Beam K Vision Ku Band Satelit Measat 3A

Beam K Vision Ku Band Satelit Measat 3A - Setelah k vision di akuisisi oleh mnc group dan channel mnc tv, rcti, dan gtv, provider tv berlangganan k vision tiba-tiba menjadi ramai dan banyak peminatnya. Permintaan paling banyak adalah yang di frekeunsi ku-band satelit satelit measat 3a.

Sebagian teknisi memamerkan hasil tracking dengan dish kecil 45 cm dengan perolehan sinyal yang melimpah. Bahkan menggunakan alat seadanya seperti wajan atau tutup kipas saja sinyal sudah bisa di lock. Sementara sebagian teknisi agak kesusahan menlock satelit measat 3a dengan dish 45 cm.

Beam K Vision Ku Band Satelit Measat 3A

Sebenarnya bukan masalah kemahiran mentracking satelit namun memang spot beam atau pancaran sinyal k vision dari satelit measat 3a ini beda-beda untuk tiap daerah.

Kalau untuk wilayah jawa, sumatra, bali sampai timor leste sinyalnya memang sangat besar, namun untuk daerah lain sinyalnya tidak terlalu besar. Berikut gambar beam k vision satelit measat 3a:

Beam K Vision Ku Band Satelit Measat 3A
Beam K Vision Ku Band Satelit Measat 3A

Dari gambar diatas dapat dilihat kalau pancaran sinyal dari satelit tidak merata, melainkan ada yang kuat dan ada yang kurang kuat. Kalau dapat sinyal yang kuat tentunya bisa menggunakan dish diameter kecil. Namun untuk daerah yang sinyalnya kurang kuat tentunya membutuhkan dish yang diameternya lebih lebar.

Rekomendasi Diameter Dish Untuk K Vision Ku Band

Berikut tabel rekomendasi diameter dish dari wilayah sinyal paling kuat sampai wilayah yang kurang kuat.

BeamRekomendasi Diameter Dish
Wilayah 145 cm
Wilayah 248 mc
Wilayah 350 cm
Wilayah 455 cm
Wilayah 560 cm
Wilayah 665 cm
Wilayah 770 cm
Wilayah 885 cm

Data tabel diatas hanya rekomendasi. Artinya paling tidak berukuran segitu. Lebih lebar lebih baik mengingat frekuensi rentan terhadap gangguan cuaca.

Rekomendasi diameter diatas juga hanya sebatas teori sistem karena tiap-tiap frekuensi transponder memiliki kekuatan sinyal yang berbeda, Namun paling tidak rekomendasi diameter diatas sangat mendekati realnya.

Seperti itulah spot beam untuk wilayah indonesia dari satelit measat 3a. Hal ini perlu kita pahami agar kita menggunakan dish parabola dengan diameter yang sesuai.

Posting Komentar untuk "Beam K Vision Ku Band Satelit Measat 3A"