Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merubah LNB Dual Out Menjadi Dual Polarity

Cara Merubah LNB Dual Out Menjadi Dual Polarity - Lnb dual out adalah lnb yang outputnya ada dua. Definisi lnb dual out adalah lnb yang masing-masing out nya bisa berpolaritas vertikal dan horisontal entah itu lnb c-band ataupun lnb ku-band.

Setiap lnb yang outnya ada dua belum tentu sebuah lnb dual out yang saya maksud disini karena lnb yang outnya 2 juga bermacam-macam jenisnya.

Fungsi LNB Dual Out

Sebuah satelit memancarkan sinyal dengan sistem dua jalur yaitu lurus membujur (polaritas horisontal) dan lurus melintang (polaritas vertikal). Lnb sebagai penerima sinya satelit tersebut juga haru memiliki dua penerima sinyal horisontal dan vertikal tersebut. Oleh karena itu dalam sebuah lnb terdapat dua buah antena horisontal dan vertikal.

Antena horisontal dan vertikal ini tidak bisa diaktifkan bersamaan melainkan harus dipisah dengan switch. Jika pada lnb singgel tentu saja ini bukan masalah karena receiver parabola akan mengendalikan switch ini.

Jika sebuah lnb digunakan untuk 2 receiver, barulah akan muncul masalah yaitu jika satu receiver meminta polaritas horisontal dan satu receiver langi meminta polaritas vertikal. Oleh karena itu dibuatlah lnb dual out ini.

Fungsinya adalah masing-masing out bisa berpolaritas berbeda sesuai permintaan receiver yang terhubung ke masing-masing out.

Fungsi LNB Dula Polarity

Lnb dual polarity adalah lnb dengan dua buah out dimana masing-masing out ini memiliki polaritas paten. Artinya jika outnya berpolaritas horisontal maka out tersebut tetap horisontal tidak bisa berubah menjadi vertikal tak peduli receiver meminta polaritas horisontal atau vertikal.

Fungsi lnb ini adalah untuk penggunaan parabola dengan banyak receiver. Pembagian polaritas dilakukan diluar lnb yaitu dengan multiswitch.

Merubah LNB Dual Out Menjadi Dual Polarity

Saat sekarang terkadang sudah mendapatkan lnb dual polarity. Jikaanda kesulitan mendapatkannya, anda bisa memanfaatkan lnb dual out menjadi dual polarity.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan multiswitch. Bisa menggunakan multiswitch sembarangan, namun yang paling mudah adalah menggunakan multiswitch yang ada switch horisontal vertikalnya.

Seperti kita ketahui kalau dalam lnb dual out terdapat switch horisontal vertikal. Switch ini bisa kita alihkan ke multiswitch sehingga switch dalam lnb hanya berpusat pada polaritas paten. Berikut contoh pemasangannya:

Lnb Dual Out Menjadi Jadi Dual Polarity

*Pada gambar yang 18v jadi horisontal permanen dan yg 13 v jadi vertikal permanen (terjadi kekeliruan dalam menulis

Dengan pemasangan seperti itu maka switch polaritas yang ada dalam lnb akan menajdi paten. Artinya yang horisontal akan horisontal terus dan yang vertikal akan vertikal terus karena switch vertikal horisontal sudah dikendalikan oleh multiswitch.

Demikianlah artikel tentang merubah lnb dual out menjadi lnb dual polarity. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Merubah LNB Dual Out Menjadi Dual Polarity"

Berlangganan via Email