Cara Modif Lnb Ku-Band Tipe Offset Menjadi Tipe Fokus

Cara Modif Lnb Ku-Band Tipe Offset Menjadi Tipe Fokus - Sebuah lnb baik jenis c-band maupun ku-band ada yang tipe offset dan tipe fokus. Tipe offset diperuntukkan untuk parabola offset dan tipe fokus diperuntukkan untuk parabola fokus. Jika lnb offset dipasang pada parabola fokus, maka sinyal tidak begitu besar. Begitu juga lnb fokus jika dipasang pada parabola offset, maka sinyal juga tidak maksimal.

Semua lnb c-band yang ada dipasaran tipenya adalah lnb fokus. Jika lnb ini akan di pasang pada parabola offset, maka harus ditambah CSR (conical scalarring). Dan jika lnb ini akan dipasang pada parabola fokus, maka csr nya tinggal dilepas.

Berbeda dengan lnb ku-band. Dari pabirknya lnb ini sudah di paten yang tipe fokus hanya khusus untuk parabola fokus dan tipe offset khusus untuk parabola offset. Sampai saat ini, lnb ku-band tipe fokus harganya masih sangatlah mahal. Masih pakai angka ratusan ribu untuk satu bijinya. Sedangkan tipe offset harganya sangatlah murah, yaitu dibawah 40 ribu.

Untuk mengakalinya, lnb ku-band offset ini bisa dimodif menjadi tipe fokus. Cara modifnya bisa menggunakan dua cara. satu cara sangatlah mudah dan cara satunya agak sulit.

Cara pertama adalah dengan memotong csr nya. Ini sangat mudah karena kita tidak perlu bahan tambahan melainkan hanya memotong csr yang yang memang csr lnb ku-band offset ini menyambung dengan main body lnb nya. Memotongnya bisa pakai gerinda cutter atau gergaji besi. Bahan lnb ini dari alumunium cor. Yang dipotong adalah seperti gambar dibawah ini:

Cara Modif Lnb Ku-Band Tipe Offset Menjadi Tipe Fokus

Setelah csr dipotong, bok plastik  pembungkus bisa di pasang kembali. Ini untuk memudahkan dalam pemasangan lnb ke dish. Gambarnya seperti ini:

Cara Modif Lnb Ku-Band Tipe Offset Menjadi Tipe Fokus

Kira-kira seperti itu. Dengan memotong csr ini bisa meningkatkan sinyal lebih dari 10%. Kalau mau lebih bisa pakai car kedua, yaitu lubang lnb yang bawah disambung dengan pipa besi yang ukurannya sama dengan lubang lnb, yaitu diameter lubang dalam adalah 1,5 cm. Panjangnya juga tidah asal-asalan melainkan harus dengan perhitungan. Yaitu dari ujung jarum antena harus kelipatan dri 1,5 cm.

Dengan memotong csr nya saja sudah lumayan meningkatkan sinyal yang cukup signifikan. Bagi yang ingin lebih detail modif lnb offset ke fokus ini bisa lihat di video berikut ini, jangan lupa klik subscript kalau pemirsa menyukai videonya:


Demikianlah artikel tentang modifikasi lnb ku-band offset menjadi fokus. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya. Salam parabola.

Belum ada Komentar untuk "Cara Modif Lnb Ku-Band Tipe Offset Menjadi Tipe Fokus"

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel