Cara Atasi Mode On Receiver GOL Garmedia Versi Old

Cara Atasi Mode On Receiver Garmedia - Entah kenapa receiver garmedia rekomendasi (Gardiner G-88HD Ottimo, Optus OP-66HD, dan LGsat LG-101 Stars) versi old banyak yang mengalami mode on atau mata merah. Apakah receiver rekomendasi lain tidak pada mode on? Tentunya ada juga yang mode on tapi tak sebanyak gol garmedia versi old.

Kasus mode on pada receiver gol garmedia model lama terjadi karena 2 hal yaitu:
  1. Karena gagal update ota. 
  2. Karena mainboard rusak.
Jika penyebabnya adalah karena gagal upgrade ota, maka obatnya harus di flash ulang. Cara flash ulang sama seperti meng-flash ulang receiver lainnya. Yaitu dengan alat usb to rs232, usb to ttl, atau CH341A.

Baca juga:
Jika penyebabnya karena mainboard rusak, maka receiver gol garmedia versi old ini masih bisa diselamatkan smc id nya. Karena yang paling penting di receiver rekomendasi adalah smc id.


Tutor pada artikel ini adalah penyembuhan mode karena hardware rusak. Kerusakan paling banyak terjadi di main prosesornya. Prosesor gol garmedian versi lod menggunakan chipset ali m3510c.

  1. Ciri-ciri Rusak Hardwarenya
    • Main Prosesor Panas Berlebih
      Dinyalakan sebentar saja heatsink pada prosesor langsung panas. Panasnya menyengat kalau dipegang.
    • Tulisan Mode ON Kecil
      Seperti kita ketahui kala receiver gol garmedia versi old ketika dinyalakan display panel depan akan menyala ON (besar). Setelah beberapa saat tulisan on berubah menjadi kecil. Umumnya kerusakan mainboard ini bertahap. Mula-mula bisa menyala normal agak lama dan tiba-tiba heng.

      Makin lama makin cepat heng nya. Sampai pada akhirnya hamnya mampu tulisan on kecil pada displai panel depan dan tidak bisa melanjutkan ke proses booting selanjutnya.

  2. Cara Mengatasinya
  3. Kalau pada receiver biasa yang kita lakukan tentu membuangnya. Tapi kalau kasusnya pada receiver gol garmedia tentu sayang kalau dibuang karena harganya mahal.

    Oleh karena itu kita masih bisa menyelamatkan SMC ID nya karena smc id inilah yang kita butuhkan untuk bisa membuak chanel premiumnya k-vision.

    Caranya kita ambil ic smc id yang ada di mainboard rusak tadi dan kita pasang ke mainboard yang masih normal. Ini merupakan alternatif yang bisa kita lakukan mengingat harga receiver garmedia sekarang cukup mahal.

    Untuk mainboardnya kita bisa memanfaatkan mainboard receiver yang lebih murah seperti matrix sinema dus hitam atau matrix garuda biru.

    Berikut proses pemindahan smc id
    • Pertama kita lepas ic eeprom memori dan ic smc id pada mainboard gol garmedia old yang rusak
    • Kemudian kita lepas ic eeprom memori dan ic smc id pada mainboardmatrix sinema dus ungu atau matrix garuda biru


    • Kita pasang ic smc id dan eeprom memory garmedia ke lokasi smc id dan eeprom memory mainboard yang normal. 


Caranya memang cukup seperti itu. Tanpa di flash ulang atau lainnya. Dinyalakan langsung meyala normal dan chanel ftv nya langsung cling. Tidak perlu dipairing ulang karena antara smc id dan eeprom stb sudah cocok.

Atasi Mode On atau Mata Merah Receiver Garmedia

SC&STB Match di tandai dengan angka 1 yang artinya cocok (yes). Jika tidak cocok ditandai dengan angka 0 (nol). Demikianlah artikel tentang bagaimana mengatasi mode on pada receiver garmedia rekomendasi yang disebabkan rusaknya hardware. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:

9 Komentar untuk "Cara Atasi Mode On Receiver GOL Garmedia Versi Old"

  1. berarti masing2 receiver di copot 2 ic ya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Ic eeprom dan ic smc id nya sinema ditukar dengan garmedia. Di shopee masih ada beberapa lapak yg jual sinema dus hitam

      Hapus
    2. kalo misal cuma ic smc id yang di tukar bisa ga min

      Hapus
    3. Gak bisa. smc id garmedia gak bisa aktif dengan sw sinema. smc id sinema gak bisa aktif di sw garmedia. Nyawa chanel ftv ada di smc id nya.

      ic smc id dan ic eeprom sudah satu set terpairing. Jika ic eeprom diganti dengan ic lain yg yg sama2 berukapasitas 8mb yg sudah di flash ulang dengan sw yg sesuai, maka SC&STB Match akan 0 (tidak cocok) dan harus minta pairing ulang ke pihak providernya.

      Hapus
    4. Rx optus sdh di flash berulang ganti sw tetep ga mau idup pdhal psu normal dan chipset cm anget gimana solusinya min

      Hapus
    5. kalo di ganti dengan eprom winbond bisa ya mas yg sama2 ukuran 8mb

      Hapus
    6. Bisa, tapi nantinya sc&stb match tidak sinkron

      Hapus
  2. Ohin masukannya mas , STB ID GARDINER OTTIMO OL punya saya cuma keluar FFFFFFFFFFFF. Awalanya mode on lalu saya flash ulang dan hasilnya seperti itu . STB ID FFFFFFFFFFF. mohin solusinya mas . Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf untuk kasus tsb sy belum pernah mengalami. Dengar2 banyak kasus seperti itu baik di gol old dan new. Kl di matrix garuda dan nex parabola solusinya di pairing ulang. Coba di pairing ulang mungkin bisa sembuh

      Hapus
Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel