Cara Flash Ulang Receiver Ninmedia Yang Kena Mode On

Cara Flash Ulang Receiver Ninmedia Yang Kena Mode On - Mode on adalah keadaan dimana sebuah receiver tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Kondisinya hanya menyala on saja pada panel layar depan.

Mode on terjadi karena terdapat cacat atau korup pada firmware receiver sehingga receiver tidak dapat melanjutkan loading ke tahap selanjutnya yang ditandai dengan tulisan on pada panel depan.

Cacat sw ini bisa terjadi karena proses upgrade sw yang tidak sampai finish atau karena salah memasukkan sw. Karena hal ini, receiver menjadi mode on dan bahkan ada yang sampai mati total tidak menyala.

Upgrade SW Ninmedia

Ninmedia sering melakukan update software (sw) nya memalui OTA. Bagi yang sudah paham tentang sw tentunya hal ini tidak ada masalah.

Namun untuk pengguna ninmedia yang awam soal sw ini terkadang tidak tau proses OTA dan akhirnya meyebabkan sw tidak sempurna dan akhirnya menyebabhan mode on atau mati total.

Mengatasi Receiver Ninmedai Yang Mode ON

Receiver ninmedia yang mode on atau mati total karena kesalahan sw ini bisa disembuhkan dengan mengeflash ulang receiver. Ic eeprom memori atau flash memori di hapus total semua datanya dan kemudian di isi dengan yang baru.

Pengeflashan bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan flashing usb to rs232 dan bisa juga menggunakan ch341a. Untuk saat ini baru bisa dilakukan dengan ch341a karena yang usb to rs232, admin belum menemukan Uboot yang sesuai.

Cara Flash Receiver Ninmedia Yang Kena Mode ON

Untuk mengeflash receiver ninmedia dengan ch341a caranya cukup mudah. Pertama kita butuh alat ch341a, komputer atau laptop, tool aplikasi untuk memasukkan sw ke memori, dan sw untuk upgrade.

Penyambungan memori ke ch341a bisa menggunakan penjepit atau ic dilepas dan ditempelkan ke ch341a. Setelah semua beres, buka tool asprogrammernya. Kemudian cek posisi hardware apakah sudah benar di ch341a. Caranya klik menu hardware dan pastikan tanda titik berada di ch341a. Gambarnya seperti ini:

Flash Ulang Receiver Ninmedia Mode On

Setelah posisi sudah benar, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Flash Ulang Receiver Ninmedia Mode On
  1. Klik ikon yang ada gambar tanda tanya warna hijau. Ini untuk mendeteksi seri ic memori yang sedang kita flash. Setelah ikon tanda tanya kita klik maka akan muncul jendela tampilan seri ic memori. Dobel klik seri tersebut maka posisi 'IC:' Yang ada disebelah kiri terisi dengan seri tersebut.
    Flash Ulang Receiver Ninmedia Mode On

    Jika ic memori tidak terdeteksi, maka bisa kita lakukan penentuan ic memori secara manual. Klik menu IC kemudian turun ke SPI, kemudian ke merk ic. Kalau tidak tau versinya kita bisa pakai seri sembarangan. Misalkan kita pilih gigadevice-memori pilih GD25q64 karena kita sedang mengeflash memori 68/8mb.
  2. Klik ikon yang ada gambar gemboknya. Ini untuk meng unprotek ic memori karena rata-rata ic memori receiver ninmedia di protek. Tunggu sampai done.
  3. Klik ikon yang ada tanda silangnya. Ini untuk menghapus data yang ada dalam memori. Tunggu sampai done.
  4. Buka sw yang akan dimasukkan ke ic memori
  5. Klik ikon yang ada tanda panah merahnya. Ini untuk memasukkan sw yang sudah kita buka tadi ke dalam memori. Tunggu sampai done. Biasanya memakan waktu sekitar 5 menit.

Setelah semua beres, kita pasang memori ke receiver dan nyalakan receiver. Receiver pun menyala. SW diatas adalah hasil dari dump receiver. Masih ada data dari receiver nya. Jadi setelah hidup proses on akan memakan waktu sekitar 5 menitan. Ini dikarenakan data receiver lama otomatis dihapus dan diisi dengan SMC ID receiver yang baru.

Proses lama ini hanya sekali saja, untuk kemudian sudah normal seperti biasa. Kecuali sw yang lgsat oracle itu datanya kosong dan loading bisa cepat. Semua tidak ada masalah, Sudah dites beberapa kali semuanya lancar.

Itulah artikel panduan cara flash ulang receiver ninmedia yang kena mode on. Kalu ada hal-hal yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

27 komentar untuk "Cara Flash Ulang Receiver Ninmedia Yang Kena Mode On"

Comment Author Avatar
eprom tidak ke detec gimana min
Comment Author Avatar
Mungkin sambungan kakinya kurang sip
Comment Author Avatar
Aq flash pake jepit eprom min tapi ga kedetek
Comment Author Avatar
waktu di unprotek kok lama ga muncul trus tulisan unprotek samar2 kenapa min
Comment Author Avatar
Tulisan memang samar. trus di info bawah muncul tulisan apa?
Comment Author Avatar
programing memori...setelah klik unprotex brapa lama muncul proses berjalannya min
Comment Author Avatar
sekitar 1 sampai 3 detik. Yg lama itu hanya proses memasukkan sw ke memori cz kapasitasnya 8 mb. Kl ada kuota lebih silahkan lihat: Cara Flash Ulang Receiver Ninmedia Rekomendasi
Comment Author Avatar
apakah anti virus bisa mengganggu proses detec eprom min
Comment Author Avatar
Tidak, kl loader sudah terbuka harusnya bisa. mungkin karena posisi dijepit sehingga ada komponen lain yg mempengaruhi
Comment Author Avatar
ya min susah banget pake penjepit ga ke detek2...apa versi windows pengaruh antara versi 32 dengan 64
Comment Author Avatar
Harusnya gak masalah. maksud saya kl ic masih menempel di mainboard receivernya kan kaki-kaki ic masih terhubung dengan komponen lain di mainboardnya sehingga menganggu
Comment Author Avatar
dari tingkat suksesnya lebih bagus mana antara penjepit dengan test clip min
Comment Author Avatar
Maaf sy blm pernah pakai keduanya. Selalu sy cabut ic nya dan blm pernah gagal
Comment Author Avatar
ok makasih min atas semua jawabannya.sukses selalu ya
Comment Author Avatar
Saya sudah sampai tahap 5 dan done, tapi pas di tes masih mata merah, pas proses terakhir makan waktu sampai 12 menit, kira2 apa yang salah ya
Comment Author Avatar
Kasusnya mata merah atau mode on? kl mata merah (hanya menyala merah) itu ada kemungkinan bukan sw nya yg rusak
Comment Author Avatar
Kalo boleh tahu kira2 apanya yang rusak ya mas? Sama satu lagi untuk yang tanaka orion sky itu kasusnya setelah on tidak keluar angka hanya keluar titik titik sebelum on keluar tulisan boot itu kenapa ya mas?
Comment Author Avatar
Coba di flash ulang dulu
Comment Author Avatar
ch341a tu bli ap buat sndri bang?? klo buat gmn cra buatnya??
Comment Author Avatar
Punya sy orionsky adaptor bisa nyala tapi gak ada gambarnya (di stb hanya ada angka 00:00 kemudian restart lagi, begitu terus menerus..kenapa ya Min..?
Comment Author Avatar
Coba cek tegangan dari regulator atau mungkin sw nya salah
Comment Author Avatar
Boleh tau min kira2 no id hilang gak, klau rx tanaka orion di hardfles pke ch431
Comment Author Avatar
Tidak. smc id tersimpan di chipset tersendiri
Comment Author Avatar
Saya sudah ikuti tutorial di atas sampe selesai,untuk flash Tanaka Orion sky mode on.tapi hasilnya sama aja nggak ada perubahan tetap mode on. Kira" salahnya di mana ya ?
Comment Author Avatar
Habis di upgrade dinyalakan sekitar 10 menitan. kl tetap mode on berarti ada komponen yang bermasalah
Comment Author Avatar
kak aku ada tulisan Verification error on address: 00000300
gmna ya?
Comment Author Avatar
Mungkin sambungan ada yg gak nyambung