Cara Mengarahkan Polaritas LNB C-Band pada Dish Offset

Cara Mengarahkan Polaritas LNB C-Band pada Dish Offset - Dish offset atau orang awam menyebutnya parabola mini memang identik dengan lnb ku-band. Pasalnya dish ini terlalu kecil untuk menembak frekuensi c-band. Sebagaimana dish besar, dish offset juga ada beberapa ukuran. Mulai diameter 45 cm, 60 cm, 75 cm, 80 cm, dan 100 cm. Ada juga ukuran 120 cm dan ukuran 6 feet dan mungkin ukuran lainnya namun jarang ditemukan.

Yang sinyalnya stabil dan bisa untuk lnb c-band adalah minimal berukuran 100 cm. Ukuran ini juga mudah ditemukan. Biasanya dish ini untuk menembak satelit Thaicom, Apstar 6, dan Intelsat 19. Tentu saja tujuannya adalah chanel yang menayangkan acara sport terutama siaran langsung sepakbola.

Pada lnb ku-band, arah konektornya menyamping. Ini digunakan sebagai tanda kalau arah konektor ini merupakan arah polaritas vertikal. Sedangkan pada lnb c-band arah konektornya tidak menyamping melainkan ke arah atas. Memang tanda polaritas di lnb c-band tidak menggunakan arah konektor ini melainkan menggunakan tanda garis garis derajat yang ada di bagian atas lnb.

Garis 0 derajat yang ada pada lnb c-band adalah penunjuk polaritas horisontal. Pada dish besar, garis 0 derajat diarahkan ke timur atau barat sebagai arah polaritas horisontal. Baik pemasangan dimanapun, 0 derajat harus lurus ke arah timur atau barat. Lain halnya pada pemasangan dish offset, arah 0 derajat bisa berbeda-beda sesuai satelit yang ditembak dan daerah atau lokasi pemasangan parabolanya.

Mungkin kita sudah hafal untuk arah konektor pada lnb ku-band. Untuk c-band garis 0 derajat posisinya harus berlawanan dengan arah konektor lnb ku-band. Oleh karena itu untuk mempermudah mengarahkan polaritas lnb c-band, kita bisa membuat garis yang berseberangan dengan garis 0 derajat. Gambarnya seperti ini:

Cara Mengarahkan Polaritas LNB C-Band pada Dish Offset

Garis ini bisa kita jadikan patokan arah yang arah garis berseberangan dengan garis 0 derajat ini sama dengan arah konektor padan lnb ku-band. Bagi yang kurang jelas tentang arah konektor ini bisa simak video di chanel najwa tehnik.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengarahkan Polaritas LNB C-Band pada Dish Offset"

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel