Cara Pasang Parabola Besar Jaring Satelit Telkom 4 Untuk Pemula

Cara Pasang Parabola Besar Jaring Satelit Telkom 4 Untuk Pemula - Parabola besar jaring adalah parabola yang biasa digunakan untuk menangkap sinyal satelit dengan frekuensi c-band. Umumnya untuk menangkap satelit telkom 4.

Pasang Parabola Besar Jaring
Pasang Parabola Besar Jaring

Parabola jaring merupakan parabola terbaik dimana parabola ini tahan terhadap segala macam cuaca dan juga lebih awet karena terbuat dari ram alumunium yang anti karat.

Bagian-bagian Parabola Besar Jaring

Parabola besar jaring berasal dari kepingan dish yang digabungkan menjadi satu. Setelah jadi satu, dish ini ditopang oleh sebuah mounting agar dish ini bisa dipasang pada tiang penyangga.

berikut bagian-bagian dish agar menjadi satu kesatuan yang utuh:

  1. 4 keping dish
  2. Baut rakit
  3. Mounting
  4. Tiang penyanggan LNB
  5. Tiang Penyangga dish

Kelima bagian ini harus ada. Jika ada yang kurang, maka dish besar jaring tidak bisa dipasang.

LNB Parabola Besar Jaring

Lnb untuk parabola besar jaring adalah lnb tipe c-band. Walaupun parabola jaring bisa juga dipasang lnb ku-band, namun hasilnya kurang maksimal.

Untuk mendapatkan siaran tv nasional, sekarang kita bisa menggunakan 1 lnb c-band saja, karena hanya untuk menangkap satu satelit, yaitu satelit telkom 4. Kalau dulu, kita harus menggunakan 2 lnb untuk satelit palapa d dan telkom 4. Namun sekarang satelit palapa d sudah tidak ada.

Lnb c-band terdiri dari unit lnb dan scalarring. Tanpa scalarring, maka lnb tidak bisa dipasang karena lnb ini tidak ada tumpuan untuk lnb ini.

Patokan Frekuensi Untuk Mencari Sinyal Satelit Telkom 4

Untuk mengarahkan parabola besar ke satelit telkom 4, kita bisa menggunakan acuan frekuensi transponder satelit telkom 4 dengan sinyal yang cukup kuat. Tujuannya agar lebih mudah mentracking dan lebih mudah menemukan sinyal satelit telkom 4.

Acuan frekuensi dengan sinyal terkuat dari satelit telkom 4 sudah saya bahas dalam artikel tersendiri.

Tracking Satelit Telkom 4 Dengan Parabola Besar

Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang cara tracking satelit telkom 4 dengan dish solid terkecil ukuran 120 cm. Namun hasilnya kuang maksimal karena tidak bisa menyapu semua sinyal dari staelit telkom 4.

Kalau dengan parabola besar jaring ini, maka semua sinyal frekuensi yang dipancrkan oleh satelit telkom 4 bisa diterima dengan baik.

Panduan lengkap tentang cara memasang parabola besar jaring ini sudah saya buatkan bideonya agar lebih mudah dan detail agar mudah dipahami.

Video Tentang Cara Pasang Parabola Besar Jaring Satelit Telkom 4

Berikut video yang menjabarkan tentang cara memasang parabola besar jaring yang ditracking ke satelit telkom 4:

Seperti itulah artikel tentang cara pasang parabola besar jaring saelit telkom 4. Semoga bisa dipaham dan bermanfaat. Salam tracking satelit.