Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengarahkan Polaritas LNB C-Band pada Dish Offset

Cara Mengarahkan Polaritas LNB C-Band pada Dish Offset - Dish offset atau secara umum disebut parabola mini memang identik dengan lnb ku-band. Pasalnya dish ini terlalu kecil untuk menembak frekuensi c-band.

Sebagaimana dish besar, dish offset juga ada beberapa ukuran. Mulai diameter 45 cm, 60 cm, 75 cm, 80 cm, dan 100 cm. Ada juga ukuran 120 cm dan ukuran 6 feet dan mungkin ukuran lainnya namun jarang ditemukan.

Untuk pemasangan lnb c-band, minimal menggunakan dish 80 cm. Yang lebih stabil menggunakan ukuran 100 cm. Ukuran 80 cm mudah ditemukan. Rata-rata pay tv seperti indovision, big tv, aora tv, dan beberapa pay tv lain menggunakan ukuran ini. Sedangkan transvision dan telkomvision menggunakan ukuran 100 cm.

Arah Konektor Lnb

Pada lnb ku-band, patokan polaritas vertikal ditunjukkan dengan arah konektor karena arah konektornya menyamping. Dan memang lebih mudah menggunakan konektor ini sebagai acuan karena parabola offset arah polaritasnya berbeda-beda.

Sedangkan pada lnb c-band arah konektornya tidak menyamping melainkan ke arah atas. Memang acuan polaritas pada lnb c-band tidak menggunakan arah konektor ini melainkan menggunakan tanda garis garis derajat yang ada di bagian atas lnb. Ini karena lnb c-band diperuntukkan parabola fokus dimana posisi garis 0 derajat pada lnb harus mengarah ke barat atau timur.

Mengarahkan Polaritas Lnb C-Band Dish Offset

Garis 0 derajat yang ada pada lnb c-band tetap menjadi acuan arah polaritas jika dipasang pada parabola offset. Hanya saja posisinya tidak mengarah ke barat atau timur melainkan bisa berbeda-beda sesuai daerah pemasangan dan satelit yang dituju.

Mungkin kita sudah hafal untuk arah konektor pada lnb ku-band. Untuk c-band garis 0 derajat posisinya berlawanan dengan arah konektor lnb ku-band. Ini karena 0 derajat adalah polaritas horisontal sedangkan konektor lnb ku-band adalah polaritas vertikal.

Oleh karena itu, untuk mempermudah mengarahkan polaritas lnb c-band pada dish offset, kita bisa membuat garis yang berseberangan dengan garis 0 derajat. Gambarnya seperti ini:

Mengarahkan Polaritas LNB C-Band pada Dish Offset

Garis ini bisa kita jadikan patokan dimana arah garis ini sama dengan arah konektor padan lnb ku-band.


Demikianlah artikel tentang cara mengarahkan polaritas lnb c-band yang dipasang pada parabola atau dish offset. Semoga bermanfaat

2 komentar untuk "Cara Mengarahkan Polaritas LNB C-Band pada Dish Offset"

  1. untuk kedalaman lnb gimana mas untuk satelit telkom 4 dengan dish telkomvision

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dish offset ini rekomended nembak frekuensi tertentu. jadi kedalaman bisa beda2 sesuai frekuensi yg kita tuju. Karena 1 frekuensi bisa bagus, frekuensi lain yang tadinya bagus bisa turun sinyalnya (jadi antar frekuensi bisa tarik2an, yg satu minta gak terlalu dalam dan satunya minta agak dalam). Misal nembak frekuensi nex parabola ya maksimalkan frekuensi 4180.

      Hapus

Berlangganan Blog