Beam K-vision Garmedia Satelit Measat 3A

Beam K-vision Garmedia Satelit Measat 3A - Setelah mendapat hak siar chanel mnc tv rcti dan gtv, provider tv berlangganan k-vision tiba-tiba menjadi ramai dan banyak peminatnya. Permintaan paling banyak adalah garmedia frekeunsi ku-band dari satelit satelit measat 3a.

Sebagian teknisi memamerkan hasil tracking dengan dish kecil 45 cm dengan perolehan sinyal yang melimpah. Bahkan menggunakan alat seadanya seperti wajan atau tutup kipas saja sinyal sudah bisa di lock. Sementara sebagian teknisi agak kesusahan menlock satelit measat 3a dengan dish 45 cm.

Sebenarnya bukan masalah kemahiran mentracking satelit namun memang spot beam atau pancaran sinyal garmedia dari satelit measat 3a ini bisa beda-beda untuk tiap daerah.

Kalau untuk wilayah jawa, sumatra, bali sampai timor leste sinyalnya memang sangat besar, namun untuk daerah lain sinyalnya tidak terlalu besar. Berikut gambar beam satelit measat 3a untuk spot beam indonesia:

Spot Beam Satelit Measat 3a Untuk Wilayah Indonesia

Dari gambar diatas dapat dilihat kalau pancaran sinyal dari satelit tidak merata, melainkan ada yang kuata dan ada yang kurang kuat. Kalau dapat sinyal yang kuat tentunya bisa menggunakan dish diameter kecil. Namun untuk daerah yang sinyalnya kurang kuat tentunya membutuhkan dish yang diameternya lebih lebar.

Berikut tabel rekomendasi diameter dish dari wilayah sinyal paling kuat sampai wilayah yang kurang kuat.

Beam Rekomendasi Diameter Dish
Wilayah 1 45 cm
Wilayah 2 48 mc
Wilayah 3 50 cm
Wilayah 4 55 cm
Wilayah 5 60 cm
Wilayah 6 65 cm
Wilayah 7 70 cm
Wilayah 8 85 cm
Data tabel diatas hanya rekomendasi. Artinya paling tidak berukuran segitu. Lebih lebar lebih baik mengingat frekuensi rentan terhadap gangguan cuaca.

Baca Juga:
Rekomendasi diameter diatas juga hanya sebatas teori sistem karena tiap-tiap frekuensi transponder memiliki kekuatan sinyal yang berbeda, Namun paling tidak rekomendasi diameter diatas sangat mendekati realnya.

Seperti itulah spot beam untuk wilayah indonesia dari satelit measat 3a. Hal ini perlu kita pahami agar kita menggunakan dish parabola dengan diameter yang sesuai.

Belum ada Komentar untuk "Beam K-vision Garmedia Satelit Measat 3A"

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel