Skip to main content
Kreasi Parabola

follow us

Cara Merakit 4 Lnb Agar Efisien

Cara Merakit 4 Lnb Agar Hasil Maksimal - Pemasangan Parabola fixed dish (parabola tanpa penggerak) dengan 4 lnb tentunya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, karena masing-masing dari keempat lnb ini harus berada pada posisi yang tepat pada titik pantulan dish untuk mendapatkan sinyal dari satelit yang diinginkan.

Secara umum, kebanyakan parabola yang memakai 4 lnb dalam satu dish ditujukan untuk menangkap 4 satelit yaitu:
  1. Palapa d
  2. Telkom 4
  3. Asiasat 7
  4. Asiasat 5
Untuk merakit 4 Lnb ini dibutuhkan perangkaian dudukan lnb atau scalaring dengan tepat. Sebenarnya sudah ada scalaring keluaran dari pabrikan, namun saya rasa kurang efisien karena bentuknya yang sudah paten dan susah untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan dish yang digunakan mengingat bentuk dan ukuran dish berbeda-beda.

Untuk memasang 4 lnb dengan hasil maksimal, dibutuhkan 2 scalaring dobel seperti gambar dibawah ini:



Dari gambar diatas terlihat jelas dua buah scalaring atau ring horn yang masih utuh. Masing-masing scalar ring berbentuk twin lnb atau 1 ring untuk 2 lnb. Untuk merakit 4 lnb, 2 ring ini harus ditata agar 4 lnb yang dipasang bisa mengenai 4 titik fokus satelit yang akan di lock. Jarak antar lnb bisa berbeda-beda sesuai dish yang digunakan.

Kemudian kedua scalaring dobel tersebut dipotong seperti ini:


Kemudian buatlah penyambung untuk kedua scalar ring dengan memanfaatkan sisa potongan scalar ring tadi. Penyambung scalar ring dilubangi dengan jarak sekitar 6,5 cm seperti ini:


Untuk lnb model sekarang cenderung agak kecil, jadi jarak lubangnya dibuat 6,2 cm saja. Kemudian kedua scalar ring di sambung dengan sambungan yang kita buat tadi. Jadinya seperti ini:


Setelah itu tiang cangkul juga dibuat lubang dengan jarang yang sama sekitar 6,2 cm tadi. Gunanya untuk menyambung scalaring pada sisi sebelahnya:


Untuk gambar seerti diatas, nantinya posisi fokus atau tengan akan jatuh di lnb telkom 4. Ini ditujukan agar ke empat lnb bisa mendapatkan hasil yangmaksimal. Setelah kedua ring disambung maka hasilnya seperti ini:


Setelah seperti itu, maka lnb tinggal kita pasang. Pertama kita pasang lnb telkom 4 dan asiasat 7 dulu. kedua lnb ini berada di tengah dan posisinya menempel. Sebuah lnb yang baru, cat nya tebal dan licin. Agar kedua lnb yang menempel ini bisa melekat erat, sisi kedua lnb yang akan menempel dikelupas catnya seperti ini:


Tujuannya agar lnb tidak licin. Setelah kedua lnb ini masuk, kita kencangkan posisinya dengan menambah baut cacing seperti ini:


Setelah kedua lnb telkom 4 dan asiasat 7 terpasang erat, kita tinggal memasang lnb yang untuk palapa d dan asiasat 5. Jaraknya menyesuaikan jarak akurat dishnya.


Setelah ke empat lnb terpasang erat, kita tinggal memasang kabel jumper dan switchnya. Harap hati-hati dan di cek dulu kabel rakitnya karena terkadang ada yang konslet pada konektornya.


Setelah perakitan beres, tiang fokus siap dipasangkan pada dish dan siap ditracking.


Demikianlah cara memasang atau merakit 4 lnb untuk satelit palapa d, telkom 4, asiasat 7, asiasat 5 dalam 1 dish. semoga dapat dipahami dan bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya:

Perhatian: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar