Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Untuk Memonitor Tracking Satelit

Alat Untuk Memonitor Tracking Satelit - Tracking satelit adalah mengarahkan dish atau piringan parabola ke arah satelit yang di tuju agar bisa menerima siyal satelit tersebut.

Untuk mendapatkan sinyal secara maksimal dari satelit, dish ini harus benar-benar tepat mengarah ke satelit. Agak melenceng sedikit saja, maka hasilnya tidak maksimal. Bahkan bisa-bisa tidak mendapatkan sinyalnya sama sekali.

Berhubung posisi satelit sangatlah jauh diatas dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, bagaimana cara kita tracking satelit tersebut? Tentu saja kita butuh alat agar dish yang kita pasang benar-benar mengarah ke satelit sehingga kita bisa mendapatkan sinyal maksimal.

Alat Untuk Tracking Satetit

Secara umum alat untuk tracking satelit disebut satelit finder. Alat ini akan membantu tracker (orang yang sedang tracking) kalau dish yang sedang di tracking mengarah ke sebuah satelit yang dituju.

Setelah dish mengarah satelit, kita tinggal memaksimalkan sinyalnya. Disinilah poin yang sangat penting. Sudut deklenasi, elevasi dan azimuth harus bebar-benar tepat agar sinyal yang didapat bisa maksimal.

Satelit finder banyak dijual dipasaran baik yang pabrikan maupun rakitan sendiri. Sebenarnya satelit infer ini berisi sebuah receiver biasa dengan layar kecil sebagai monitor dan baterai untuk kebutuhan daya.

Alat Untuk Memonitor Sinyal

Untuk tracking satelit, dari dulu sampai sekarang admin menggunakan receiver secara langsung. mungkin karena sudah dari awal terjun didunia parabola sudah menggunakan receiver untuk tracking.

Pada tahun 2000 nan, mungkin waktu itu belum ada satelit finder. kalaupun sudah ada, mungkin sangat susah untuk mendapatkannya. alhasil, admin trackingnya pakai receiver. waktu itu, pertama kali admin beli receiver merknya unisat.

Alat inilah yang digunakan admin untuk tracking. Dan trackingnya hanya menggunakan receiver saja, tanpa menggunakan tv untuk memonitor. Admin hanya mengandalkan displai bar pada layar depan receiver. waktu itu sinyal terkecil adalah chanel RCTI, kalau RCTI sudah dapat dengan baik, maka lainnya sinyalnya melimpah.

Sekitar tahun 2008, receiver sudah menggunakan chipset Ali3328, receiver ini memiliki fitur yang luar biasa untuk tracking. Receiver jenis ini memiliki keunggulan sebagai berikut:

  1. Keunggulan displai depan. displai depan pada receiver ini, yaitu angkanya akan berubah jadi prosentase sinyal jika posisi informasi (maksudnya adalah jika dipencet tombol info pada remot)

    Displai Receiver menunjukkan Kualitas sinyal
    Displai Receiver menunjukkan Kualitas sinyal
  2. Fast Locking. Yaitu receiver ini sangat cepat merespon adanya sinyal. jika kita sedang menggerak-gerakkan dish dan dapat sinyal satelit, receiver ini sangat cepat melock dan displai prosentase sinyal langsung muncul
  3. Prosentase sinyal akurat. maksudnya adalah kekuatan sinyal yang ditunjukkan sangat tepat. secara umum rentan minimal untuk prosentase sinyal adalah 25%. jika dibawah itu, gambarnya akan cekot-cekot atau kaya cd rusak, jika diatas 25% maka gambar sudah bisa berjalan lancar dan halus.
  4. Mampu mendeteksi kabel putus. jika kabel dari receiver kel lnb belum tersambung atau putus, receiver ini akan menunjukkan displai 0%. jika kabel dari receiver ke lnb sudah tersambung, maka displai akan menunjukkan angka 1 sampai 4%.

Bagi admin, receiver ini adalah alat paling akurat untuk tracking satelit. Sedangkan yang lainnya hanya admin gunakan jika sedang tidak membawa receiver ini.

Baca juga: No Signal dan Cara Mengatasinya

8 komentar untuk "Alat Untuk Memonitor Tracking Satelit"

  1. bisa foto posisi dish telkom 3s pak??

    BalasHapus
  2. bisa foto posisi dish telkom 3s pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi dish bisa beda2 untuk tiap daerah bro...

      Hapus
  3. pake receiver venus mirage ya gan?

    BalasHapus
  4. Anonim02 Juni

    saya user cb2 psg lnb sendri tp yg sy dpt kok cm plapa mllu ya gan, saya ga tau dish yg sy gunakan brp feet. sy ga tau apa itu feet. jd mau nanya, dish yg saya gunakan jaring, ada 12 lmbar itu sma dengan berapa feet ya gan? mohon pencerahanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. feet itu diameter dish (garis tengah). Setelah lnb terpasang coba diukur dari dasar dish ke lnb nya berapa cm?

      Hapus
  5. Anonim02 Juni

    saya pakai 2 lnb.

    BalasHapus