Beam Transvision Ku-band Satelit Measat 3B

Beam Transvision Ku-band Satelit Measat 3B - Setelah provider tv berlangganan transvision mengeluarkan receiver transvision nusantara hd, maka lengkaplah sudah tiga perusahaan stasiun tv besar di indonesia mengeluarkan receiver rekomendasi dengan tayangan chanel nasional lengkap.

Sebelumnya memang sudah ada receiver transvision nusantara sd yang harganya merakyat, sayangnya gambarnya kurang jernih karena tidak menggunakan teknologi hdmi.

Bagi yang belum tau berikut tiga perusahaan besar dan receiver yang dimaksud:
  1. MNC Group -  Receiver Transvision Nusantara HD
  2. Emtek Group - Receiver Nex Parabola
  3. Trans Group -  Receiver K Vision
Kini ketiga pay tv tersebut berlomba-lomba merebut hati masyarakat dengan memaksimalkan pelayanan dan menonjolkan keunggulan masing-masing.

Ketiganya sudah mengudara di dua frekuensi yaitu frekuensi c-band dan ku-band, di c-band ketiganya sama-sama mengudara di satelit telkom 4. Sedangkan di frekuensi ku-band transvision memilih satelit measat 3b sebagai jalur mentransmisikan siarannya.

Beam Transvision Satelit Measat 3A

Frekuensi ku-band memang beresiko terjadi gangguan saat terjadi hujan lebat. Namun ternyata beam trasvision satelit measat 3b paling merata se indonesia daripada beam k-vision dan nex parabola. Berikut beam transvision satelit measat 3b:

Peta Beam Transvision Satelit Measat 3B

Dari gambar diatas dapat dilihat kalau beam transvision lebih merata daripada k-vision dan nex parabola. Walaupun sasaran utama tetap pulau jawa, sumatra dan bali, namun untuk wilayah lain beamnya juga lumayan kuat.

Baca juga:

Rekomendasi Ukuran Dish

Pada peta diatas terlihat kalau pancaran sinyal frekuensi ku-band transvision tidak merata di seluruh wilayah indonesia. Terdapat 3 spot beam yang berbeda dari sinyal yang paling kuat, sedang, dan kuang kuat.

Berikut rekomendasi dish yang digunakan untuk masing-masing spot beam:

Beam Rekomendasi dimeter dish
Beam 1 48 cm
Beam 2 55 cm
Beam 3 65 cm

Itu adalah rekomendasi untuk diameter dish yang digunakan. Keadaan di lapangan bisa berbeda. Contohnya di daerah saya  menggunakan dish 45 cm saja sinyalnya sudah cukup besar. Namun untuk lebih stabilnya bisa menggunakan dish 60 cm atau lebih besar.

Paket perangkat ODU dari transvisionnya sendiri malah menggunakan dish 100 cm. Tentunya agar lebih stabil sinyalnya saat terjadi hujan lebat.

Demikianlah artikel tentang beam transvision ku-band satelit measat 3b. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Beam Transvision Ku-band Satelit Measat 3B"