Skip to main content
Kreasi Parabola

follow us

Cara Atasi Channel RCTI MNC Global Tv Tidak Mucul

Channel RCTI MNC Global Tv Tidak Mucul - Ada 4 channel dari mnc group yang mengudara lewat satelit palapa d, yaitu mnc tv, rcti, global tv, dan inews tv. Keempat channel ini mengudara dengan dua format, yaitu mpeg2 dan mpeg4. Semuanya masih menggunakan resolusi standard definition (SD).

Update:
Untuk sekarang chanel mnc tv, rcti, dan global tv sudah tidak bisa ditangkap menggunakan receiver biasa. Untuk bisa menikmati ketiga chanel ini harus menggunakan receiver khusus. Silahkan baca: Receiver Penayang MNC, RCTI, GTV

Untuk channel RCTI dan Global tv mpeg4 menempati slot frekuensi 3934 H 7200. Sedangkan channel Mnc tv dan Inews tv menempati slot frekuensi 3774 H 6500. Sementara untuk format mpeg2, keempat chanel ini menempati satu slot frekuensi yaitu berada pada frekuensi 4186 V 8800.

Keempat chanel ini bisa dinikmati secara FTA alias tanpa berlangganan baik format mpeg2 maupun mpeg4. Hanya saja posisi keempat chanel ini diacak. Acakannya tidak diaktifkan sehingga walaupun ada tanda dolarnya ($), chanel tetap cling.



Itulah sebabnya kenapa channel Rcti, Mnc tv, Global, dan inews tv tidak muncul kalau satelit palapa di scan secara FTA. Agar keempat chanel tersebut bisa muncul, mode pencarian otomatis harus posisi "semua" atau  "FTA/Acak".

Pada receiver mpeg2, mode pencarian "semua" bisa dilakukan karena satelit palapa tidak ada tv berlangganan dengan format mpeg2 sehingga semua chanel bisa dimunculkan. Lain halnya dengan receiver mpeg4 atau HD. Kalau pencarian otomatis menggunakan mode "semua", maka semua chanel akan masuk termasuk chanel berlangganan yang jumlahnya sangat banyak. Ini tentunya akan merepotkan karena harus menghapus chanel-cahnel berbayar yang sangat banyak.

Untuk receiver mpeg4 atau HD, mode pencarian bisa menggunakan mode FTA. Sedangkan untuk memunculkan channel RCTI, MNC, Global Tv, dan Inews tv kita bisa melakukannya secara manual. Tinggal kita pilih chanel yang akan kita masukkan. Bisa yang format mpeg4 ataupun format mpeg2.

Kalau penerimaan sinyal kita bagus, kita bisa memasukkan yang format mpeg4 karena gambarnya sedikit lebih halus. Kalau sinyal yang kita dapat kurang bagus, alangkah baiknya kita memasukkan yang berformat mpeg2 saja karena sinyal mpeg2 cukup besar dan stabil, sementara format mpeg4 sinyalnya pas-pasan saja dan terkadang ngedrop.

Pada receiver mpeg4 atau HD kita bisa melakukan blindscan medo FTA, Kemudian kita scn lagi secara manual dengan mode semua khusus pada frekuensi RCTI, MNC, Global Tv, dan Inews tv. Kita buka menu, kemudian instalasi, kemudian masuk pada dafrat transponder. Kita cari frekuensi 3934 H 7200 , 3774 H 6500 untuk format mpeg4 dan frekuensi 4186 V 8800 untuk format mpeg2. Kita scan satu per satu dengan mode semua.

NB:
Khusus pada receiver jenis K0S, chanel RCTI, MNC, Global Tv, dan Inews tv tatap masuk walaupun blindscan pada mode FTA.

Baca Artikel Lainnya:

Perhatian: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar