Cara Atasi Mode On atau Mata Merah Receiver Garmedia

Cara Atasi Mode On atau Mata Merah Receiver Garmedia - Entah kenapa receiver garmedia rekomendasi (Gardiner G-88HD Ottimo, Optus OP-66HD, dan LGsat LG-101 Stars) banyak yang mengalami mode on atau mata merah. Apakah receiver rekomendasi lain tidak pada mode on? Tentunya ada juga yang mode on tapi tak sebanyak garmedia rekomendasi.

Kasus mode on pada receiver garmedia rekomendasi juga berbeda dengan mode on nya receiver rekomendasi merk lain. Kalau receiver rekomendasi merk lain mode on terjadi karena ada masalah di sw nya sehingga kalau di flash ulang, maka receiver akan sembuh. Kalau di garmedia, mode on terjadi karena chipset prosesornya rusak. Biarpun di flash ulang berkali-kali tetap saja masih mode on.

Kebanyakan kasus mode on receiver garmedia tidak terjadi serta merta langsung mode on, melainkan receiver sangat panas, kemudian hank (heng/berhenti/stuck). Kalau dimatikan dan sudah dingin, dinyalakan kadang bisa nyala lagi, heng lagi, lama-lama hanya menyala on besar, kemudian on kecil dan hanya stuck/berhenti di on kecil tak berubah lagi.

Tutor pada artikel ini bukan untuk menyembuhkan receiver garmedia yang terekena mode on melainkan menyelamatkan chipset memori agar tetap bisa digunakan. Karena sudah saya sebut diatas kalau IC prosesor sudah rusak. Kalau sudah rusak ya tidak bisa hidup lagi. Tetapi ic memori masih hidup normal dan ini masih bisa kita selamatkan. Ic memori ini ada 2 yaitu memori eeprom dan memori smartcard / smc id.

Caranya adalah dengan mencabut IC memori eeprom dan IC SmartCard dan menempelkannya ke mainboard merk lain yang masih normal. Hal ini merupakan alternatif yang bisa kita lakukan mengingat harga receiver garmedia sekarang cukup mahal. Dan kita bisa memanfaatkan receiver dengan harga yang lebih murah, misalnya matrix sinema dus hitam.

Sebagai contoh perhitungannya:
Misalnya receiver garmedia dulu harganya sekitar 230 ribu + voucher 50 ribu = 280 ribu. Paling mudah adalah kita menggunakan matrix sinema dus hitam. Harganya 175 ribu. Dengan modal 175 ribu kita bisa menyelamatkan receiver seharga 280 ribu. Kita masih untung 105 ribu. Plus kita masih dapat remot baru dan psu (power supply). Tentunya keuntungan kita diatas 105 ribu.

Belum lagi kalau di hitung seandainya kita membeli receiver garmedia sekarang yang harganya hampir menyentuh 300 ribu belum termasuk voucher. Dan pengalaman saya matrix sinema kualitas komponennya lebih bagus. Tentunya matrix sinema yang sudah  kita sulap menjadi garmedia akan lebih awet.

Oke segera di eksekusi. Mungkin saja ada receiver chipset ali m3510c selain matrix sinema dus hitam yang sudah dilengkapi dengan slot ic smartcard. Namun pada kali ini saya menggunakan matrix sinema dus hitam. Kalau dus ungu jelas tidak bisa digunakan karena dus ungu menggunakan chipset guoxin.

Pertama kita lepas ic eeprom memori dan ic smartcard miliknya matrix simena. Kemudian kita lepas ic eeprom memori dan ic smartcard miliknya garmedia dan kita tempelkan ke mainboard matrix sinema dus hitam. Gambarnya seperti ini:

Memindahkan memori receiver garmedia

Caranya memang cukup seperti itu. Yang penting posisi pemasangan ic memori harus pas. Maksudnya kaki ic nomor 1 harus dipasang pada letak nomor 1. Kaki nomor 1 ditandai dengan lubang kecil yang ada pada ic. Jika posisinya salah, maka ketika dinyalakan akan langsung berasap karena arus suplai nya kebalik dan ic langsung mati.

Tetapi kalau posisinya benar, maka receiver langsung bisa hidup normal. Chanel ftv nya k-vision bisa langsung terbuka. Tidak perlu dipairing ulang karena antara smardcard dan stb sudah cocok.

Informasi Smartcard Garmedia

SC&STB Match di tandai dengan angka 1 yang artinya cocok (yes). Jika tidak cocok ditandai dengan angka 0 (no).

Demikianlah artikel tentang bagaimana mengatasi mode on pada receiver garmedia rekomendasi. Semoga bermanfaat.

7 Komentar untuk "Cara Atasi Mode On atau Mata Merah Receiver Garmedia"

  1. berarti masing2 receiver di copot 2 ic ya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Ic eeprom dan ic smc id nya sinema ditukar dengan garmedia. Di shopee masih ada beberapa lapak yg jual sinema dus hitam

      Hapus
    2. kalo misal cuma ic smc id yang di tukar bisa ga min

      Hapus
    3. Gak bisa. smc id garmedia gak bisa aktif dengan sw sinema. smc id sinema gak bisa aktif di sw garmedia. Nyawa chanel ftv ada di smc id nya.

      ic smc id dan ic eeprom sudah satu set terpairing. Jika ic eeprom diganti dengan ic lain yg yg sama2 berukapasitas 8mb yg sudah di flash ulang dengan sw yg sesuai, maka SC&STB Match akan 0 (tidak cocok) dan harus minta pairing ulang ke pihak providernya.

      Hapus
    4. Rx optus sdh di flash berulang ganti sw tetep ga mau idup pdhal psu normal dan chipset cm anget gimana solusinya min

      Hapus
    5. kalo di ganti dengan eprom winbond bisa ya mas yg sama2 ukuran 8mb

      Hapus
    6. Bisa, tapi nantinya sc&stb match tidak sinkron

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel