Cara Atasi Nex Parabola Tidak Ada Sinyal Karena Upgrade OTA

Daftar Isi

Cara Atasi Nex Parabola Tidak Ada Sinyal Karena Upgrade OTA - Tidak dipungkiri saat ini nex parabola memiliki siaran terbaik pada genre sport dan ftv, dan juga kualitas gambar yang jernih dan tajam.

Untuk melindungi kontennya dari pembajakan, nex parabola berusaha memutakhirkan sistemnya. Karena pemutakhiran sistem ini, receiver penerima siaran nex parabola juga harus di upgrade softwarenya agar bisa terus mengikuti sistem yang digunakan.

Upgrade OTA

Untuk mnegupgrade sw ke receiver konsumen, nex parabola menggunakan sistem OTA dimana sw receiver akan terupgrade secara otomatis karena sw dikirim melalui satelit.

Bagi yang ketinggalan upgrade ota bisa mendownload sw terbaru yang dirilis resmi oleh pihak nex parabola di artikel kami yang terdahulu.

Berbeda dengan upgrade OTA yang terdahulu yang mengakibatkan mode on kalau terjadi gagal ota, OTA yang sekarang dibuat ramah lingkungan dan tidak mengakibatkan mode on.

Resiko OTA Model Sekarang

Walaupun OTA sekarang tidak mengakibatkan mode on ketika terjadi gagal ota, namun tentunya ada kekurangannya. Yaitu chanel tidak ada sinyal dan urutan chanel tidak sesuai seperti semula.

Penyebabnya adalah list chanel default urutan angka 1 dan seterusnya masuk di list chanel telkom 4 sehingga semua pengguna parabola mini siarannya tidak ada sinyal.

Sedangkan sebagian pengguna parabola besar siarannya juga tidak ada sinyal karena setingan port switch tidak sesuai.

Cara Mengatasi Tidak Ada Sinyal

Penanganan tidak ada sinyal antara parabola mini dan parabola besar berbeda sesuai penyebab tidak adanya sinyal.

Penanganan Parabola Mini

Berikut langkah-langkah untuk parabola mini:

  • Pencet OK pada tombol remot untuk memunculkan list chanel
  • Pencet tombol sat pada remot
  • Turun kebawah dan pilih NEX KU-BAND
    Menu Nex Ku-Band
  • Pencet OK
  • Pencet OK lagi

Setelah melakukan langkah diatas tentunya gambar langsung cling.

Penanganan Parabola Besar

Cara menangani tidak ada sinyal pada parabola besar adalah dengan merubah setingan satelit. Pasitkan parabola sudah terlock satelit telkom 4 karena chanel-chanel nex parabola terbaru dipancarkan melalui satelit telkom 4.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pencet menu
  • Geser kekiri sampai pada menu Alat
    Menu Instalasi Nex Parabola
  • Geser kekanan untuk masuk ke pengaturan satelit
    Pengaturan Satelit Nex Parabola
  • Silahkan disesuaikan pengaturan diseq 1.0 jika penggaturannya benar, maka otomatis sinyal langsung muncul. Jika sudah di pindah di port 1 sampai 4 tidak ada sinyal, maka kemungkinann parabola anda menggunakan switch 22k
  • Silahkan turun ke 22k. Diseting ON atau auto. Maka sinyal akan muncul
  • Kemudian pencet exit untuk keluar
  • muncul pesan akan menyimpan, silahkan pilih ya

Sinyalpun muncul kembali dan gambar langsung cling. Demikianlah artikel tentang cara mengatasi tidak ada sinyal di receiver nex parabola pasca upgrade ota. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar