Cara Mengatasi No Signal pada Antena Parabola

Mengatasi No Signal pada Antena Parabola - Tampilan "No Signal" atau "Tidak Ada Singnal"  atau "Bad Signal"  atau yang lainnya ini bisa terjadi pada beberapa perangkat elektornik, misalnya Hand Phone, Layar Monitor Komputer, TV Lcd, Parabola, Dan lain-lain.

No signal ini menandaka adanya putus hubungan antara perangkat satu dengan lainnya. Misalkan Hand Phone tidak tersambung dengan BTS Operator, Layar Monitor tidak tersambung dengan CPU, dan lain sebagainya.

Pembahasan pada artikel ini sebatas pada parabola saja agar tidak terlau panjang pembahasannya. Kalau no signal pada parabola, berarti Antena Parabola tidak tersambung ke Satelit.

No Signal dan Cara Mengatasinya

Penyebab No Signal

Ketika antena parabola mengalami no signal, maka tampilannya hanya gelap tidak ada gambar dan suara. No signal bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya:

  1. Frekuwensi telah usang.
    Artinya Frekuwensi yang bersangkutan sudah tidak mengudara lagi. Biasanya frekuensi chanel yang dituju sudah pindah ke frekuensi lain, atau bisa juga masa kontrak chanelnya sudah habis.

  2. Seting Satelit pada receiver berubah.
    Ini biasanya karena kesalahan penggunaan. Bisa karena tidak sengaja kepencet-pencet atau dibuat mainan oleh anak-anak.

  3. Terjadi kerusakan pada Perangkat parabola.
    Kerusakan bisa pada receivernya, atau lnbnya, atau pada switchnya.

  4. Posisi parabola sudah bergeser dari satelit yang dituju.
    Bisa karena tiupan angin kencang, atau bisa juga karena kena layang-layang mainan anak yang nyangkut diparabola dan ditarik sehingga parabola bergeser dari posisi seharusnya, atau bisa juga tertimpa sesuatu sehingga parabola geser, bahkan bisa juga hingga menyebabkan dish rusak.

  5. Kabel dari receiver ke parabola putus.
Jika pada parabola terjadi no signal, sebelum melakukan perbaikan kita harus menganalisis terlebih dahulu, pada bagian apa kerusakan yang terjadi. Agar proses perbaikan bisa tepat sasaran.

Jangan sampai kerusakan hanya pada frekuensi yang pindah, kita malah mengutak-atik atau menggeser-geser parabolanya, akhirnya bukannya parabolanya jadi baik malah makin rusak.

Hal ini sering saya temui dilapangan. Banyak kasus yang penanganannya salah kaprah. Kerusakannya pada bagian A, yang diperbaiki malah baigian B, tentu saja perbaikan tidak akan selesai.

Jadi pada intinya usahakan semaksimal mungkin mengenali bagian dari penyebab no signal pada antena parabola.

Beberapa Indikasi penyebab no signal

  1. Frekuensi telah usang.
    • Ketika sebuah stasiun tv akan pindah frekuensi biasanya ada pemberitahuan terlebih dahulu. Pemberitahuan ini biasanya berupa text berjalan pada bagian bawah layar tv yang sedang kita tonton
    • Terkadang tidak ada pemberitahuan tiba-tiba no signal, tetapi chanel-chanel lain masih ada.

  2. Seting Satelit pada receiver berubah.
    Biasanya konsumen memberi tahu kalau sudah mengutak-atik menu sehingga terjadi no signal. Atau kita bisa mengeceknya pada seting satelit.

  3. Terjadi Kerusakan Perangkat Parabola.
    • Pada Tampilan info, intensitas sinyal masih lock (ada sinyalnya), tetapi kualitas sinyal tidak lock.
    • Terjadi pada semua sinyal, baik semua chanel dalam 1 satelit, atau semua chanel dalam 1 polaritas satelit, atau semua chanel dalam semua satelit.

  4. Posisi Parabola sudah bergeser dari satelit yang dituju.
    • No Signal hanya terjadi pada beberapa chanel dan sebagian chanel masih ada, tetapi sinyalnya menurun.
    • Beberapa chanel gambarnya celot-cekot atau seperti cd rusak, dan suara putus-putus.

  5. Kabel dari receiver ke parabola putus.
    • Pada tampilan info, intensitas dan kualitas sinyal tidak lock.

Rangkuman diatas hanya beberapa gambaran saja dan masih banyak sekali indikasi-indikasi lain pada kasus no signal antena parabola

Cara Mengatasinya

Jika kita sudah memperkirakan penyebab no signal parabola, maka kita bisa lebih mudah untuk mengatasinya.

  1. Frekuensi telah usang.
    Untuk megatasi hal ini kita tinggal men-scan ulang pada satelit yang dituju. Bisa dengan scan otomatis atau dengan scan manual dengan memasukkan frekuensi baru yang telah aktif.

  2. Seting Satelit pada receiver berubah.
    Kita tinggal masuk ke seting menu dan menyesuaikan setingan-setingan ke posisi yang seharusnya. Silahkan baca: Switch Parabola dan Cara Setingnya

  3. Terjadi Kerusakan Perangkat Parabola.
    Untuk hal ini kita harus bisa memperkirakan dimana letak kerusakannya. Untuk seorang teknisi, ini lebih mudah karena biasanya seorang teknisi sudah membawa alat untuk mengetesnya.


    • Pertama dicoba dulu dengan receiver lain, Siapa tau receivernya rusak. Jika dengan receiver lain kok bagus berarti receivernya rusak dan parabolanya minta ganti receiver atau receivernya minta di servis.
    • Di tes suplai arus ke lnb. Posisi Horisontal sekitar 18 Volt dan posisi Vertikal sekitar 13 Volt. Jika yang keluar hanya 18 volt saja baik posisi horisontal maupun vertikal. Atau sebaliknya, hanya keluar 13 volt saja baik posisi horisontal maupun vertikal, maka artinya receivernya bermasalah.
    Setelah pasti receivernya dalam keadaan baik dan masih no signal, kemungkinan kerusakan bisa pada switch atau lnb.

    Cara mengatasinya, pertama kita cek lnb satu-persatu. Artinya kabel dari bawah atau dari receiver langsung disambungkan pada lnb. Dengan ini langsung ketahuan, jika salah satu lnb ada yang tidak menangkap sinyal, maka berarti lnb tersebut rusak dan minta ganti. Jika semua lnb bagus, berarti switchnya rusak dan minta ganti.

  4. Posisi Parabola sudah bergeser dari satelit yang dituju.
    Untuk mengatasi hal ini kita harus tracking ulang. Sudut Deklenasi, Elevasi, dan Azimuth harus diseting lagi.


  5. Kabel dari receiver ke parabola putus.
    Untuk hal ini, terlebih dahulu kita cek satu-persatu sambungan-sambungan kabel. Mulai dari konektor pada receiver. Terus jalur dari receiver ke parabola, siapa tau putus dimakan tukus.

    Jika tidak ada sesuatu yang mencurigakan, maka kita harus cek konektor-konektor pada switch dan lnb. Hal yang paling sering terjadi adalah pada konektor, kabelnya sudah putus karena karatan.
Demikianlah pembahasan No Signal dan Cara Mengatasinya, semoga bisa bermafaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi No Signal pada Antena Parabola"

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel