Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengarahkan Parabola Mini Offset dengan DVB Finder

Satelit berputar sesuai orbitnya. Yaitu di posisi lintang tepat berderet di garis katulistiwa. Hanya saja posisi garis bujurnya yang berbeda-beda. Satelit yang menempati garis bujur ini sudah diatur sehingga antara satelit satu dengan lainnya tidak bertabrakan.

Untuk parabola besar atau parabola fokus arah satelit tidak dibutuhkan karena parabola besar posisi 0° lnb dan arah parabola tetap ke arah barat, atas , atau timur sesuai garis bujur posisi satelit dan tinggal mencari sudut deklenasi saja.

Arah Parabola Mini

Parabola mini berbeda dengan parabola besar. Kalau di parabola mini, arah satelit ini sangat menentukan keberhasilan dalam mentracking sebuah satelit. Silahkan baca: Tiga Poin Utama Tracking Parabola Mini. Arah parabola mini ditunjukkan sesuai arah tiang penyangga lnb.

Mencari Arah Satelit dengan DVB Finder

Arah ini harus tepat mengarah ke satelit. Terkadang kita dengan mudah mengira-ngira arah satelit dari posisi kita tracking. Namun tak jarang kita kebingungan menentukan arah satelit ini karena lokasinya yang kita tidak tau dengan benar mana arah barat-timur atau arah selatan-utara.

Aplikasi DVB Finder

Untuk mempermudah menemukan arah satelit dari tempat kita tracking, kita bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi di hp. Salah satunya adalah aplikasi DVB Finder. DVB Finder hanya ada di playstore yang artinya hanya bisa di install di hpandroid. Aplikasi DVB Finder memiliki beberapa fungsi salah satunya adalah mencari arah satelit.


Kita buka aplikasi dvb findernya. Kalau belum punya, silahkan download dulu di playstore. Setelah terbuka tampilannya seperti ini:

Arah Laosat 1

Menemukan Arah Satelit

Pada saat terbuka pertama kali, posisinya menunjukkan arah satelit sesuai satelit yang tertera. Arah satelit ditunjukkan dengan tanda panah merah. Untuk menggunakannnya, kita klik tab satelit dan cari satelit yang akan kita tracking

Mencari Satelit dengan DVB Finder

Setelah ketemu satelit yang dituju, silahkan klik satelit tersebut. Secara otomatis tanda panah akan menuju arah satelit yang dimaksud. Posisi hp terlentang dan arahnya bisa sembarangan karena tanda panah ini akan selalu menuju arah satelit walaupun hp di putar-putar. Berikut contoh posisi arah salah satu satelit:

Posisi Satelit Laost 1 pada DVB Finder

Posisi Satelit Chinasat 11 pada DVB Finder

Setelah Arah satelit ketemu, kita tinggal mengarahkan parabola mini ke arah tersebut. Setelah diketahui arah satelinya, maka kita tinggal menyesuaikan arah konektor lnb.

Keakuratan arah satelit menggunaka dvb finder ini tergantung pada kemampuan gps hp. Jika gps hp nya bagus maka hasilnya juga hampir akurat. Jika kemampuan gps hp kurang bagus maka hasilnya juga kurang akurat, tapi paling tidak bisa membantu.


Setelah semua beres maka kita tinggal mentrackingnya. Mentrackingnya tidah harus tepat ke arah yang ditunjukkan dvb finder melainkan bisa degeser sedikit-sedikit kekiri dan kekanan sampai ditemukan sinyalnya.

Simak juga video tentang cara mencari arah satelit berikut ini:

Demikianlah artikel tentang cara menemukan arah parabola mini dengan aplikasi dvb finder. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Cara Mengarahkan Parabola Mini Offset dengan DVB Finder"

Berlangganan Blog