Switch Parabola dan Cara Setingnya


Switch Parabola dan Cara Setingnya - Sebenarnya ada banyak macam switch parabola, namun yang umum digunakan hanyalah dua jenis saja, yaitu switch 22k dan switch diseq. Oleh karena itu artikel ini akan menjabarkan penyetingan dua jenis switch tersebut.

Secara umum switch 22k berbentuk switch 2x1 yang artinya dua lnb satu receiver. Dan switch diseq berbentuk switch 4x1 yang artinya empat lnb untuk satu receiver. Walaupun switch diseq ada yang berbentuk 2x1 namun jenis ini sudah jarang ditemui dan hampir tidak ada lagi.

Kedua jenis switch ini (22k dan diseq), kinerjan dikendalikan oleh receiver. Jadi receiver harus diseting pada pengaturan satelit sehingga switch bisa bekerja sesuai dengan yang kita inginkan.
Silahkan  baca: fungsi switch diseq dan 22k

Switch 22k

Switch ini ada yang model inside dan outside. Inside artinya switchnya ada dalam lnb atau ditanam dalam lnb. Sedangkan outside, switchnya merupakan unit tersendiri atau terpisah dari lnb. Fungsinya sama, hanya keberadaannya saja yang berbeda. Contohnya seperti gambar dibawah ini. (gambar kiri) 22k inside, (gambar kanan) 22k outside.

Switch Parabola dan Cara Setingnya


Langsung saja saya jelaskan penyetingannya pada receiver. Untuk menyeting switch ini, kita harus masuk ke menu penyetingan satelit.

Dalam seting satelit, setiap receiver memiliki tampilan menu yang berbeda-beda, walaupun berbeda tampilannya hampir sama. Contohnya seperti gambar dibawah ini:


Perhatikan tanda panah dan kotak yang berwarna merah. Pada bagian 22k, setingannya hanya ada dua mode, yaitu mode on dan mode off. Di receiver lain, dalam tanda kotak merah tulisannya belum tentu aktif dan tidak aktif, melainkan ada yang bertuliskan on dan tidak off, nyala dan tidak nyala, hidup dan mati, dan lain-lain. Namun intinya sama saja.

Jika pada diseting pada mode aktif, maka dari receiver akan menyambung ke lnb yang dapat dari jalur 22k, sedangkan pada jalur 0k akan putus. jika pada menu receiver diseting mode off, maka dari receiver hanya akan menyambung ke lnb yang dapat dari jalur 0k dan jalur 22k putus. Amatilah gambar dibawah ini:

Switch Parabola dan Cara Setingnya

Perhatikanlah jalur yang berwarna merah. Pada gambar diatas terlihat jelas, jika 22k mode off, maka arus dari receiver akan menuju switch. Switch hanya akan meyambungkannya ke out 0k untuk kemudian diteruskan ke lnb. Sedangkan out 22k tidak dapat arus sama sekali (gambar kiri).

Ketika mode on, maka arus dari receiver hanya akan disambungkan ke out 22k, sedangkan out 0k tidak akan mendapat suplai arus (gambar kanan).

Switch Diseq 4x1

Switch 4x1 digunakan untuk pemasangan maksimal 4 lnb. Bisa juga digunakan untuk 2 atau 3 lnb, jika digunakan untuk 2 atau 3 lnb, maka ada slot yang tidak digunakan dan ini tidak akan jadi masalah, artinya tidak akan berpengaruh pada kinerja switch 4x1 ini.

Untuk menseting diseq ini, andah harus pergi ke menu penyetingan satelit. Gambarnya seperti ini:

Switch Parabola dan Cara Setingnya


Kira-kira pengaturannya seperti gambar diatas. Ada nonaktif, port 1, port 2, port 3, dan port 4. Jika diset nonaktif, maka diseq tidak bekerja atau berada poda posisi default (port 1).

Jika diset pada port 1, maka diseq hanya mensuplai ke port 1, jika diset pada port 2, maka diseq hanya akan mensuplai port 2, jika diset pada port 3, maka hanya akan mensuplai port 3, jika diset pada port 4, maka hanya akan mensuplai port4 saja. Penampakannya seperti gambar berikut:

Switch Parabola dan Cara Setingnya

Kinerja diseq seperti gambar diatas. Laju arus seperti pada jalur panah yang berwarna merah.

Demikianlah Penjelasan kinerja switch 22k dan switch diseq dan penyetingan pada receiver. Simak juga video tentang Switch Parabola dan Cara Setingnya: