Rangkaian Suplai Tegangan Vertikal Horisontal Model Inverter

Daftar Isi

Rangkaian Suplai Vertikal Horisontal Model Inverter - Semua receiver parabola pastilah memberu suplai tegangan ke lnb untuk kebutuhan rangkain komponen yang ada dalam lnb.

Dalam mensuplai tegangan ke lnb, ada beberapa model catudaya yang digunakan. Salah satunya menggunakan sistem boost-converter atau lebih mudahnya kita sebut inverter. Sistem ini bekerja dengan cara menaikkan voltase kecil menjadi besar sesuai kebutuhan lnb.

Kebanyakan receiver yang menggunakan model ini adalah receiver dengan kebutuhan suplai tunggal. Biasanya hanya menggunakan satu arus 12 volt saja.

Kebutuhan Suplay Tengangan LNB

Sebuah lnb membutuhkan tegangan 13 volt untuk polaritas vertikal dan 18 volt untuk polaritas horisontal.

Guna memenuhi kebutuhan suplai tegangan ke lnb ini, receiver ini ada yang menggunakan sistem boost-converter atau sisten inverter. Yaitu ketika polaritas vertikal, Tegangan 12 volt dinaikkan menjadi 13 volt dan ketika polaritas horisontal, tegangan 12 volt dinaikkan menjadi 18 volt.

Rangkaian Suplai Tegangan Vertikal Horisontal Model Inverter

Biasanya proses penaikan tegangan 12 volt menjadi 13 volt dan 18 volt di jalankan oleh sebuah IC. IC ini dikendalikan oleh prosesor utama pada receiver. Ketika prosesor meminta 13 volt, maka IC ini mengeluarkan arus 13 volt dan ketika prosesor meminta 18 volt, IC ini mengeluarkan arus 18 volt.

Seri IC yang digunakan bermacam-macam, Kebanyakan receiver keluaran sekarang menggunakan IC dari STI dengan seri S8035BE dengan pin atau kaki sebanyak 8 kaki. Berikut gambar rangkaiannya:

Boost-converter S8035BE
Boost-converter S8035BE

Skema IC S8035BE
Skema IC S8035BE


Demikianlah artikel tentang rangkaian suplai tegangan vertikal horisontal untuk lnb dengan model inverter. Semoga bisa dipahami dan bermanfaat.

Posting Komentar