Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[update] Frekuensi K Vision C-Band Satelit Telkom 4 dan Ku-Band Satelit Measat 3A

Kreasi Parabola - K vision mengudara di 2 satelit dengan frekuensi c-band dan ku-band. Ini agar chanel-chanelnya bisa dinikmati oleh semua kalangan mengingat sebagian masyarakat cenderung menggunakan parabola besar dan sebagian lagi menggunakan parabola mini.

Frekuensi K Vision

Satelit K Vision

Dalam mentransmisikan siarannya, k vision menyewa satelit telkom 4 untuk memancarkan frekuensi c-band dan menyewa satelit measat 3a untuk memancarkan frekuensi ku-band.

Satelit Telkom 4

Satelit telkom 4 berorbit di 108,2° bujur timur. Satelit ini hanya membawa transponder c-band saja. K vision menyewa 2 transponder di satelit ini. Pelanggan k vision kebanyakan menggunakan parabola besar jaring untuk satelit ini,walaupun sebenarnya satelit terlkom 4 bisa di lock menggunakan parabola mini yang ukurannya jumbo.

Satelit Measat 3a

Satelit measat 3a berorbit 91.5° bujur timur. Tepatnya di sebelah baratnya pulau sumatra. Satelit ini membawa transpnder c-band dan ku-band. K vision menyewa 2 transponder ku-band di satelit measat 3a ini.

Pelanggan k vision yang menggunakan satelit measat 3a kebanyakan adalah yang pasang parabola baru. Ini karena frekuensi ku-band satelit measat 3a bisa ditangkap dengan parabola mini dimana harganya jauh lebih murah daripada parabola besar jaring.

Frekuensi K-Vision

Frekuensi C-Band

Di satelit telkom 4, k vision mengontrak 2 transponder frekuensi c-band yang semuanya berpolaritas vertikal. Berikut frekuensinya:

  1. 4060 V 31000
  2. 3860 V 31000

Frekuensi Ku-Band

Di satelit measat 3a k vision mengontrak 2 transponder frekuensi ku-band. berbeda dengan satelit telkom 4, di satelit measat 3a polaritasnya horisontal semua. Berikut frekuensinya:

  1. 12396 H 31000
  2. 12436 H 31000

Frekuensi 12396 H 31000 di isi 31 chanel yang mayoritas merupakan chanel periumnya k vision (berbayar). Sedangkan frekuensi 12436 H 31000 di isi 39 chanel yang kebanyakan merupakan chanel fta dan ftv nya k vision.

Berikut frekuensi k vision ku-band satelit measat 3a beserta chanelnya:

Kekuatan Sinyal

Berbicara masalah sebuah sinyal satelit tentunya tidak lepas dari spot beam dari transponder satelit yang bersangkutan.

Untuk wilayah pulau sumatera, jawa, dan bali sinyal ku-bannya k vision satelit measat 3a menjadi prioritas. Bisa ditangkap menggunakan dish mini ukuran 45 cm dengan sinyal yang melimpah.

Sementara wilayah lain sinyalnya juga besar, namun tak sebesar tiga wilayah tersebut diatas. Lebih jelasnya bisa baca: Beam Sinyal K-Vision Frekuensi Ku-Band

Sedangkan sinyal frekuensi c-band satelit telkom 4 saat ini belum stabil, namun kemungkinan sangat besar dan bisa di lock dengan dish mini yang berukuran jumbo.

Demikianlah artikel tentang frekuensi k vision baik c-band satelit telkom 4 maupun ku-band satelit measat 3a. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "[update] Frekuensi K Vision C-Band Satelit Telkom 4 dan Ku-Band Satelit Measat 3A"

Berlangganan Blog