Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Off kan Upgrade OTA Receiver Nex Parabola

Cara Off kan Upgrade OTA Receiver Nex Parabola - Receiver nex parabola baik dus kuning maupun dus merah memiliki fitur Upgrade OTA dan Upgrade super ota. Upgrade OTA berisi upgrade sw dan upgrade super ota adalah upgrade user db/list chanel

Upgrade OTA adalah upgrade sw dimana sw ini di uplink dari server ke satelit dan diterima oleh receiver. Sedangkan Upgrade super ota adalah upgrade list chanel/user db yang juga di uplink dari server ke satelit dan diterima receiver.

Manfaat Upgrade OTA

Hampir semua receiver provider tv berlangganan dilengkapi dengan fitur upgrade ota, termasuk nex parabola. Di receiver nex parabola setingan upgrade ota dimasukkan dalam mode default sehingga tidak bisa di on/off kan dengan seting program menu.

Provider tv berlangganan sering melakukan pembaruan sistem algoritma. Tujuannya untuk perbaikan sistem dan agar konten-kontennya lebih aman dan tidak mudah dibajak.

Agar bisa mengikuti pembaruan algoritma yang dilakukan, receiver di komsumen juga harus di upgrade sw nya. Manfaat upgrade OTA ini adalah untuk mengupgrade receiver lewat satelit.

Resiko Upgrade OTA

Bagi konsumen awam terkadang upgrade ota bisa menimbulakn masalah karena proses upgrade ota agak lama sehingga konsumen tidak tau dan mematikan receiver yang sedang dalam proses OTA.

Akibatnya receiver mengalami gagal upgrade ota dan menjadi mode on sehingga teknisi harus turun tangan untuk mengatasinya.

Cara Off kan Upgrade OTA Nex Parabola

Dikarenakan dalam receiver nex parabola setingan otanya dalam mode default, maka untuk mematikan upgrade ota ini harus dengan cara menghindar dari mode defaultnya receiver nex parabola.

Cara yang paling mudah adalah dengan menambah switch. Jika parabolanya sudah terpasang switch, misalnya nex parabola dipasang pada parabola 2 lnb, maka posisi lnb yang untuk nex parabola (palapa d atau ses 9) disambungkan pada port yang bukan defaultnya nex parabola. Contohnya seperti ini:

Mematikan Upgrade OTA Receiver Nex Parabola

Gambar diatas adalah switch diseq. Proses OTA terjadi hanya saat receiver dinyalakan. Ketika receiver menyala, dia akan minta ota jika receiver mendapat sinyal. Jika receiver tidak mendapat sinyal, maka proses ota tidak akan diminta.

Ketika receiver dinyalakan maka otomatis meminta switch tersambung ke port 1. Ketika lnb yang untuk sinyal nex parabola yaitu satelit palapa d atau ses 9 disambungkan ke port 2 atau 3 atau 4, maka tidak mungkin akan mendapat sinyal karena receiver meminta sambungan ke port 1.

Cara lain adalah dengan merubah polaritas lnb. Frekuensi nex parabola baik di satelit palapa d maupun di satelit ses 9 menggunakan polaritas vertikal.

Ketika receiver dinyalakan dia akan minta sinyal untuk polaritas vertikal. Jika kita rubah posisi lnb sehingga berubah yang seharusnya vertikal menjadi horisontal, maka ketika dinyalakan receiver tidak mendapat sinyal dan otomatis tidak akan meminta ota.

Cara yang kedua ini ampuh untuk satelit palapa d dan kurang ampuh untuk satelit ses 9 karena lnb ku-band keluaran sekarang sebagian besar bocor sinyal vertikal dan horisontalnya.

Resiko dan Solusi Off kan Upgrade OTA

Diatas sudah dijelaskan tentang manfaat upgrade ota. Jika OTA ini dimatikan, maka jika ada pembaruan agoritma, receiver tidak bisa mengikuti pembaruan tersebut.

Namun anda tidak perlu khawatir. Selain lewat OTA, pembaruan sw bisa dilakukan lewat manual. yaitu kita upgrade sendiri sw menggunakan flashdisk.

Jika anda membutuhkan sw terbaru nex parabola, silahkan download melaui link yang sudah saya muat dalam artikel tersendiri.


Demikianlah artikel tentang cara mematikan upgrade ota receiver nex parabola. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Off kan Upgrade OTA Receiver Nex Parabola"

Berlangganan via Email