Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Posisi dan Arah Satelit Asiasat 9 [ninmedia]

Kreasi Parabola - Setelah transponder ninmedia di satelit chinasat 11 mengalami masalah, kini ninmedia yang sekarang lebih menonjol dengan nama tivi plus pindah satelit ke asiasat 9. Mudah-mudahan provider yang satu ini konsisten dan betah di satelit asiasat 9 agar penggunanya tidak kebingungan karena sering berubah-rubah.

Posisi Satelit Asiasat 9

Satelit asiasat 9 berada di posisi orbit 122 derajat bujur timur. Tepatnya di daerah Sulawesi Tengah. Sinyalnya melimpah mulai dari nusa tenggarat timur, bali, jawa, dan sumatra. Untuk wilayah kalimantan dan sulawesi sinyalnya sedang dan untuk wilayah papua sinyalnya agak kecil.

Arah Satelit Asiasat 9

Karena posisi satelit asiasat 9 berada di tengah wilayah indonesia, maka arah parabola dari tempat anda ke asiasat 9 bisa berbeda-beda tiap daerah. Arah dari tempat anda ke satelit wajib diketahui karena parabola mini posisinya harus mengarah ke satelit tersebut. Berikut gambarnya:

Arah Satelit Asiasat 9

Arahnya berbeda jauh dari posisi semula yaitu arah sateit chinasat11. Misalnya untuk wilayah jawa yang semula mengarah ke barat laut sekarang berubah ke arah timur laut.

Berikut tabel arah nimedia ke satelit asiasat 9:
Lokasi Arah Keterangan
Jawa, Bali, Sulawesi Selatan Timur laut Arah Jam 1
Sumatra bagian selatan, Kalimantaan Tengah dan Kalimantar Selatan Timur laut Cenderung Ke Utara Arah Jam 2
Bumatra bagian tengan, Kalimantan Barat dan Kalimantaan Timur Timur Arah Jam 3
Aceh, Sumatra Utara, Kalimantan Utara Tenggara Cenderung Ke Timur Arah Jam 4
Nusa Tenggara Timur, Selawesi Tenggara Utara Arah Jam 12
Sulawesi Tengah, Gorontalo Bebas,Tinggal Mengatur Arah Konektor Saja -
Sulawesi Utara Barat Daya Arah Jam 8
Ambon, Papua Barat Laut Arah Jam 10
Maluku Utara Selatan Arah Jam 9

Arah diatas tidak mutlak adanya. Melainkan perkiraan untuk acuan tracking. Jadi kalau mau mentracking ulang tinggal diarahkan saja di daerah satelit berada. Kalau sudah terlock kita tinggal memaksimalkannya saja.

Cara Menemukan Arah Satelit Asiasat 9

Jika anda sudah tau dimana arah satelit asiasat 9, maka parabola tinggal kita arahkan ke daerah tersebut. Terkadang kita kebingungan dilokasi tertentu. Jangankan arah satelit asiasat 9, arah barat timur utara selatan saja kita kebingungan jika sedang berada dilokasi baru yang tidak kita kenal.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa manfaatkan kompas atau lebih mudah lagi kita bisa gunakan aplikasi dvb finder. Aplikasi ini sangat membantu dalam menemukan arah satelit asiasat 9. Penggunaandvb finder ini sudah saya tulis dalam artikel tersendiri.


Simak juga video cara menggunakan dvb finder ini:


Demikianlah artikel tentang posisi dan arah satelit asiasat 9 untuk mentracking ulang ninmedia. Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Posisi dan Arah Satelit Asiasat 9 [ninmedia]"

  1. Salam mas...
    Tracking asiasat 9 + ses 9 + measat 3 ( 3in1 ) dg fokus measat, untuk asiasat 9 sinyal dpt 83/60% dg tp 11490 v 45000, untuk tp 11655 v 45000 gk dpt sinyal sama skali,
    Mohin solusinya mas...
    Trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya coba saja fokus di ses 9. Atau fokus tetap di measat tapi posisi dish dibalik agar sinyal bisa merata

      Hapus

Berlangganan Blog