Pengalaman Memperbaiki LNB C-Band Yang Lemah

Kreasi Parabola - Parabola adalah 1 set antena yang terdiri dari beberapa jenis elemen yang saling mendukung satu dengan lainnya.

Secara umun antena parabola terdiri dari dish, lnb, switch, kabel, dan receiver. Elemen ini dapat dikelompokkan menjadi elemen utama atau pokok dan elemen pendukung.

Baca juga: Komponen Utama dan Komponen Pendukung Antena Parabola

Lnb merupakan salah satu elemen utama karena lnb ini yang menjadi pintu pertama masuknya sinyal satelit. Jika terjadi masalah dengan lnb ini, maka hasilnya juga akan cacat atau bahkan tidak bisa menerima sinyal.

Ada beberapa kerusakan lnb yang sudah admin alami, baik dalam pemasangan baru maupun dalam servis. Salah satunya adalah ketika saya memasang parabola di salah satu konsumen.

Ketika memasang parabola 2 lnb, ada yang tidak beres karena sinyal telkom normal, palapa vertikal normal, tapi palapa horisontal sinyalnya kecil dan loncat-loancat.

Saya otak atik hingga beberapa lama tetap saja sinyal tidak mau naik. Maklun saja waktu itu saya masih pemula dan minim pengalaman.


Akhirnya saya istirahat sambil memutar otak menebak-nebak apa permasalahannya. Setelah penat hilang, saya tracking lagi namun hasilnya sinyal tetap kecil.

Akhirnya saya pindah lnb telkom ke palapa. Hasilnya sinyal vertikal dan horisontal full. Ternyata permasalahannya terletak pada penagkapan sinyal lnb bagian horisontal lemah.

Pengalaman Memperbaiki LNB-F C-Band

Sebenarnya bisa saja lnb yang horisontalnya lemah saya pasang pada telkom dengan memutar posisi lnb yang vertikal jadi horisontal dan pekerjaan pun beres, tetapi rasanya itu menjadi ganjalan dalam perasaan saya karena baru tahap pemula tentunya ingin tau permasalahannya.


Akhirnya lnb yang horisontalnya lemah saya turunkan dan saya tes. Ternyata antena horisontal arusnya hanya 0,06v, sementara vertikal 0,27v. Saya buka lnb dan coba ganti kabel kecil dari antena ke input transistor fet yang kakinya ada 4 dengan sehelai kabel serabut.

Saya tutup lnb dan saya tes lagi. Hasilnya arus horisontal menjadi 0,32v.  Saya coba pasang dan hasilnya sinyal vertikal dan horisontal full. Lega hati rasanya. Pekerjaanpun selesai. Itu hanya salah satu pengalaman saya dulu, kalau ingat itu terkadang hati tertawa geli. Maklum saja, pengalaman waktu itu masih sangatlah cetek tetapi merasa sok pintar. Saya bersyukur waktu itu bisa mengatasi masalah tanpa mengambil jalan pintas.

Artikel terkait:

20 komentar untuk "Pengalaman Memperbaiki LNB C-Band Yang Lemah"

Comment Author Avatar
alangkah baiknya jika artikel disertakan dengan gambar atau foto sebelum dan sesudah hasil uji coba, agar memberi kesan bukan tulisan hasil copas dari forum lain. terimakasih
Comment Author Avatar
terimakasih banget atas kritik dan sarannya. tujuan saya membuat blog ini adalah untuk bertukar ilmu dan pengalaman dengan teman2 seprofesi. materi blog ini adalah berdasarkan pengalaman saya yang sudah memasang parabola lebih 1000 set. baik berupa 2 lnb, 3 lnb, 4 lnb, 5lnb, 2 r/tv, 3r/tv, 4r/tv, gerak dll. kalaulah ada yang mengira hasil copas ya terserah. yang jelas berasal dari pengalaman saya
Comment Author Avatar
Mas, punya lnb yg rusak gak?
Comment Author Avatar
mas kalau bekas lnb dijadikan anten wifi untuk nembak hot spot apakah bisa ya?di dlm nya itu kan ada kaya pig tail buntut babinya?
Comment Author Avatar
maaf banget kalau soal wifi saya belum faham cz gak pernah ngutak-atik per-wifi-an
Comment Author Avatar
Ilham ilhamsyukri@ovi.com 19 Juni
Masalahx sama dengan saya mas, yg jadi permasalahannya sekarang, gmana cra bka tutup LNB nya? Signal horisontal sring hilang, yg vrtikal normal..
Comment Author Avatar
Ilham ilhamsyukri@ovi.com 19 Juni
Cara buka lnb nya gmana mas
Comment Author Avatar
mas minta tolong gimana caranya ngukur arus horiz& vert nya trms...?
Comment Author Avatar
ya dites pake tester, tp yg digital. ground bisa ambil dari connector. sedangkan yg dites kedua jarum antena H/V
Comment Author Avatar
terus gimana cara pasang 5 lnb pengalaman saya belum nyampe sana
Comment Author Avatar
Anonim 14 November
saya jadi malah bingung, memang dari ant ke high gain preamp rf transistor pakai kabel kecil. trus diganti dengan yang besar bisa menanggulangi masalah itu. yang saya tanyakan : sebesar apakah kabel yang dimaksud, jenis kabelnya (no awg) dan bagaimana pemasangannya, dilengkung, phi, apa straight. Karena hal ini menimbulkan pemikiran yang berbeda. Jika cara yang anda sampaikan bisa menaikkan "arus", berarti bisa menaikkan gain dengan cara yang sangat sederhana.......?
Comment Author Avatar
disini memang sering terjadi masalah, pada lnb normal jika disolder saja kadang2 bisa mati. sepengalaman saya, pada antena lnb yg aktif, jika ditester (tester digital) akan menghasilkan arus paling rendah-0,10 sampai-0,35 volt(baik lnb s/c/ku band). jika dibawah itu atau diatas itu penangkapan sinyal tidak normal/tidak bisa menangkap sinyal sama sekali.

pada kasus saya diatas, pada pol. vertikal normal. artinya rangkaian dibawahnya normal. kemungkinan kerusakan terjadi pada 2 tempat, yaitu switch H/V atau penguat utama. dan setelah saya tes ternyata pada pada antena hor. bermasalah, saya lakukan cara diatas dan nyatanya berhasil
Comment Author Avatar
mas adun saya pnya masalah di lnb sinyal dapat tapi no freq di reciev harus di ubah contoh (3770 dinaikan jd 3780 baru keluar sinyal ) itu juga tunggu lama tp setelah ganti lnb normal lg pertayaan saya lnb yang trobelnya sprt itu msh bs di perbaiki apa ngak ya mas
Comment Author Avatar
maaf ya untuk mas2 yg lain, menurut pengalaman saya, klu kerusakan ny seperti yg di blok ny mas adun, solusi biar ga buka2 tutup LNB ny, di putar aja titik nol ny, ke arah utara, dan letak fokus ny di balik, dngan kata lain 22k untk palapa jadi ON. dan telkom ny ny, jadi vertikal, contoh ny trans TV jadi vertikal, dan trans 7 dan ANTV ny jadi vertikal jga, saya sudah coba dan berhasil mas
Comment Author Avatar
maaf ya mas, bukan ny pande2 an, klu kerusakan seperti yg di blog ny mas adun , solusi ny, di balik aja fokus ny, dan titik nol untuk LNB off di buat ke arah utara, jadi siaran trans tv dan yg lain ny jadi vertikal, saya sudah coba dan berhasil mas
Comment Author Avatar
ya. trimakasih. tp tuk sekarang kan di vertikal satelit telkom juga ada chanelnya
Comment Author Avatar
Anonim 01 Juni
mas udin slm kenal, panggilan saya ABU KHALED, saya tinggal di Riyadh Saudi Arabia, mau nanya mas udin,... saya pakai dish ukuran 3.2M, kurang bagus tp bisa dipakai , untuk channel yg ada diposisi horizontal nggak ada masalah , akan tetapi yg posisis di vertical sebagaian ada yg nggak keluar, alias kurang bagus signal nya, MNC kadang keluar sedikit signalnya, sudah saya coba segala cara berbulan- bulan tapi tetap hasil nya,..... mohon pencerahannya,... terima kasih banyak sebelumnya,..... ABU KHALED
Comment Author Avatar
Terimakasih gan infonya sangat membantu
Comment Author Avatar
ok, trimakasih atas kunjungannya