Cara Mudah Mengecek Suplay Lnb dari Receiver

Cara Mudah Mengecek Suplay Lnb dari Receiver - Lnb adalah alat yang menangkap sinyal satelit. Lnb terbuat dari bahan alumunium cor yang isinya terdiri dari antena dan rangkain elektronik. Agar rangkaian ini bisa bekerja dibutuhkan arus suplay dengan voltase tertentu. Arus ini didapat langsung dari receiver.

Sebuah lnb membutuhkan arus 13 volt untuk tengangan antena vertikal dan arus 18volt untuk tegangan antena horisontal. Jika sebuah receiver tidak bisa mensuplai arus ke lnb dengan benar, maka lnb tidak bisa bekerja dengan semestinya. Misalkan sebuah receiver mensuplay tegangan ke lnb dengan daya sebesar 16 volt, maka lnb akan eror antara antena vertikal dan horisontal. Akibatnya sinyal akan loncat-loncat dan gambarnya macet-macet.

Untuk mengetahui apakah sebuah receiver mensuplay tegangan ke lnb dengan baik, caranya cukup mudah. Yaitu kita tinggal mengetesnya dari jalur yang ke lnb dengan tester. Bisa menggunakan tester biasa maupun terser digital.

Pertama nyalakan receiver, kemudian coba posisikan receiver pada chanel yang berpolaritas vertikal kemudian dites, jika menunjukkan 13 sampai 14,5volt berarti normal dan jika kurang atau lebih berarti tidak normal.

Cara mudah mengecek suplay lnb pada receiver

Kemudian posisikan receiver pada chanel horisontal, jika menunjukkan 18 sampai 22 volt, berati normal dan kalau lebih atau kurang berarti tidak normal.

Cara mudah mengecek suplay lnb pada receiver

Tentunya sudah bisa ditebak suplay lnb jenis apa yang admin tes pada gambar diatas. Hasil tes diatas adalah sulpay lnb pada receiver dengan model dual voltase 14 volt dan 20 volt. Kalau suplay singgel 20 sampai 24 volt dan suplay singgel 12 volt hasilnya hampir akurat 13 volt dan 18 volt.


Ada beberapa kasus receiver hanya bisa menerima siaran berpolaritas horisontal saja atau hanya bisa vertikal saja. Itu disebabkan suplay arus ke lnb tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Ada juga sebuah receiver yang tidak bisa mengeluarkan suplay arus, atau hanya keluar sedikit saja. Dengan ini tentunya dapat diketahui kalau receivernya bermasalah.

17 Komentar untuk "Cara Mudah Mengecek Suplay Lnb dari Receiver"

  1. Klo dari konektor out ke lnb ga keluar arus masih bs d betulin engga Om,,,klo bs apa yg perlu d ganti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. di cek rangkaian arus dari psu nya

      Hapus
  2. Rx mpeg2 scene telkom tp yg kluar palapa, apa ygrusak min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa kemungkinan:
      1. Pengaturan switch di receivernya
      2. Switch rusak
      3. perintah switch dari receiver bermasalah

      Hapus
  3. Receiver Ku band kvision, intensitas sinyalnya 45% kualitas sinyalnya 10%, walau arah disk payungnya sudah diputar2 arahnya, namun angka yg diatas tetap tidak mau berubah. itu apanya yah gan?, untuk kabel dan lnb sudah di ganti dengan yg baru, parabola baru 1 th pemakaian, tolong pencerahannya, terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  4. Maaf saya bl pernah buka kvision, dicoba dengan parabola yg dah lock kvision dulu

    BalasHapus
  5. cara cek Receiver, dg kondisi belum ada channel gmn om?

    bar atas 60% kualitas tetep 0%

    BalasHapus
  6. kalau receiver suara dengung di vol v knp ya tapi kalau di vol H suara normal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa karena sw nya dan bisa karena arus kurang stabil

      Hapus
  7. Malam... Kalo sdh ketahuan polaritas V yg lemah. Lalu komponen apa yg diganti? Potensio? Kapasitor?
    Sy receiver nua T22 jurasik metal..

    BalasHapus
  8. Mohon pencerahan
    Recifer matrix mpg2
    Intesitas 51%, kualitas 0%.
    Disk bekas big tv, lnb ku band
    Solusinya gimana mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gak bisa. rata2 frekuensi ku-band pakai sistem DVB-S2, ada juga yg pakai dvb-s1 seperti di thaicom, tapi beam sinyal hanya di daerah sumatra. kl lokasi anda didaerah sumatara silahkan ditracking thaicomnya, pasti cling

      Hapus

  9. Mohon pencerahannya pak. Saya baru membeli rx skybox A-1 Plus lewat online. Tapi sinyal 0 semua, di output LNB tidak keluar arus 13/18 voltnya,. Hanya bisa memutar flashdisk. Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di cek dulu pengaturan satelit di menunya mungkin daya lnb nya off. kl sudah betul tapi gak ada aursnya ya di garansikan saja cz baru beli

      Hapus
  10. Mas mau tanya, saya punya receiver venus inova-hd itu intensitas sinyal di horisontal dan vertikal nya 36% saja kenapa yaa?

    BalasHapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel