Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Parabola Dari Wajan Dapur untuk Tracking Ninmedia

Ninmedia adalah salah satu penyedia layanan tv menggunakan satelit. Chanelnya di dominasi chanel lokal nasional dan beberapa chanel menarik lainnya seperti movies, kartun, drama, dan lain-lain.

Ninmedia merupakan salah satu layanan tv gratis alias tidak berlangganan. Sinyalnya melimpah ruah se antero nusantara. Tak heran kalau sinyalnya dapat dilock dengan sangat mudah. Sinyalnya tidak hanya bisa di lock menggunakan parabola pabrikan, namun juga bisa di lock menggunakan benda yang melengkung atau cembung.

Benda yang paling mudah ditemukan untuk lock ninmedia adalah wajan dapur. Wajan ini tidak perlu di modif apapun karena bentuknya memang sudah cembung mirip antena parabola. Tinggal diberi penyangga lnb dan dudukan wajan agar wajan ini bisa digoyang untuk proses tracking.

Namun tidak semua wajan bisa untuk tracking ninmedia. Kalau wajannya terlalu kecil tentunya tidak bisa untuk men lock ninmedia. Kita bayangkan saja, parabola mini keluaran pabrik ukuran terkecil adalah diameter 45 cm. Parabola keluaran pabrik ini tentunya sinyalnya lebih besar daripada parabola wajan dengan ukuran yang sama.

Ini dikarenakan bentuk parabola offset (cembungnya) landai sehingga semua permukaan bisa memantulkan sinyal ke lnb. Sedangkan bentuk wajan dapur kecembungannya cukup curam sehingga bagian tepi wajan tidak bisa memantulkan sinyal ke lnb dengan sempurna.

Tingkat aman terendah untuk men lock ninmedia dengan wajan adalah wajan dengan diameter 45 cm, sama dengan ukuran terkecil parbola keluaran pabrik. Hasil tracking yang saya lakukan pada parabola pabikan 45 cm dapat 77 % dan parabola wajan dapur 45 cm dapat 63%. Hasil ini didapat pada waktu yang sama dan lokasi yang sama.

Baiklah langsung saja ke pemaparan membuat parabola dari wajan dapur untuk tracking ninmedia. Yang dibutuhkan adalah:
  • Wajan diameter 45 cm
  • Lnb ku-band. Bisa menggunakan lnb tipe fokus, kalau harganya mahal bisa pakai tipe offset yang sekarang harganya dibawah 40rb. Tapi harus di modif ke tipe fukus dulu. Caranya sangat mudah. Silahkan baca: Cara Modif Lnb tipe offset ke tipe fokus
  • Ember untuk dudukan wajan
  • Botol aqua bekas yang isi 600 ml, dan baut untuk membaut botol aqua ke wajan
  • Kabel dan konektor
  • Receiver mpeg4 / HD
Itulah bahan yang dibutuhkan untuk membuat parabola dari wajan. Pertama lubangi wajan persis ditengahnya dan lubangi juga botol aqua ditengahnya juga (bagian bawah).

Cara Membuat Parabola Dari Wajan Dapur

Kemudian pasang botol aqua tepat di tengah wajan dan dibaut pada lubang tadi. Kemudian Pasang lnb nya. Jarak Lnb ke dasar wajan adalah 13,8 cm. Ini jarak akurat yang admin dapat pada uji coba tracking dengan wajan diameter 45 cm. Gambar wajan yang sudah terpasang lnb seperti ini:

Cara Membuat Parabola Dari Wajan Dapur

Posisi lnb tepat ditengah wajan dan lurus kebawah. Kemudian pasang satu ujing kabel ke lnb dan ujung satunya ke receiver. Kemudian tumpangkan wajan ke ember dan wajan parabola siap di tracking.

Mentrackingnya berbeda dengan parabola offset karena wajan ini jenis parabola fokus. Mentrackingnya sama dengan parabola besar biasa, yaitu (konektor arah utara) karena konektor ini merupakan tanda polaritas vertikal. Berikut gambarnya:

Cara Membuat Parabola Dari Wajan Dapur

Berikut penampakan sinyalnya:

Cara Membuat Parabola Dari Wajan Dapur

Lebih jelasnya anda bisa menyaksikan tayangan video berikut ini:


Demikianlah artikel tentang parabola dari wajan untuk ninmedia satelit chinasat 11. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semua.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Parabola Dari Wajan Dapur untuk Tracking Ninmedia"

Berlangganan via Email