Cara Flash Ulang Receiver Ninmedia Yang Kena Mode On

Cara Flash Ulang Receiver Ninmedia Yang Kena Mode On - Mode on adalah keadaan dimana sebauh receiver hanya menyala on saja pada panel layar depanya. Mode on terjadi karena software (sw) tidak sempurna sehingga receiver tidak dapat melanjutkan loading ke tahap selanjutnya. Ketidak sempurnaan sw ini bisa terjadi karena proses update sw yang tidak sampai finish atau karena salah memasukkan sw. Karena hal ini, receiver menjadi mode on dan bahkan ada yang sampai mati total tidak menyala.

Ninmedia sering melakukan update software (sw) nya memalui OTA. Bagi yang sudah paham tentang sw tentunya hal ini tidak ada masalah. Namun untuk pengguna ninmedia yang awam soal sw ini terkadang tidak tau proses OTA dan akhirnya meyebabkan sw tidak sempurna dan akhirnya menyebabhan mode on atau mati total.

Receiver mode on atau mati total karena kesalahan sw ini bisa disembuhkan dengan mengeflash ulang receiver. Eeprom memori atau flash memori di hapus total semua datanya dan kemudian di isi dengan yang baru. Pengeflashan ini bisa dilakuakn dengan dua cara, yaitu dengan flashing usb to rs232 dan bisa juga menggunakan ch341a. Untuk saat ini baru bisa dilakukan dengan ch341a karena yang usb to rs232, admin belum menemukan Uboot yang sesuai.

Langsung saja menuju cara flash ulang. Pertama kita butuh alat ch341a, komputer atau laptop, tool aplikasi untuk memasukkan sw ke memori, dan sw untuk upgrade. Tool/loader dan sw bisa download di link tabel berikut ini:

NamaKeteranganLink
AsProgrammerTool/Loader AplikasiDownload
Optus OP-88HD OracleSoftwareDownload
LGsat LG-101 OracleSoftwareDownload
Intra JupiterSoftwareDownload
Sky LBSSoftwareDownload
Tanaka Orion SkySoftwareDownload
Venus YarisSoftwareDownload
Penyambungan memori ke ch341a bisa menggunakan penjepit atau ic dilepas dan ditempelkan ke ch341a. Setelah semua beres, buka tool asprogrammernya. Kemudian cek posisi hardware apakah sudah benar di ch341a. Caranya klik menu hardware dan pastikan tanda titik berada di ch341a. Gambarnya seperti ini:

Cara Flash Ulang Receiver Ninmedia yang Mode On

Setelah posisi sudah benar, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara Flash Ulang Receiver Ninmedia yang Mode On

  1. Klik ikon yang ada gambar tanda tanya warna hijau. Ini untuk mendeteksi seri ic memori yang sedang kita flash. Setelah ikon tanda tanya kita klik maka akan muncul jendela tampilan seri ic memori. Dobel klik seri tersebut maka posisi 'IC:' Yang ada disebelah kiri terisi dengan seri tersebut.
    Cara Flash Ulang Receiver Ninmedia yang Mode On
    Jika ic memori tidak terdeteksi, maka bisa kita lakukan penentuan ic memori secara manual. Klik menu IC kemudian turun ke SPI, kemudian ke merk ic. Kalau tidak tau versinya kita bisa pakai seri sembarangan. Misalkan kita pilih gigadevice-memori pilih GD25q64 karena kita sedang mengeflash memori 68/8mb.
  2. Klik ikon yang ada gambar gemboknya. Ini untuk meng unprotek ic memori karena rata-rata ic memori receiver ninmedia di protek. Tunggu sampai done.
  3. Klik ikon yang ada tanda silangnya. Ini untuk menghapus data yang ada dalam memori. Tunggu sampai done.
  4. Buka sw yang akan dimasukkan ke ic memori
  5. Klik ikon yang ada tanda panah merahnya. Ini untuk memasukkan sw yang sudah kita buka tadi ke dalam memori. Tunggu sampai done. Biasanya memakan waktu sekitar 5 menit.
Setelah semua beres, kita pasang memori ke receiver dan nyalakan receiver. Receiver pun menyala. SW diatas adalah hasil dari dump receiver. Masih ada data dari receiver nya. Jadi setelah hidup proses on akan memakan waktu sekitar 5 menitan. Ini dikarenakan data receiver lama otomatis dihapus dan diisi dengan SMC ID receiver yang baru.

Proses lama ini hanya sekali saja, untuk kemudian sudah normal seperti biasa. Kecuali sw yang lgsat oracle itu datanya kosong dan loading bisa cepat. Semua tidak ada masalah, Sudah dites beberapa kali semuanya lancar.

Itulah artikel panduan cara flash ulang receiver ninmedia yang kena mode on. Kalu ada hal-hal yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

26 Komentar untuk "Cara Flash Ulang Receiver Ninmedia Yang Kena Mode On"

  1. eprom tidak ke detec gimana min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin sambungan kakinya kurang sip

      Hapus
    2. Aq flash pake jepit eprom min tapi ga kedetek

      Hapus
  2. waktu di unprotek kok lama ga muncul trus tulisan unprotek samar2 kenapa min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulisan memang samar. trus di info bawah muncul tulisan apa?

      Hapus
    2. programing memori...setelah klik unprotex brapa lama muncul proses berjalannya min

      Hapus
    3. sekitar 1 sampai 3 detik. Yg lama itu hanya proses memasukkan sw ke memori cz kapasitasnya 8 mb. Kl ada kuota lebih silahkan lihat: Cara Flash Ulang Receiver Ninmedia Rekomendasi

      Hapus
    4. apakah anti virus bisa mengganggu proses detec eprom min

      Hapus
    5. Tidak, kl loader sudah terbuka harusnya bisa. mungkin karena posisi dijepit sehingga ada komponen lain yg mempengaruhi

      Hapus
    6. ya min susah banget pake penjepit ga ke detek2...apa versi windows pengaruh antara versi 32 dengan 64

      Hapus
    7. Harusnya gak masalah. maksud saya kl ic masih menempel di mainboard receivernya kan kaki-kaki ic masih terhubung dengan komponen lain di mainboardnya sehingga menganggu

      Hapus
    8. dari tingkat suksesnya lebih bagus mana antara penjepit dengan test clip min

      Hapus
    9. Maaf sy blm pernah pakai keduanya. Selalu sy cabut ic nya dan blm pernah gagal

      Hapus
    10. ok makasih min atas semua jawabannya.sukses selalu ya

      Hapus
  3. Saya sudah sampai tahap 5 dan done, tapi pas di tes masih mata merah, pas proses terakhir makan waktu sampai 12 menit, kira2 apa yang salah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasusnya mata merah atau mode on? kl mata merah (hanya menyala merah) itu ada kemungkinan bukan sw nya yg rusak

      Hapus
    2. Kalo boleh tahu kira2 apanya yang rusak ya mas? Sama satu lagi untuk yang tanaka orion sky itu kasusnya setelah on tidak keluar angka hanya keluar titik titik sebelum on keluar tulisan boot itu kenapa ya mas?

      Hapus
    3. Coba di flash ulang dulu

      Hapus
  4. ch341a tu bli ap buat sndri bang?? klo buat gmn cra buatnya??

    BalasHapus
  5. Punya sy orionsky adaptor bisa nyala tapi gak ada gambarnya (di stb hanya ada angka 00:00 kemudian restart lagi, begitu terus menerus..kenapa ya Min..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek tegangan dari regulator atau mungkin sw nya salah

      Hapus
  6. Boleh tau min kira2 no id hilang gak, klau rx tanaka orion di hardfles pke ch431

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak. smc id tersimpan di chipset tersendiri

      Hapus
  7. Saya sudah ikuti tutorial di atas sampe selesai,untuk flash Tanaka Orion sky mode on.tapi hasilnya sama aja nggak ada perubahan tetap mode on. Kira" salahnya di mana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Habis di upgrade dinyalakan sekitar 10 menitan. kl tetap mode on berarti ada komponen yang bermasalah

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel