Slot RS232 Receiver 9 Pin dan 4 Pin

RS232 Receiver 9 Pin dan 4 Pin - Pada umumnya, panel belakang setiap receiver terdapat slot RS232. Slot ini berfungsi untuk transfer data (upgrade). Data yang dimaksud adalah data software flash memori dalam receiver.

Slot RS232 receiver ini ada 2 macam, yaitu RS232 9 pin dan RS232 4 Pin. Walaupun slot ini sama-sama slot RS232, namun antara RS232 9 pin dan RS232 4 pin memiliki perbedaan. Perbedaan terletak pada kekuatan tx dan rx.

Tx dan rx adalah pin utama dalam proses upgrade, karena kedua jalur ini adalah jalur untuk mengirim dan menerima data software. Tx dan rx adalah jalur yang terhubung dengan prosesor receiver.

RS232 9 Pin

Pada RS232 9 Pin, jalur tx dan rx dari prosesor tidak langsung menghubung ke slot RS232 panel belakang receiver, melainkan masuk ke rangkaian penguat terlebih dahulu. Setelah dari penguat, baru menghubung ke slot RS232 panel belakan receiver. Gambarannya seperti ini:

Rs232 9 pin dan 4 pin
Pada gambar diatas terlihat jalur lalu lintas data yang berasal dara main prosesor menuju penguat, kemudian ke slot RS232 dan begitu juga sebaliknya.

Oleh karena dari main prosesor dikuatkan terlebih dahulu, maka daya tx dan rx sampai di slot RS232 sudah sangat kuat. Karena daya tx dan rx sangat kuat, maka untuk proses upgrade tidak memerlukan penguat lagi. Bahkan kalau ditambah penguat lagi, komputer malah tidak bisa mendeteksi data atau tidak bisa sinkron.

Dari slot rs 232 pada receiver bisa dihubungkan langsung ke com-port pada komputer. Jika pada perangkat komputer tidak ada port rs232 nya seperti laptop misalnya, maka harus menggunakan usb to rs232.

RS232 4 Pin

Sedangkan rs232 4 pin, tx dan rx sangatlah lemah karena jalurnya dari prosesor langsung ke slot panel rs232. Gambarannya seperti ini:

Rs232 9 pin dan 4 pin

Pada gambar terlihat kalau lalulintas data dari main prosesor langsung menuju slot RS232 dan begitu juga sebaliknya. Sehingga data tx dan rx sangat lemah. Karena tx dan rx sangat lemah, maka jika tx dan rx dihubungkan langsung ke com-port komputer, komputer tidak bisa mendeteksinya.

Jadi kalau mau upgrade receiver dengan slot rs232 4 pin, dari receiver ke komputer harus melalui rangkaian penguat terlebih dahulu. Atau bisa juga langsung dihubungkan ke usb to ttl. Untuk rangkaian penguat RS232 sudah saya tulis dalam artikel tersendiri


Demikianlah artikel tentang slot rs232 9 pin dan 4 pin yang ada pada receiver. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel lainnya.

24 komentar untuk "Slot RS232 Receiver 9 Pin dan 4 Pin"

Comment Author Avatar
Anonim 23 Oktober
Bisa di buatkan panduan untk membuat kabel rs232 masing2 9pin dan 4pin b0s? Plis
Comment Author Avatar
kl yg 9 pin bisa dikonek langsung ke komputer bisa lihat di http://najwatehnik.blogspot.com/2012/10/upgrade-matrix-hd-ethernet-lewat.html, tp kl yg 4 pin harus lewat penguat dulu. penguatnya bisa pake ic max232 atau pakai 2 transistor
Comment Author Avatar
Anonim 01 Januari
saya punya matrix prolink hd eternet, sudah mati suri, dah coba upgrade pakai rs232 hasilnya nihil, apakah matrix saya tersebut sudah tidah mau lagi di upgrade, atau ada salah satu dari hardwarenya yg harus di ganti mohon pencerahannya mas adun, trims.
Comment Author Avatar
la matinya kenapa? kl salah upgrade, tentunga masih bisa disembuhkan

kl hardware susah diganti. coba cek tegangan dari power suplay. nornal atau gak. kl normal, coba dinyalain sekitar 5 mnt lalu di sentuk ic nya, panas atau gak, kalau gak biasanya masih bisa diupgrade, kl panas biasanya hardwarenya dah mati.
Comment Author Avatar
Anonim 25 Januari
tolong rangkaian penguaat konektor 4 pin mas
Comment Author Avatar
lihat saja disini http://najwatehnik.blogspot.com/2013/01/skema-penguat-rs232-4-pin.html
Comment Author Avatar
mass.. tolong bantu donk..
aku pnya matrix new prolink HD PVR...
waktu itu aku slah apgrade...
gmna cra mengemblikan ny ne
Comment Author Avatar
harus diupgrade pake komputer atau receiver to receiver.
receiver ini sudah pake 9pin, jadi disambung langsung. 2==>3. 3==>2. 5==>5.
Comment Author Avatar
Anonim 26 Februari
mas penjelasan terkait upgrade via komputer kurang jelas bagi kami yang newbie.

jadi kalo pake kabel rs-232 nggak perlu lagi pake penguat. ato harus ada tool tiga2nya ? bingung mas.
Comment Author Avatar
gini ya bro, untuk upgrade pake komputer dikomputernya harus ada com-port rs232, jika tidak ada (misalnya pada laptop) maka harus pake usb to rs232.

sekarang pada receivernya, jika dari prosesor sambungannya langsung keluar, maka harus pake penguat dulu, jika dari prosesor terus ke penguat dan kemudian keluar, maka tidak perlu pake penguat.
Comment Author Avatar
Anonim 28 Februari
bos upgrade matrix soccer untuk membuka siaran acak bisa k bos?aku pernah lhat punya kawan bisa dulu di upgrade di majalengka
Comment Author Avatar
ya memang bisa,
Comment Author Avatar
Anonim 29 Maret
Aslm..mas aku punya receiver new prolink hd....tapi pas diupgrade terjadi kesalahan...software download di matrixparabola.....gimana solusinya biar receiver kembali spt semula...makasi mas
Comment Author Avatar
la posisi sekarang masih hidup ato mati, jika dah mati maka harus diupgrade pake komputer
Comment Author Avatar
gan ap beda tools mhd ethernet dengan mhd ethernet new?kalo mhde new ad punya toolsnya,trims
Comment Author Avatar
mau nanya ,,,punnya rx golsat gsr5850 cuma lampu merah ,,gimana cara atasinya?tuk teg 3.3 22volt ok .klo apgrit data cara nya gimana sopwer ,,tol,,trimaksh sebelmnya
Comment Author Avatar
cara menentukan RX TX GRND bagaimana mas maaf awam
Comment Author Avatar
kl yg 9 pin. pin 2 dan 3 di silang. kl yg 4 pin dicoba saja, kl gak konek ya dibalik.
Comment Author Avatar
Mas reciver saya matrix burger mpeg4

Smlm mati suri saya lihat ada 4pin cara meng hidupinya lagi gmna

Smlm gara gara gagagl update
Comment Author Avatar
kalo dari matrik sinema pada socket belakang caranya gimana mas
Comment Author Avatar
Untuk matrix sinema silahkan konsultaisikan ke pihak matrix cz sangat beresiko id matrix sinemanya hilang
Comment Author Avatar
Misalkan mau upgrade lgsat hd1 di situ ada slot rs232 9 pin, pertanyaanya misalkan kita upgradenya pakai USB to ttl dengan menggunkan beberapa slot saja di Slot RS232 yaitu RX,TX,GND bisa atau tidak??