Switch Parabola dan Cara Setingnya

Switch Parabola dan Cara Setingnya - Sebenarnya ada banyak macam switch parabola, namun yang umum digunakan hanyalah dua jenis saja, yaitu switch 22k dan switch diseq. Oleh karena itu artikel ini akan menjabarkan penyetingan dua jenis switch tersebut.

Secara umum switch 22k berbentuk switch 2x1 yang artinya dua lnb satu receiver. Dan switch diseq berbentuk switch 4x1 yang artinya empat lnb untuk satu receiver. Walaupun switch diseq ada yang berbentuk 2x1 namun jenis ini sudah jarang ditemui dan hampir tidak ada lagi.

Kedua jenis switch ini (22k dan diseq), kinerjan dikendalikan oleh receiver. Jadi receiver harus diseting pada pengaturan satelit sehingga switch bisa bekerja sesuai dengan yang kita inginkan.
Silahkan  baca: fungsi switch diseq dan 22k

Switch 22k

Switch ini ada yang model inside dan outside. Inside artinya switchnya ada dalam lnb atau ditanam dalam lnb. Sedangkan outside, switchnya merupakan unit tersendiri atau terpisah dari lnb. Fungsinya sama, hanya keberadaannya saja yang berbeda. Contohnya seperti gambar dibawah ini. (gambar kiri) 22k inside, (gambar kanan) 22k outside.

Switch Parabola dan Cara Setingnya


Langsung saja saya jelaskan penyetingannya pada receiver. Untuk menyeting switch ini, kita harus masuk ke menu penyetingan satelit.

Dalam seting satelit, setiap receiver memiliki tampilan menu yang berbeda-beda, walaupun berbeda tampilannya hampir sama. Contohnya seperti gambar dibawah ini:


Perhatikan tanda panah dan kotak yang berwarna merah. Pada bagian 22k, setingannya hanya ada dua mode, yaitu mode on dan mode off. Di receiver lain, dalam tanda kotak merah tulisannya belum tentu aktif dan tidak aktif, melainkan ada yang bertuliskan on dan tidak off, nyala dan tidak nyala, hidup dan mati, dan lain-lain. Namun intinya sama saja.

Jika pada diseting pada mode aktif, maka dari receiver akan menyambung ke lnb yang dapat dari jalur 22k, sedangkan pada jalur 0k akan putus. jika pada menu receiver diseting mode off, maka dari receiver hanya akan menyambung ke lnb yang dapat dari jalur 0k dan jalur 22k putus. Amatilah gambar dibawah ini:

Switch Parabola dan Cara Setingnya

Perhatikanlah jalur yang berwarna merah. Pada gambar diatas terlihat jelas, jika 22k mode off, maka arus dari receiver akan menuju switch. Switch hanya akan meyambungkannya ke out 0k untuk kemudian diteruskan ke lnb. Sedangkan out 22k tidak dapat arus sama sekali (gambar kiri).

Ketika mode on, maka arus dari receiver hanya akan disambungkan ke out 22k, sedangkan out 0k tidak akan mendapat suplai arus (gambar kanan).

Switch Diseq 4x1

Switch 4x1 digunakan untuk pemasangan maksimal 4 lnb. Bisa juga digunakan untuk 2 atau 3 lnb, jika digunakan untuk 2 atau 3 lnb, maka ada slot yang tidak digunakan dan ini tidak akan jadi masalah, artinya tidak akan berpengaruh pada kinerja switch 4x1 ini.

Untuk menseting diseq ini, andah harus pergi ke menu penyetingan satelit. Gambarnya seperti ini:

Switch Parabola dan Cara Setingnya


Kira-kira pengaturannya seperti gambar diatas. Ada nonaktif, port 1, port 2, port 3, dan port 4. Jika diset nonaktif, maka diseq tidak bekerja atau berada poda posisi default (port 1).

Jika diset pada port 1, maka diseq hanya mensuplai ke port 1, jika diset pada port 2, maka diseq hanya akan mensuplai port 2, jika diset pada port 3, maka hanya akan mensuplai port 3, jika diset pada port 4, maka hanya akan mensuplai port4 saja. Penampakannya seperti gambar berikut:

Switch Parabola dan Cara Setingnya

Kinerja diseq seperti gambar diatas. Laju arus seperti pada jalur panah yang berwarna merah.

Demikianlah Penjelasan kinerja switch 22k dan switch diseq dan penyetingan pada receiver. Simak juga video tentang Switch Parabola dan Cara Setingnya:

99 Komentar untuk "Switch Parabola dan Cara Setingnya"

  1. Jd om klw misalnya yg konek 2 satelit/lnb dan lg nonton siaran dri satelit A, trus mau ganti ke siaran yg ada disatelit B brrti harus diubah trus settingan on/off receivernya atau gmn..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tidak. kalau pakai 2 satelit. sebagai contoh satelit A (palapa D), satelit B (telkom 1). ketika nonton pada chanel satelit A, otomatis setingan masuk di satelit A dan satelit B statusnya non-aktif,
      Kemudian kita pindah ke chanel yang ada pada satelit B, maka otomatis setingan masuk ke satelit B dan satelit A statusnya non-aktif.

      Receiver cukup diseting sekali saja. selanjutnya kita tinggal pindah-pindah chanel sesuka hati, otomatis receiver sudah menghendel sesuai slotnya masing-masing

      Hapus
    2. mantap pak, ilmu yang bermamfaat

      Hapus
  2. Maaf pak mau nanya klo lnb dual out untuk dua receiver palapa dn telkom. Yg di perlukan multi switch atw disec yah pak. Dan cara seting di rwceivernya gimana.tks pak

    BalasHapus
  3. Maaf Oom mau nanya, sy pakai 1 Dish Solid dengan 2 LNB (Ku Band & C Band) kalau untuk Settingan pada Receivernya bagaimana ya Pak?

    Contoh :
    LNB Ku Band Satelite Palapa, dan LNB C Band Satelite Telekom....Pada Pengaturan 22K dari kedua Satelite itu di Posisikan On/HIDUP atau salah satu dari 2 Satelite itu ada yg di Off/Mati-kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. switchnya pakai apa? ku-band (universal) gak bisa diseting on/off pada setingan 22k. Switchnya pakai diseq saja. seting 22k di off kan, tinggal diatur setingan diseq sesuai posisi port yg disambungkan

      Hapus
    2. Baik Pak...Terima Kasih atas pencerahannya...

      1 Hal lagi....

      Jarak antara LNB Ku & C Band berapa Centi ya Pak?

      Karena saya dapat Scalar Ring yg C Band-nya yang model Bulat (Lingkaran Penuh).... apa pada salah satu Sisi-nya saya buang dulu dengan cara memotong utk di beri jarak agar berdekatan antara kedua LNB tersebut?

      Terima Kasih

      Hapus
    3. Dish yang saya gunakan DISH VENUS ALLOY 6 Feet

      Hapus
  4. Pak klo pasang 4 lnb cband dual out dan yg mau di pasang hanya 3 lnb cband saja dan saya mau pasang lgi lnb kuband dual out, bisa tdk yah bisa tdk yah, dgn dish 6 feet jaring venus warna hitam , dan membutuh switch diseq dua buah ataw 3 yah pak tks pak

    BalasHapus
  5. Parabola saya 4 lnb, Palapa D, Telkom 1, Asiasat 3s dan Asiasat 5. Setelah dilakukan reset (receiver yang minta ex Topas) saya cek seluruh setting an dseq pada pilihan "Disable" semua. Akibatnya dan Rasanya, semua channel disemua satelit itu itu saja (sama). Apakah ini perngaruh settingan port dseq tersebut? Cara lihat urutan lnb satelit dengan port dseq gimana ya (palapa port berapa, telkom por berapa dst)? Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. La iya, kl posisi seting port disable semua, otomatis masuknya di port 1, dan artinya semua satelit kl discan, masuknya chanel palapa semua.

      seting port di aktifkan saja,
      Palapa d : port 1
      telkom 1 :port 2
      asiasat 3s : port 3
      asiasat 5 : port 4

      Hapus
  6. Trimakasih sangat membantu.semoga ilmu anda bermanfa'at untuk smua orang

    BalasHapus
  7. apakah di receiver ke dua juga sama port nya, palapa port 1, tlkom port 2, asia3s port 3, asia5 port 4.. sempat pindah lnb telkom 1 ke telkom 3s, dan sempat berhasil dapat signal telkom, tapi waktu scan di tv kedua kok hilang lagi signal telkomnya

    BalasHapus
  8. Terima kasih tutorialnya mas.. alhamdulillah sukses dgn cara kedua..

    BalasHapus
  9. selamat siang om, maaf mau tanya nih om, knp channel rcti,mnctv,golbaltv yg ada disatelit palapa d yg polarisasinya vertikal gak ada sinyalnya tpi kualitasnya 75% om sedangkan channel indosiar,tvone,antv,sctv,dll yg polarisasinya di horisontal ada siarannya, kira2 kendalanya di apa ya om? mohon bantuannya.mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang 75% kuantitas mungkin bro.

      kl vertikal yang gak ada sinyal, kemungkinannya:
      Lnb rusak
      atau seting receivernya polaritas tidak pada posisi auto/ hanya pada posisi H

      Hapus
  10. Palapa D nya mendapat sinyal di port 1 tp saat search telkom, ngk mendapat sinyal walaupun sudah di setting port 2. Atau sebaliknya. Setiap yg mendapat port 1 selalu ada sinyal. Apakah swicth dseq saya bermasalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kemungkinan switchnya sudah rusak/hanya bisa nyambung pada port 1 saja.

      Hapus
  11. Sya mau tanyak pak kmren sya setting parabola..tpi saat 22k d palapa saya off knapa sinyal siaranny hilang semua..dan saat 22k d telkom 3s saya hidupkan siaran yg dpt malah sama dngn yg palapa..bukanny trans tv..kndalany dmna y pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu berarti switchnya pakai 22k. diseting saja palapa 22k off, dan telkom 22k on. kemudian nyalakan receiver pada posisi chanel palapa (yang tadinya ada sinyal sebelum 22k di off kan). tekan info, kemudiang seser parabola kearah timur pelan-pelan. maka sinyal palapa akan muncul. posisikan parabola sampai posisi sinyal paling besar. kemudian scan satelit telkom maka chanel telkom 3s akan muncul

      Hapus
  12. pak. saya mau pasang multiswitch 4x4, tapi masih bingung?

    13v/0Hz, 18v/0Hz = palapa
    13v/22KHz, 18v/22KHz = telkom 3s

    atau begini ?

    13v/0Hz, 18v/0Hz = telkom 3s
    13v/22KHz, 18v/22KHz = palapa

    kalau terbalik masangnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa semua. tinggal seting receivernya.
      untuk yg atas tinggal diseting palapa 22k off, telkom: 22k on

      untuk yang bawah, seting palapa 22k on, telkom: 22k off

      Hapus
  13. Pak maaf mau nanya saya ingin pasang ukuran 8 feet jaring mau look satelit palapa d. Telkom 3s, asiasat 5 asiasat 7, klo untuk 4 lnb yg untuk fokus satelit palapa.d ataw telkom 3.s yah pak, tks pak

    BalasHapus
  14. Maaf pak mau tanya lgi dis jaring 8 feet, urutan untuk 4 lnb yg pertama satelit palapa.d, telkom.3s, asiasat.5, asiasat.7, yg ini benar tdk yah urutan lnb nya, dan untuk 4 lnb untuk fokus satelit palapa ataw telkom pak, tks pak

    BalasHapus
  15. Maaf pak mau tanya lgi dis jaring 8 feet, urutan untuk 4 lnb yg pertama satelit palapa.d, telkom.3s, asiasat.5, asiasat.7, yg ini benar tdk yah urutan lnb nya, dan untuk 4 lnb untuk fokus satelit palapa ataw telkom pak, tks pak

    BalasHapus
  16. Maaf saya masih awam di satelit parabola ,
    Lnb : 1 kan untuk satelit Palapa
    Lnb : 2 "_"_*_*_*_*_ telkom
    Lnb : 3 Asiasat
    Lnb :4 asiasat
    Nah misal lnb 3/4 kita ganti sateli Measat thaichom bisa nggak ?,trus caranya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa kl pakai 1 dish. bisanya pakai 2 dish

      Hapus
  17. Maaf pak mau nanya lgi, dish 8 feet berapakah klo untuk jarak dan kedalaman lnb, lnb kembar venus, palapa,telkom3s,asiasat5, asiasat7. Tks pak posisi jakarta selatan

    BalasHapus
  18. Pak klo untuk dis 6 feet venus black bisa untuk 4 lnb tdk yah, untuk telkom 3S, palapa.d, asiasat.5, asiasat.7, tks pak

    BalasHapus
  19. Pak klo untuk dis 6 feet venus black bisa untuk 4 lnb tdk yah, untuk telkom 3S, palapa.d, asiasat.5, asiasat.7, tks pak

    BalasHapus
  20. Mau tanya pak... Mana yg lebih bagus pakai 22K atau 4x1. Yg lebih banyak mengakibatkan penurunan SQ yang mana atau apa sama saja. Terima kasih.

    BalasHapus
  21. Bang gimana ni masangkn kabel lnb 1k lnb2 nya,dari rcv k lnb,atau rcv k rcv.
    Lnb matrix lc.888 universal

    BalasHapus
  22. Pak maaf mau nanya lgi, klo untuk kedalam 4 lnb kembar venus berapa yah, 40 ataw 38? Dan urutan lnb nya telkom.3s, palapa, asiasat 5, asiasat 7, urutan lnb sperti ini benar tdk yah, Oh iya pak itukan lnb kembar, yg pertama bulat, dan lnb ke dua dan ke tiga gepeng, ke empat lnb nya bulat, apakah tiang fokus nya yg di putar, ataw lnb nya yg di cabut, jdi posisi lnb palapa ke telkom3s, trus telkom3s fokus, dan asiasat 5 dan asiasat 7, tdk di rubah? Tks pak

    BalasHapus
  23. Totorial dibuat dalam bentuk video dong gan...
    Saya siap jadi folowerny agan...

    BalasHapus
  24. kalo paket 4 lnb urutan pengaturan 22k gmn bisa.. off,on,off,on
    atau on,off,on,off
    mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4 Lnb pakai diseq 4x1 saja. 22k di offkan semua

      Hapus
  25. Terimakasih atas informasinya Bang...

    BalasHapus
  26. Mau nanya bz,tracking telkom 3s di parabola yg menggunakan 3 receiver 2 lnb bagaimana ya?

    BalasHapus
  27. gan saya pake 4 lnb c band singel output untuk 1 reciver dngan swith 4x1
    trus klo mau dibikin 2 reciver alat tambahany apa aja,apa cuma swit 4x2 ajh...
    mohon pencerahanya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. lnb nya harus ganti yang lnb dual out

      Hapus
  28. Maaf numpang nanya kalo saya mau pasang LNB combo Matrix LC-999 (C & KU Band gabung jadi satu) jadi dibagian LNB-nya hanya ada 2 lubang. Yg 1 untuk hubungkan antara LNB C & KU nya yg lubang 1 nya untuk ke receivernya. Apakah kasus seperti ini masih dibutuhkan komponen diseq atau switch 22k atau tidak perlu ya? Maklum newbie. Lalu sebelum memasangnya kalau misal saya mau ngetest kekuatan LNB yg saya mau pasang itu apakah ada caranya ya? daripada saya pasang ntar susah-susah terus ternyata LNB nya cacat atau bermasalah. Karena LNB saya beli lewat online. Maaf kalo pertanyaan saya agak banyak. Terima kasih sebelum dan sesudahnya, min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak perlu pakai switch. itu didalam lnbnya sudah ada switch. untuk tes lnb bagus atau tidak ya harus dipasang pada dish lalu tracking

      Hapus
    2. Makasih Min atas tanggapannya

      Hapus
  29. Mas mo nanya tadi siang sy treking prabola 2 lnb 2 out untuk 2 receiver dan hasilnya dapat siaran transtv dll di setelit tsb,global hilang dan sy naikkan kemiringa disc keatas dikit dapat global dan transtv hilang apa yg salah mas,apakh jarak LNB rapat apa kurang renggang mohon pencerahan nya mas terima kasih

    BalasHapus
  30. Pak maaf mau nanya, saya kan punya 1 lnb kuband dual output, dan saya mau jdikan untuk dua tv/receiver, yg di perlukan switch 22k, ataw switch diseq yah, tks pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau hanya menggunakan 1 lnb saja, tidak diperlukan switch. Kalau 2 lnb atau lebih, dbutuhkan switch diseq, ku-band menggunakan dual oscillator dan frekuensi 22k tidak kompatiel dengan dual oscillator

      Hapus
    2. Berart tdk usah pakai switch yah pak, klo 1 lnb kuband yg dual output yg untuk dua tv, pak bisa ga klo untuk yg tv 1 misalkan tvone, dan yg tv ke 2, antv, tks pak atas pencerahannya

      Hapus
    3. bisa. 1 lnb ya gak perlu pakai switch. kecuali lnb nya dual polarity. kl lnb dual polarity harus pakai multi switch

      Hapus
  31. Om, di pengaturan antena ada diseq 1.0 dan diseq 1.1. Bedanya apa ya? Kalo misalnya cuma pakai 1 diseq utk 4 lnb, diseq 1.1 di non aktifkan atau gmn om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pakai deseq 4x1. pakainya switch 1.0 dan 1.1 sebaiknya dimatikan saja karena tidak berguna. diseq 1.1 adalah generasi kedua dari diseq 1.0, bisa sampai 16x1

      Hapus
  32. Admin,saya beli parabola second 4 lnb.saya bongkar & dipasang lagi jadi 2 lnb.saya pakai multuswitch 4×1 karena lnbnya switch tunggal semua.jarak antar lnb 3 jari.pas saya scan lnb 1 & 2 terisi siaran telkom semua(lnb 2 bukan palapa)itu solusinya gimana min biar dpt palapa& telkom?.terima kasih.

    BalasHapus
  33. Bagaimana caranya lihat trans7 karena no signal. Terima kadih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl chanel lain ditelkom 3s ada, silahkan discan lagi. kl chanel lain gak ada maka dishnya gak dapat sinyal. silahkan ditracking lagi

      Hapus
  34. Mas, mau.tanya..
    Gmn cr membuat setelan 2 frekuensi LNB, 5150 & 5750 ON bersamaan pd receiver matrix garuda putih. Soalx aku ada pakai LNB Matrix Kwarto.
    Makasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di matrix garuda sudah ada, tinggal di scroll kebawah disitu ada frekuensi 5150-5750

      Hapus
  35. Mas, mau tanya..
    Bisa gak satu kabel dr LNB Kwarto itu dibagi ke dua receiver tp hasil akhirnya gak dipengaruhi oleh receiver master. Jd maksudnya bs gak rx 1 main di V, satux main di H?
    Kl bs gmn cr baginya? Pakai alat apa?
    Makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, di kwarti tidak ada switch vertikal horisontalnya. Cukup pakai 1 polaritas saja denga frekuensi lnb singgel sudah bisa masuk vertikal dan horisontalnya

      Hapus
  36. Maaf mau tanya. Saya pakai 1 parabola, 2 lnb (masing2 2 out) dan 2 reserver/tv

    Yg saya mau tanya tv pertama saya set palapa d port 1 dan telkom port 2. Terus tv yg ke dua saya set port berapa untuk Telkom dan palapa

    Terus 22k nya saya set on/off yg mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibuat sama bro. setingan switch yang gak terpakai di off kan saja

      Hapus
  37. Mau tanya gan klo set lnb yg dual 1 dan lnb singgel 2 di gabung pake switch 2*1 gmana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa bro. Itu kan 1 lnb dual dan 2 lnb singgel jadinya 3 lnb, karus pakai switch 4x1

      Hapus
  38. Gan mau tanyak nii sya rencana mau pasang 4 lnb doual output untuk 4 reciver ..
    Trus hrus menggunakan multi swicht brapa gan ??
    Apakah menggunakan 22k atau menggunakan disec juga ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl 4 lnb 4 receiver pakai lnb 4 out saja

      Hapus
  39. Siang mas, dish offset pakai c band dan ku band pakai direqc 4 x 1. Klo ganti cenel di ku band sering tdk ada sinyal sebentar brp detik kemudian tampak gambar. Tp klo c band aman aja mas klo ganti chenel. Apa yg salah y. Receiver metrik burger s2. Mohon pencerahanya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan gak ada masalah, terkadang ada frekuensi yg slow respon. Bisa karena keadaan lnb atau lainnya. atau coba dipindah portnya. kl masih tetap sama berarti switchnya gak masalah

      Hapus
  40. om majwa sy pasang c band thaicom5,intelsat20 dan ninmedia Kuband,seting pada diseqc yang 22k yang harus on/hidup yang mana ya,biar tidak tarik mnarik antara Cband dan KUband.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl pakai diseq, 22k di offkan semua. kayaknya aman kl pakai diseq. kl 22k memang suka otomatis pada frekuensi ku-band

      Hapus
  41. Selamat sore mas, saya punya 2 lnb dan 2 receiver dan menggunakan diseqc. Ketika tv 1 distel pada siaran dengan polarisasi H maka tv 2 tidak bisa stel pada siaran dengan polarisasi v. Ini masalahnya di mana? Mohon bantuannya.

    BalasHapus
  42. Bg aku pake swit disht 4x1.
    22k ya di on off kan gak ngaruh kan bg

    BalasHapus
  43. Bg aku pake swit disht 4x1.
    22k ya di on off kan gak ngaruh kan bg

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak apa2. kl switchnya diseq ya lebih baik 22k di off kan

      Hapus
  44. Bisa tidak LNB Ku Band dan C Band disatukan dengan menggunakan switch 22k, klo bisa gimana cara setel di RX swith 22Knya. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tapi sering lama koneknya cz ku-band itu 22k nya otomatis

      Hapus
  45. Saya punya dish dengan 2 lnb ku band dan dish jaring dengan lnb C-band. Saya ingin menggabungkan 2 lnb ku band tersebut menjadi 1 kabel yg nantinya terhubung ke diseq dimana lnb C-band terhubung.

    Tadinya saya pengen pake switch 22k untuk 2 lnb ku band tersebut yang outputnya gabung dengan diseq yang terhubung dengan lnb cband, apakah itu bisa dilakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resiko sering trobel, kl 2 lnb ya pakai 2 kabel trus ke diseq

      Hapus
  46. malam mas.. numpang tanya.

    kira" berapa sentimeter maksimal jarak switch 22k antara LNB1 dengan LNB2...??

    maksud saya, switch 22k tak taruh di bawah seng / genteng, supaya lebih awet.

    apa berpengaruh kalau switch 22k jaraknya jauh dari LNB...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panjang gak masalah, sampai 10 an mtr masih normal. Tapi kl 20 mtr baru siyal gak langsung muncul cz butuh perjalan supalay dan sinyal

      Hapus
  47. Mas Admin, tanya dong...
    Bagaimana cara gabung dan setting yang benar switch 22k dan diseqc switch 4x1.

    Keadaan dan kasus :
    Parabola 1 (C Band) : Palapa, Telkom, Asiasat 7, dan Asiasat 5 (menggunakan Diseqc 4x1)
    Parabola 2 (Ku Band) : Chinasat 11, Measat 3a (menggunakan Diseqc 4x1)
    Out put dr diseqc C band ke switch conector 0 K,
    Out put dr diseqc Ku band ke switch conector 22 K,
    Out put dr switch ke Receiver.
    Setting Receiver, C Band : 22 K off
    Setting Receiver, Ku Band : 22 K on

    Tetapi hasilnya hanya bisa menerima sinyal dr LNB C Band dr Diseqc port 1 (Palapa) dan dr LNB Ku Band dr Diseqc port 1 (Chinasat 11)
    LNB yang lain tidak menunjukkan adanya sinyal. Padahal jika tidak digabung dengan Switch 22 k (secara sendiri sendiri) semua satelit terdeteksi.
    Apakah ada yang salah?
    Mohon bimbingannya, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa kombinasi seperti itu. dari rx kl dah masuk ke switch 22k, maka kalau dimasukkan diseq, diseqnya gak bisa kerja. alhasil hanya masuk di default (yaitu port 1). Mending pakai diseq 8x1, sekarang harganya kan sudah murah

      Hapus
  48. Bang saya masih pemula punya 4 lnb.
    Palapa
    Telkom
    Chinasat 11
    Thaicom 5
    Apakah posisi chinasat 11,Thaicom 5 diatas palapa ato dibawah telkom?. Mohon bang pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi lnb chinasat 11 di timurnya telkom, lnb thaicom 5 di timurnya chinasat 11

      Hapus
  49. Punya saya 4 lnb pake switch 4x1 merk LGSAT lost sinyalnya...untuk setting disecq,,dan 22k nya gmn om.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tinggal disesuaikan pemasangan yang sudah dilakukan

      Hapus
  50. Mas saya mau tanya...receiver sya tanaka mp4 dan pakai parabola jaring super hd..satelit palapa tidak tertangkap...tapi saya coba receiver lain satelit palapa nya ada...dan receiver saya dicoba di parabola lain jg bs satelit palapanya..kenapa yah bs begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dirubah pengaturan switchnya/pengaturan switch disamakan dengan receiver yg dapat sinyal

      Hapus
  51. Lalu bila di stasiun palapa...diseqc'a dirubah d lnb 1 atau 2 slalu ada sinyal..dan 22k nya d on atau of pun slalu ada sinyal...tapi jika scan satelit telkom selalu tidak ada...tp klo pake receiver lain ada...lalu sya coba receiver saya ke parabola lain bs...

    BalasHapus
  52. Bang, lnb ku ada dua klo port 1 palapa d dapat sinyal full, 22k on atau off tetap dpt sinyal. Tp untuk Telkom 4 dgn port 2 ga dapat sinyal. Klo saya rubah telkom4 di port 1 dan dirubah diturunkan penyanggah parabola dapat sinyal Telkom 4 tp palapa d nya hilang. Gimana caranya dapat sinyal ke dua satelit tsb? Mohon bantuannya, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin posisi lnb terbalik. Posisi yg benar. lnb palapa ada disebelah barat dan lnb telkom ada disebelah timur. itu tiang penyangga diturunkan ke barat atau timur?

      Hapus
    2. Tiang penyangga ke arah barat sekitar 2 jari dari palapa d, untuk port yg lain berapa, port 2 atau port 4

      Hapus
    3. Kearah Barat sekitar 2 jari

      Hapus
    4. Yg disambungkan ke port 1 itu lnb sebelah barat atau sebelah timur?

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel