aja, disini untuk diskusi saja

      Hapus
  8. Asslm Mas, saya punya rencanaa mau upgrade Getmecom HD-5 Durian dengan software receiver LOMBOK mmp. Dari tampilan menu, dia hampir sama dengan Matrix Turbo III HD PVR. Apakah bisa ya Mas ? Trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya lom pernah coba bro, coba saja, kl gak cocok kan bisa dibalikin

      Hapus
  9. Mas kalo mau beli kabel tersbut d atas gmn ya ?
    Receiver saya punya 4pin

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl sekarang beli aja di tokoped bro. dah ada yg keluaran pabrik

      Hapus
  10. Klo untuk tipe Venus gmn gan cara upgrade nya? Kebetulan Venus meteor hd star saya gagal upgrade via usb, jadinya display keluar angka sama tulisan oem saja ke tv ga konek mungkin sama kaya mata merah, apakah bisa via usb To ttl apa harus pke usb progamerna?

    BalasHapus
  11. tanya mas, saya coba flash rx Philsat New Liga Hd, Dengan USB to RS232 d sambung pakai RS232 to TTL.
    Tapi Kenapa tidak Mau coneck, pdhal sudah instal driver'nya untuk window 7.
    awal Pernah connect dengan skema RX-TX TX-RX Gnd-Gnd, tapi upgrade tidak mau berjalan. apakah ke 4 pin harus d gunakan semua??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kegunaan rx dan tx itu terbatas. tidak semua sw mensuport

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel