Cara Modif Lnb Ku-Band Tipe Offset Menjadi Tipe Fokus

Cara Modif Lnb Ku-Band Tipe Offset Menjadi Tipe Fokus - Sebuah lnb baik jenis c-band ataupun ku-band ada yang offset dan ada yang fokus. Lnb offset digunakan untuk parabola tipe offset dan lnb fokus digunakan untuk parabola tipe fokus.

Jika lnb offset dipasang pada parabola fokus, maka sinyal tidak begitu besar. Begitu juga lnb fokus jika dipasang pada parabola offset, maka sinyal juga tidak maksimal.

Semua lnb c-band yang ada dipasaran tipenya adalah fokus. Jika lnb ini di pasang pada parabola offset, maka harus ditambah CSR (conical scalar ring). Dan jika lnb ini dipasang pada parabola fokus, maka csr nya tinggal dilepas.

Berbeda dengan lnb ku-band yang dari pabirknya memang sudah ada tipe offset dan tipe fokus. Yang tipe offset CSR nya sudah menyatu dengan lnb nya (tidak bisa dilepas). Sedangkan tipe fokus tidak ada CSR nya.

Harga lnb ku-band tipe fokus harganya jauh lebih mahal dari tipe offset. Ini karena bodi dan komponen yang digunakan berbeda (komponen dirancang lebih stabil).

Sama halnya lnb c-band yang high gain harganya juga lebih mahal dari yang model biasa. Sinyal yang didapat sama saja dengan lnb biasa namun lebih stabil dalam kondisi tertentu.

Bagi teknisi kreatif tentunya selalu ingin berinovasi dalam berbagai hal termasuk mengakali lnb ku-band tipe offset menjadi tipe fokus.

Merubah lnb ku-band offset menjadi fokus tidak bisa dengn memodif komponennya karena yang ada bukannya makin peka tetapi malah makin buruk.


Kita hanya bisa memodifnya hanya di bagian bodinya saja. Ada 2 cara yang bisa kita lakukan yaitu:
  1. Dengan memotong csr nya. Ini sangat mudah karena kita tidak perlu bahan tambahan melainkan hanya memotong csr yang memang csr lnb ku-band offset ini menyatu dengan main bodi lnb.

    Memotongnya bisa pakai gerinda cutter atau gergaji besi. Bahan lnb ini dari alumunium cor. Yang dipotong adalah seperti gambar dibawah ini:

    Cara Modif Lnb Ku-Band Tipe Offset Menjadi Tipe Fokus

    Setelah csr dipotong, box plastik bisa di pasang kembali. Ini untuk memudahkan dalam pemasangan lnb ke dish. Gambarnya seperti ini:

    Cara Modif Lnb Ku-Band Tipe Offset Menjadi Tipe Fokus



    Dengan memotong csr ini bisa meningkatkan sinyal lebih dari 10%. Tapi ingat, kalau sudah dipotong seperti ini sinyal akan berkurang dari biasanya jika dipasang pada parabola offset.

  2. Menyambung bagian bawah lnb dengan pipa besi yang diameternya sama dengan diameter lnb. Panjangnya juga tidah asal-asalan melainkan harus dengan perhitungan. Yaitu dari ujung jarum antena harus kelipatan dari 1,5 cm.

    Dengan menyambung pipa pralon besi ini kita tidak perlu membuang csr yang menempel pada lnb karena jika lubang lnb lebih panjang otomatis csr menjadi disfungsi.
Seperti itulah kira-kira cara memodif lnb ku-band tipe offset ke tipe fokus. Paling tidak dengan cara ini akan menaikkan sinyal yang lumayan lebih besar daripada tidak di modif.

Baca juga: Inilah Fungsi dan Manfaat CSR LNB

Demikianlah artikel tentang cara memodif lnb ku-band tipe offset menjadi tipe fokus. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Modif Lnb Ku-Band Tipe Offset Menjadi Tipe Fokus"

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel