Cara Meminimalisir Parabola Mini dari Ganggun Hujan

Meminimalisir Parabola Mini dari Ganggun Hujan - Parabola mini memang sangatlah praktis, mudah dalam pemasangan, dan tidak memakan tempat. Namun ada satu kelemahan dari parabola mini ini. Yaitu karena parabola mini menggunakan frekuensi tinggi yaitu ku-band sehingga rentan oleh gangguan hujan. Baca juga: Parabola mini, 2 kelebihan dan 1 kekurangan.

Posisi satelit berada di angkasa yang sangat tinggi. Sedangkan hujan yang berasal dari gumpalan awan mendung berada di bawahnya satelit. Hujan memang hanya air setetes setetes, namun pas pertama hujan lebat tetesannya besar-besar. Dan kalau dikumpulkan dari tempat kita sampai ke mendungnya, maka hasilnya adalah air ini sangat tebal.

Jadi sinyal yang datang dari satelit tidak mampu menembus hujan ini karena frekuensi yang digunakan adalah frekuensi tinggi. Tidak ada jurus ampuh yang mampu menangani gangguan hujan ini. Walaupun begitu gangguan hujan bisa di minimalisir.

Untuk meminimalisir gangguan hujan ini yaitu dengan memaksimalkan tracking. Dengan tracking maksimal, titik fokus dari dish akan tepat sasaran ke titik lnb sehingga jika sinyal dari satelit hilang sama sekali, parabola tidak menerima sinyal. Namun kalau sinyal sudah datang walaupun sangat lemah karena hujan masih turun, parabola sudah bisa menlock sinyal tersebut.

Untuk memaksimalkan tracking pada parabola mini, kita harus menemukan dua titik akurat. Pertama pada titik azimuth (putaran dish dari tiangnya) dan yang keduan titik akurat arah konektor (polaritas). Untuk menemukan dua titik ini caranya cukup mudah, yaitu dengan melakukan hal-hal berikut:
  1. Titik Azimuth.
    Titik ini adalah titik tepatnya sinyal pantulan dari dish ke lnb. Untuk medapatkan titik ini caranya cukup mudah. Parabola kan sudah menlock sinyal. Kita putar sedikit ke kiri sampai sinyal turun. Kemudian kita putar ke kanan sampai sinyal turun. Diantara dua titik turun sinyal inilah titik akurat sudut azimuth. Tentunya harus menggunakan perasaan sampai benar-benar tepat.

    Meminimalisir Parabola Mini dari Ganggun Hujan


  2. Titik Arah Koektor.
    Untuk menemukan titik maksimal konektor, Kita bisa memutar lnb nya. Ketika kita putar sedikit-sedikit itu kan sinyal masih tetap ada. Misalkan sinyal yang didapat 80%. Kita putar saja lnb ini pelan-pelan sampai sinyal turun dari 80%.  misalkan turun jadi 77%. Nah di titik itu kita ingat-ingat. kemudian kita putar lagi ke arah sebaliknya. Sinyal kembali lagi ke 80%. Kita putar terus sampai sinyal turun. Kalau sudah begitu kita posisikan arah konektor lnb diantara dua titik turun sinyal tadi. Disitulah titik akurat arah konektor.

    Meminimalisir Parabola Mini dari Ganggun Hujan

Untuk besaran ukuran dish memang bisa berpengaruh, namun yang paling utama adalah akuratnya tracking. Ini sudah admin buktikan. Pada dish besar yang tracking kurang maksimal sedikit saja, dibanding dish yang lebih kecil dengan tracking maksimal, sinyal sudah hilang pada dish besar padahal pada dish yang lebih kecil masih mendapatkan sinyal.

Kalau dish besar dan dish kecil yang trackingnya sama-sama maksimal tentunya sinyal akan lebih cepat hilang dish yang lebih kecil. Demikianlah artikel meminimalisir parabola mini dari ganggun hujan, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Meminimalisir Parabola Mini dari Ganggun Hujan"

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel