Penyebab Receiver Mata Merah dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Receiver Mata Merah dan Cara Memperbaikinya - Receiver mata merah adalah sebutan dimana receiver hanya menyala lampu merah saja dan tidak mau booting atau loading.

Tidak hanya sebatas lampu merah saja, ada juga beberapa receiver yang tidak ada lampu merah pada dispaly panel depan receiver sehingga panel depan tidak ada nyala sama sekali.

Ada juga receiver yang hanya mode on saja, yaitu displai panel depan menunjukkan tulisan ON dan tidak mau meneruskan ke proses selanjutnya. Intinya receiver mata merah adalah receiver yang sudah dikasih arus listrik tetapi tidak mau menyala.

Penyebab Receiver Mata Merah

Ada tiga penyebab sebuah receiver menjadi mata merah. Tiga penyebab yang dimaksud adalah:

  1. Regulator rusak. Voltase ngedrop atau tidak sesuai kebutuhan receiver
  2. Firmware tidak sempurna. Terjadi cacat pada software sehinggan tidak bisa melanjutkan proses loading
  3. Main board rusak. Terjadi kerusakanpada komponen mainboard

Cara memperbaiki Receiver mata merah

Sebelum dilakukan perbaikan, sebaiknya dianalisa terlebih dahulu. Jika terjadi mata merah karena kita salah upgrade sw, maka sudah jelas perbaikannya harus di flash ulang. Flash ulang bisa menggunakan alat ch341a.

Selain menggunakan ch341a, flash ulang ini harus menggunakan komputer atau laptop. Bisa juga menggunakan hp android yang suport otg, namun flash ulang menggunakan hp ini terkadang tidak berhasil.

Jika sebuah receiver mengalami mata merah tanpa sebab, artinya hanya dinyalakan saja untuk di tonton sehari-hari tetapi tiba-tiba tidak menyala, maka kemungkinan kerusakannya adalah regolator rusak atau mainboard yang rusak.

Langkah Awal Perbaikan

Untuk memperbaikinya, pertama buka receivernya. Kerusakan paling sering terjadi adalah regulatornya rusak. Lihatlah elko pada regulator, biasanya elko mengembang seperti ini:

elko mengembang
Salah satu penyebab receiver mata merah

Ganti elko dengan tipe yang sama, kalau tidak ada, bisa pakai tipe yang lebih besar misalkan aslinya 1000uf/10volt bisa diganti dengan 1000uf/16volt atau lainnya.

Kerusakan lain pada regulator adalah solderan pada pcb ada yang retak, kalau retak tinggal di solder ulang. Kalau kerusakan regulator cukup parah sebaikya regulator diganti satu blok.

Langkah Kedua Perbaikan

Kalau pada regulator tidak ada masalah, langkah selanjutnya adalah nyalakan receiver, tunggu sampai 2 menit, kemudian pegang prosesor receiver. Kalau panas berlebihan, berarti prosesor rusak. Tidak bisa diperbaiki.

Kalau porsesor dingin atau hanya hangat sedikit. Kemungkinan ada komponen lain yang rusak. Coba cek sulpay tegangan-tegangan kecil di mainboard seperti 5 volt, 3,3 volt, 1,8 volt dan lain-lain.

Biasanya ada salah satu tegangan yang bermasalah. Kalau ada salah satu yang mecurigakan, coba fukuskan di daerah situ. terkadang ada komponen kecil yang short. Kita harus sangat hati-hati mengeceknya. Jangan sampai merusak komponen lain.

Seperti itulh langkah-langkah menganalisa dan memerbaiki receiver yang kena mata merah. Semoga bermanfaat.

48 komentar untuk "Penyebab Receiver Mata Merah dan Cara Memperbaikinya"

Comment Author Avatar
Apa penyebab mata merah tanaka t22 jurassic metal. Tadi pas scand channel TV ada perintah, penyimpanan tidak tersedia,lalu saya hapus chanel yg tidak berguna. sudah saya hapus banyak channel bisa. Lalu saya hapus lagi channel yg lain supaya pengosongan lebih banyak, tiba tiba heng/lost tidak berfungsi/bergerak kalau diremot. Lalu saya matikan on/of baru saya hidupkan lagi tiba tiba terjadi mata merah. Sebelumnya sudah sering seperti itu tidak ada masalah . Apa solusinya master.
Comment Author Avatar
Kalau memori penuh, yg dihapus bukan chanelnya, tetapi transpondernya. Biasanya banyak transponder yang sudah tidak terpakai. Kl yg dihapus chanelnya itu tidak seberapa dlm memori.

Itu kan pas proses menyimpan di memori tiba2 terjadi heng. Sama seperti keita sedang proses meng copy file.

Harus di flash ulang. Bisa pakai usb to rs232 atau ch341a
Comment Author Avatar
Punya saya skybox a1 plus, kena mode on, udah dicoba flash pakai flasdisk masih ga mau sehat. Kira2 rusak apanya gan?
Makasih
Comment Author Avatar
coba di flash pakai ch341a
Comment Author Avatar
mata merah untuk Venus Tucxon,mohon cacimakinya Boz....
Comment Author Avatar
Cek regulator, kl normal nyalakan beberapa lama kemudian cek panas apa tidak, baru di flash. Kecuali matinya karena gagal upgrade bisa langsung di flash ulang
Comment Author Avatar
Punya saya kvision c2000,,tiba2 cuma nyala lampu/mata merah??pdhl waktu malam buat nonton masih gpp...trs paginya tiba2 cuma nyala lampu/mata merah ga ada tulisan ato loading on nya??mohon petunjuk nya??saya baru beli sktr 3bln'an..mksih gan
Comment Author Avatar
Kl baru 3 bln mending digaransikan saja, biar lebih aman
Comment Author Avatar
Klo matrix garuda merah tiba" mata merah tnpa sebab itu knpa?
Comment Author Avatar
Penyebab mata merah kan ada beberapa. pertama harus cek arus suplai, kl normal baru cek lainnya
Comment Author Avatar
Boss, mau nanya.

Kemarin sy upgrade sw Philsat liga hd dengan sw Philsat liga HD new eh malah jadi mata merah.

Bagaimana cara memperbaiki nya.?
Apakah file yang kompatibel dengan Philsat liga hd (misal: pakai matrik apple dll yg sama sama sekelas).

Atau mas bro punya file nya yg khusus Philsat liga HD.

Terima kasih
Comment Author Avatar
kl sw bawaan ada. tapi rx nya gak punya. coba dibuka saja pakai chipset apaan
Comment Author Avatar
Saya MMP Lombokv4 peyebab setelah saya scand tidak mau start hanya terlihat logo dilayar tv MMP Lombok mv4???
Comment Author Avatar
Coba di flash ulang
Comment Author Avatar
Mas maaf saya mau tanya , saya kan punya 2 reciver yg rusak . . Yg satu matrix burger S8 mati total , yg satu Tanaka New Samurai nyala tapi hanya sampai di ON saja , itu juga lampu ON nya berkedip . Kalo yg matrix setelah ganti power suplay juga masih gk mau hidup . Saya minta saran kira kira apanya yg harus di perbaiki dari kedua rx tersebut . Mohon saran dan bantuanya mas... Terima kasih
Comment Author Avatar
Mainboard nya di kasih arus yg bagus (stabil). tunggu saja, kl prosesor panas menyengat berarti sudah mati. kl panas sedang atau gak panas kemungkinan masih hidup. coba di flash ulang
Comment Author Avatar
Min mua tanya,receiver gadmei m2 normal bisa ad siaran seperti biasa tetapi panel depan mati semuaitu penyebabnya apa? Atau apany ayg rusak? Tetapi pake remot bisa.
Comment Author Avatar
Bisa karena kabelnya yg didalam lepas atau sw nya. Kl pernah di up mungkin sw nya gak kompatibel
Comment Author Avatar
Rx saya matrix garuda orange, mode on terus. Sudah coba upgrade ota, tp stuck di 0% . Apa harus pake parabola jaring bar bagus sinyalnya ? soalnya ini saya pake dish mini KU band. Kalo di flash pake aplikasi apa, boleh minta link nya ? Thanks
Comment Author Avatar
Untuk upgrade ota pakai c-band satelit palapa d / parabola jaring dan parameternya diganti sesuai untuk c-band
Comment Author Avatar
mas saya punya mmp lombok ga tau versi brp, trus saya upgrade ke versi 4, setelah berhasil remote malah ga bisa dan sinyal ada tapi suara dan gambar ga ada. bagaimana cara mengembalikannya ya? terimakasih.
Comment Author Avatar
Kl tombol masih bisa jalan, di upgrade lagi ke sw versi asli, atau sejenis yg bukan dari luar
Comment Author Avatar
Mas, sy punya matrix buger mpeg4 mata merah bisa ga di ganti aja power supply-nya. Mhon pencerahannya.
Comment Author Avatar
Coba di cek dulu tengangannya ngedrop atau tidak?
Comment Author Avatar
Sy punya 2 receiver Optus 88hd, yg 1 normal (tdk rusak), yg 1 agak rusak krn kadang bisa nyambung ke tv, kadang hilang, hanya On saja. Sy kira kabel antenanya. Lalu sy coba tukar posisi dgn yg satunya, yg normal tetap tetap tdk masalah ( berarti kabel antena gpp ), dan yg rusak tetap bermasalah yg sama. Kira2 apanya ya? Kesimpulan sy sih colokan antena pada receivernya. Mohon solusinya. Makasih
Comment Author Avatar
Mungkin tengangan regulator ngedrop kl kadang mode on
Comment Author Avatar
Solusinya gmn?
Comment Author Avatar
Ya di cek dulu tegangannya
Comment Author Avatar
KALAU MATRIK TURBO III MODE ON ITU KENAPA Y GAN
Comment Author Avatar
Cek dulu arus dari regulatornya
Comment Author Avatar
Mbs2 kena mode on penyebabnya apa
Comment Author Avatar
Macem2. kl mode on nya habis di upgrade berarti salah sw
Comment Author Avatar
Sy punya 2 reciver
Reciver 1. Resiver Tanaka Orion sky mati total sudah ganti power supply masih tetap tidak menyala , resiver akibat saya pasang kan dengan monitor komputer dan speaker aktif pada baru 2 bulan pemakaian sampai skrng sdh 1 tahun baru mau diperbaiki kembali , mohon solusinya kira2 apa nya yang bermasalah admin ?
2.resiver LG sat 101
Permasalahan nya sama sy sambungkan sama monitor komputer dan speaker aktif, 3 hari disambung akhirnya rusak jg.
Resiver apabila di nyalakan selama15-30 menit pasti me-restart atau mati tiba terus resiver nya cepat panas dan klw sdh panas lama kelamaan Pasti restar atau mati , atau cuman on tapi tidak muncul gambar, mohon di jawab admin kira2 apa solusinya dari kedua resiver ay itu ?
Comment Author Avatar
Kl disambungkan ke monitor sy rasa gak masalah Kecuali monitornya arus listriknya bocor. Pertolongan pertama coba di flash ulang
Comment Author Avatar
Matrix java II stuck d logo, indikator merah aja yg nyala kadang cerah kadang redup, klopun mau nyala gambar bergelombang vertikal tp msh full n sinkron sama layar,
Mohon solusinya mas...
Comment Author Avatar
Mungkin sw nya gak sempurna, coba di upgrade
Comment Author Avatar
Tyt biangnya ada di elco 220uF 25v, klo off tegangan normal saat on malah drop, tp skrg udh normal.
Belum kpikiran ke sw, mungkin klo brmslh lagi tk coba upgrade sw,
Makasih banyak mas infonya..
Comment Author Avatar
Mas, saya memakai receiver nex parabola. Ternyata receiver saya mode on(mata merah) dan saya coba ikuti cara di youtube ternyata tidak ad reaksi sm sekali pd receiver saya.
Awalnya ke menu"ota user input" dan saat saya tekan ok pada start akan pindah ke "ota upgrate" tetapi tidak jalan sm sekali, malahan kembali ke menu"ota user input".. Pertanyaan saya, cara apa yg harus saya lakukan?
Comment Author Avatar
Usahakan di OTA saja. Sesuaikan parameter OTA dengan receivernya (merah/kuning) dan juga parameter sesuai parabola yang digunakan. Kalau memang benar2 tidak bisa barulah di upgrade via ch341a
Comment Author Avatar
Slmt siang mas, sya ingin tnya sya pake reciver matriks apple 3 audionya kadang2 dapat trus kdang2 tdk dapat sya sdh ganti kabek audionya tetep sama sperti itu, mohon solusinya mas, mksi sblumnya.
Comment Author Avatar
Mungkin jek yg di receivernya kendor
Comment Author Avatar
Min utk flash matrix burger s8 hd 8 mb apa alatnya..mohon caciannya min
Comment Author Avatar
Pakai ch341a saja
Comment Author Avatar
Mau nanya sy punya matrix burger s8 setelah di upgred usb malah bootloop di logo, cuma tampil layar matrix tombol dan remotnya tidak berfungsi
Comment Author Avatar
Di flash ulang pakai sw aslinya
Comment Author Avatar
Anonim 28 Februari
Nex parabola merah eepromnya tidak bisa di flash,bila di verify not equal trus bang.
Padahal receivernya baru beli 3 hari
Comment Author Avatar
Harusnya bisa. coba ganti toolnya
Comment Author Avatar
Resifer saya mata merah,,,,,sedang nonton