Cara Tracking Ulang Orange Tv Palapa d ke Telkom 3s

Tracking Ulang Orange Tv Palapa d ke Telkom 3s - Orange tv frekuensi ku-band yang semula dipancarkan melalui satelit palapa d, sekarang dipindahkan ke satelit telkom 3s. Para pelanggan setia orange tv tentunya juga harus merubah posisi parabolanya yang semula mengarah ke satelit palapa d dirubah arahnya ke satelit telkom 3s.

Untuk tracking ulang bisa meminta jasa teknisi setempat atau di tracking sendiri juga bisa karena sebenarnya cara tracking ulang ini cukup mudah. Yang perlu diperhatikan adalah dimana tempat tinggal anda berada. Karena indonesia ini luas dan arah satelit telkom 3s berbeda-beda untuk tiap wilayah.

Dalam tracking ulang parabola orange tv ini admin bagi wilayah indonesia menjadi 4 wilayah. Petanya ada pada gambar berikut ini:

Cara Tracking Ulang Orange Tv Palapa d ke Telkom 3s

Dari 4 wilayah ini, cara tracking ulangnya berbeda-beda. Sebelum memulai tracking ulang, sebaiknya baca dulu tentang bagaimana teknik tracking pada parabola mini di: Teknik Tracking Parabola Mini.

Untuk tracking ulang, pertama silahkan set frekuensi baru pada receiver. Karena frekuensi orange tv di sateit Palapa D tidak sama frekuensinya di Telkom 3S. Frekuensi terbaru orange tv di satelit telkom 3s bisa lihat di: Frekuensi terbaru orange tv di teklom 3s.

Dalam tracking ulang ini ada 2 hal yang harus dilakukan. Yaitu mengatur sudut azimuth dan sudut deklenasi. Agar bisa di set, silahkan kendorkan baut yang mengunci kedua sudut tersebut. Jangan terlalu kendor, cukup bisa digerakkan saja.
  • Wilayah 1. Parabola diputar dari tiang fokusnya. Memutarnya berlawanan arah jarum jam. Memutarnya dikira-kira saja. Jika sebelumnya posisi jam 12.00, putar berlawanan arah jarum jam kira-kira jam 10.30, Kemudian deklenasi dimurunkan sedikit kira pada bautnya sekitar 2 mili meter.
  • Wilayah 2. Azimuth diputar berlawanan arah jarum jam. Cuma disini sudut deklenasi bukan diturunkan melainkan dinaikkan.
  • Wilayah 3. Azimut diputar searah laju jarum jam. Sudut deklenasi diturunkan
  • Wilayah 4. Azimuth diputar searah laju jarum jam. Sudut deklenasi dinaikkan.
Putaran sudut azimuth dalam satu wilayah berbeda-beda. Jika posisinya dekat dari satelit, maka putaran azimuth agak banyak dan deklenasi sedikit. Sebaliknya jika posisi jauh dari satelit, maka putaran azimuth sedikit dan deklenasinya agak banyak.

Untuk arak konektor lnb tidak perlu dirubah dahulu karena jarak palapa d ke telkom 3s cukup dekat. Nanti kalau telkom 3s sudah lock, barulah konektor lnb di paskan sampai didapat sinyal maksimal.

Hasil tarcking dilokasi admin yaitu semarang didapat perbedaan sudut azimuth seperti ini:

Cara Tracking Ulang Orange Tv Palapa d ke Telkom 3s

Cara Tracking Ulang Orange Tv Palapa d ke Telkom 3s

Saat ini sinyal di satelit palapa d masih ada dan di telkom 3s juga sudah aktif. Silnyal masih lebih besar yang di palapa. Pada dish ukuran 80 cm, sinyal di satelit palapa d dapat 85%, sedangkan di satelit telkom dapat 80%.

6 Komentar untuk "Cara Tracking Ulang Orange Tv Palapa d ke Telkom 3s"

  1. salam mas admin...
    saya coba tracking orange tv telkom 3s dapat signal tapi tidak mau lock.. signal naik turun tidak stabil.. sudah saya sett azimuth elevasi dan lnb skew sesuai anjuran dishpointerrdotcom. apa memang frekuensi baru orange tidak dapat beamnya disini. lokasi saya di negara brunei. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan, asal trackingnya maksimal

      Hapus
    2. Saya juga di wilayah brunei juga gan
      Saya tracking dapet aora tv saja. Kira2 turun atau naik gan dari aora tv

      Hapus
    3. Telkom 3s memang beam indonesia. Mungkin harus pakai dish 80 cm agar lock

      Hapus
  2. Ma,af mas saya dari jawa barat tepat nya daerah ci amis kalau merubah arah dis menghadap kemana untuk mendapatkan telkom 3s buat pren tv

    BalasHapus
  3. Saya di komp. Bumilanggeng cileunyi gan arah parabolanya untuk chinasat 11, saya pake T21 samurai

    BalasHapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel