Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Mpeg2, Mpeg4, HD Pada Receiver

Perbedaan Mpeg2, Mpeg4, HD pada receiver - Saat ini banyak sekali receiver parabola beredar dipasaran baik mpeg2, mpeg4, dan HD. Harganya bervariasi mulai kelas murahan hingga kelas mahal dan fiturnya juga sudah pada cangih-canggih.

Dulu yang ada hanyalah receiver biasa yang hanya mampu menampilkan gambar dengan format mpeg2, resolusi SD. Sekitar tahun 2012 mulai beredar receiver sistem DVB-S2 yang mampu menayangkan format mpeg4 ataupun hd.

Tentang Receiver Mpeg2, Mpeg4, dan HD

Secara umum receiver mpeg2 hanya bisa menerima siaran dengan format mpeg4 resolusi sd saja. Receiver mpeg4 bisa menerima siaran dengan format mpeg2 dan mpeg4 dengan resolusi sd. Sedangkan receiver hd bisa menerima siaran dengan format mpeg2, moeg4, resolusi sd dan hd.

Perbedaan Fisik Receiver Mpeg2 dan Mpeg4/HD

Sebuar receiver tentu saja hanya berbentuk kotak yang ada colokan listriknya. Namun ada ciri-ciri yang membedakan antara receiver mpeg2 dan mpeg4. Berikut beberapa perbedaan di fisiknya:

  1. Receiver mpeg2 tidak ada slot/colokan usb. Sedangkan receiver yang sudah mpeg4 ada colokan usb.
  2. Receiver mpeg2 tidak ada slot colokal hdmi, receiver mpeg4 juga tidak ada dan receiver hd pastinya ada colokan hdmi nya
    Slot USB dan HDMI
    Slot USB dan HDMI

  3. Sebagian produk receiver mpeg4/hd ada logo dvb-s2. Namun ini hanya sebagian saja karena sebagian receiver mpeg4/hd tidak ada logo ini.

Perbedaan Sistem Receiver Mpeg2 dan Mpeg4/HD

Ada 2 sistem utama yang membedakan antara receiver mpeg2 dan mpeg4/hd. Berikut kedua sistem yang dimaksud:

  1. Sistem Tuner. Receiver mpeg2 hanya menggunakan sistem tuner dvb-s1 saja. Sedangkan receiver mpeg4/hd sudah menggunakan dual sistem tuner yaitu dvb-s1 dan dvb-s2. Itu sebabnya receiver mpeg2 tidak ada sinyalnya kalau ditambah transponder yang sudah menganut sistem dvb-s2 seperti transponder sctv/indosiar yang akhir-akhir ini diperbincangkan
  2. Sistem format dan resolusi. Receiver mpeg2 hanya bisa format mpeg2 dengan resolusi sd. Saya masih ingat dulu ada sebuah chanel di satelit chinasat 6b dimana chanel tersebut menggunakan sistem dvb-s1/mpeg2/hd. Chanel tersebut bisa masuk di receiver mpeg2 hanya saja gambarnya gelap karena receivernya tidak suport. Sedangkan receiver mpeg4 bisa menerima format mpeg2 dan mpeg4 dengan resolusi sd. Receiver ini tidak akan bisa menampilkan gambar dengan resolusi hd. Kalau Receiver hd ini yang paling pandai. Dia bisa menampilkan format mpeg2 dan mpeg4. Resolusi sd dan hd.

Seperti itulah gambaran tentang perbedaan receiver mpeg2, mpeg4, dan hd. Semoga bermanfaat

Berlangganan via Email