Tutor pasang parabola baru lengkap untuk pemula

Halo sobat semua pecinta parabola satelit... cukup lama saya tidak posting artikel, kali ini saya akan menulis tentang Cara Pasang Parabola Palapa Telkom untuk Pemula, sesuai judul turor ini untuk pemula. Karena saya mendapati beberapa kekeliruan dalam pemasangan parabola yang menyebabkan pemasangan tidak berhasil dan akhirnya harus mengundang teknisi untuk membereskannya.

Semoga dengan artikel ini bisa menyelesaikan kekeliruan dan bisa berhasil memasang sendiri sebuah antena parabola. Bagi para senior, abaikan saja artikel ini.

Langsung saja masuk ke pembahasan. Dalam memasang parabola dengan dua lnb untuk menangkap Satelit Palapa D dan Telkom 4, yang diperlukan adalah seperangkat parabola lengkap yang terdiri dari:
  1. Dish. Kalau kita beli sebuah dish, paket dish ini terdiri dari:
    • Dish
    • Baut rakit
    • Mounting
    • Tiang fokus
    Ingat ya, tiga perangkat diatas adalah satu paket dari pabriknya, kalau kurang salah satunya, anda harus memintanya dari toko tempat beli perangkat karena paket ini tidak dijual terpisah, jadi kalau kurang, anda akan susah mencarinya.

  2. Pipa tiang. Terdiri dari Sebuah pipa, klem, dan baut fisher/dynabolt. Kalau baut ketinggalan ditoko, kita bisa dengan mudah di toko bangunan.

  3. Lnb 2 biji jenis c-band, ini sudah satu paket terdiri dari:
    • 2 biji LNB
    • Scalaring 2 lubang
    • 1 Switch
    • 2 kabel rakit
    • baut rakit

  4. Kabel dan 2 konektor. Kabel ini biasanya panjangnya 15 atau 20 meter

  5. Receiver. Receiver ini ada beberapa merk, tetapi spesifikasinya bisa receiver mpeg 2, atau mpeg 4, atau HD
Itulah seperangkat parabola untuk menangkap 2 satelit yaitu satelit palapa dan telkom. Setelah semuanya lengkap, maka antena parabola siapa dipasang.

1. Merakit LNB
Pertama rakitlah lnb pada scalaringnya. Cara merakit 2 lnb ini tidak saya jabarkan dalam artikel ini karena sudah pernah saya tulis dalam artikel sebelumnya. Silahkan baca cara merakit 2 lnb.

2. Merakit Dish
Sebelum dirakit, dish ini terdiri dari 4 buah keping yang nantinya kalau digabung akan menjadi kesatuan yang bulat. 4 keping dish ini digabung satu per satu dan di baut. gambarnya seperti ini:

Tutor pasang parabola baru lengkap untuk pemula

Tutor pasang parabola baru lengkap untuk pemula

Tutor pasang parabola baru lengkap untuk pemula

Tutor pasang parabola baru lengkap untuk pemula

Kemudian pasang mountingnya. Cara memasangnya terserah sesuai selera, intinya posisi mounting dibawah dan kemudian dijepit dari atas dengan lempengan besi yang sudah ada dan kemudian dibaut dengan 4 buah baut.

Tutor pasang parabola baru lengkap untuk pemula


4 baut ini dikencangkan pakai kunci sampai kencang. Mengencangkan baut ini harus seimbang agar nantinya posisi tiang fokus bisa tegak ditengah. Dan kemudian dish siap dipasang.

3. Memasang Tiang
Pipa tiang ini umumnya berdiameter 2,75 inci dan panjangnya ada yang 1,2 meter dan 1,5 meter. Saya biasa pakai panjang 1,2 meter untuk parabola fixed dan 1,5 meter untuk parabola pakai penggerak.

Pemasangan tiang ini bisa dengan posisi tegak lurus dan juga bisa posisi miring. Untuk pemula usahakan pemasangan tiang dengan posisi tegak lurus karena trackingnya akan lebih mudah dibanding dengan pemasangan tiang posisi miring, karena posisi miring hanya dikarenakan lokasi tidak memungkinkan untuk pemasangan tiang dengan posisi tegak lurus.

Tiang parabola harus dipasang seerat mungkin sampai tidak bisa bergeser sedikitpun dari posisinya.

4. Memasang Kabel
Kabel ini ada yg sudah paketan dari pabriknya dengan ujung-ujung kabel sudah terpasang konektor dan ada juga yang masih potongan kabel bisa dengan ujung-ujungnya belum ada konektornya. Untuk yang ini, ujung kabel dipasang konektor terlebih dahulu.

Cara memasang konektor cukup mudah, yaitu dengan menguliti ujung kabel seperti ini:

Tutor pasang parabola baru lengkap untuk pemula

Kemudian pasang konektor dengan cara diputar. Yang harus diperhatikan adalah jangan sampai ada sehelaipun rambut kabel yang mercecer dan menyambung ke kawat tembaga bagian tengah. Jadilah seperti ini:

Tutor pasang parabola baru lengkap untuk pemula

5. Tracking
Untuk pemula, saya sangat merekomendasikan tracking menggunakan Receiver Mpeg2 biasa. Silahkan baca Alat Tracking Satelit. Sampai saat ini, receiver mpeg2 masih menduduki peringkat teratas dalam fast respons sinyal satelit sehingga sangat memudahkan tracker pemula.

Saat tracking kita tidak harus cek chanelnya satu per satu, melainkan cukup menggunakan beberapa chanel saja sebagai acuan. Untuk tracking palapa dan telkom kita bisa mengambil 1 chanel satelit palapa polaritas vertikal (rcti mpeg2), 1chanel satelit palapa polaritas horisontal (tvri nasional), 1 chanel satelit telkom polaritas horisontal (trans tv).

Tiga chanel tersebut silahkan diurutkan nomor 1, 2, dan 3. Ini bertujuan agar tracking lebih gampang. Setelah semuanya beres, maka tracking siap dilakukan.

Pertama kencangkan baut-bautnya agak kencang tapi masih bisa digerakkan kecuali pada baut setelan sudut deklenasi. Khusus setelan deklenasi harus dibuat longgar. Setelan deklenasi adalah seperti gambar dibawah ini:

Tutor pasang parabola baru lengkap untuk pemula

Kemudian posisikan dish tegak lurus (gambaran ini untuk wilayah jawa tengah) untuk wilayah lain bisa menyesuaikan. Seperti ini:

Tutor pasang parabola baru lengkap untuk pemula

Sambungkan ujung kabel dari lnb ke receiver, colokkan stop kontak listrik, kemudian nyalakan receiver. Setelah menyala, pindah ke chanel nomor 3 (chanel Trans tv) kemudian tekan info pada remot, maka tampilan panel depan akan menunjukkan prosentase kualitas sinyal.

Kemudian goyangkan dish ke utara dan ke selatan sambil melihat prosentase sinyal pada receiver. Kemudian geser sedikit ke timur, sedikit saja kira-kira 1 mili meter. setelah dimiringkan ke timur satu mili, goyang kembali dish ke utara selatan, kalau sinyal belum nongol juga, geser kembali 1 mili ke timur, kemudian goyang lagi ke utara selatan.

Kalau sudah pas ke satelit, maka sinyal alan muncul. Setelah sinyal muncul, maka tinggal memaksimalkannya.


Demikian tutor pasang parabola, selamat berjuang, semoga sukses.

Belum ada Komentar untuk "Tutor pasang parabola baru lengkap untuk pemula"

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel