Cara Sekat LNB untuk Satelit Yamal 601 dengan Bahan Talenan

Daftar Isi

Setelah sekian lama fakum, kini sekat lnb kembali ramai diperbincangkan. Hanya saja ada perbedaan tujuan. Kalau dulu untuk chanel panas sedangkan sekarang untuk chanel sport. Yang diburu adalah satelit yamal 601. Satelit ini merupakan pengganti satelit yamal 202 yang sudah habis masa aktifnya.

Walaupun sinyalnya kecil, satelit yamal 601 sekarang diburu pengguna parabola gratisan karena chanel-chanel yang ada di satelit ini menayangkan siaran live sepak bola tanpa diacak. Untuk mendapatkannya dibutuhkan lnb yang disekat karena pancaran sinyalnya berbeda dengan satelit lainnya.

Pancaran Sinyal Satelit Yamal 601

Pancaran sinyal satelit yamal 601 berbeda dengan satelit pada umumnya. Satelit ini menggunakan sistem gelombang circular (berputar) sehingga untuk menangkapnya lnb harus disekat dulu.

Jika tanpa sekat, lnb tetap bisa menerima sinyal namun hasilnya kurang besar karena tidak menerima full sinyal melainkan separohnya. Maksudnya adalah karena laju sinyal memutar, maka hanya separoh yang mengena jarum atas antena lnb dan sinyal tetap merangsak masuk kemudian mengena lagi jarun antena lnb yang satunya lagi.

Alhasil jarum antena lnb baik vertikal maupun horisontal mendapat sinyal semua namun kecil. Berhubung sinyal satelit yamal 601 sinyalnya kecil, bisa-bisa tidak kebagian sinyal kalau lnb tidak di sekat.

Sekat LNB

Lnb biasa yang beredar dipasaran dirancang untuk menerima pancaran sinyal linear (lurus). Agar bisa menerima sinyal polaritas circular (berputar) dengan baik, lnb harus di sekat.

A. Bahan Sekat

Bahan sekat terbaik adalah talenan yang berbahan plastik. Talenan adalah perabotan dapur yang berfungsi untuk bantalan mengiris-iris bahan makanan. Kita bisa mendapatkan talenan di pasar dengan harga yang cukup murah. Jangan lupa talenannya yang dalamnya rapat tidak berongga.

Bahan sekat bisa saja dari selain talenan yang penting bahan plastik tebal. Namun sepertinya akal sulit mendapatkannya. Untuk menyekat lnb paling mudah adalah dari bahan talenan ini. Selain mudah didapat, talenan juga empuk sehingga lebih mudah untuk memotongnya.

B. Ukuran Sekat

Berbicara tentang ukuran sekat lnb, tentunya tidak bisa lepas dari yang namanya panjang gelombang kerja lnb. Lnb c-band bekerja di frekuensi 3400 MHz sampai 4200 MHz. Kalau dihitung panjang gelombang ini bisa membuat kepala kita pusing.

Kita kira-kira saja sesuai diameter lnb yaitu sekitar 6,5 cm. Karena kita menyekat bundaran lnb, tentunya tidak lepas dari diameter bundaran lnb itu sendiri.

Setelah ukurannya mengikuti diameter lnb, ternyata ada masalah baru. Yaitu diameter lnb berbeda-beda. Lnb keluaran lama rata-rata diameternya 6,5 cm. Yang keluaran baru ada yang lebih kecil dan agak pendek. Yaitu sekitar 6,3 cm dan ada pula ukuran lainnya.

Berdasarkan pengamatan saya, lnb diameter 6,5 cm panjang dari bibir lnb ke besi tengah bagian dalam adalah 13 cm. Sedangkan yang diameter 6,3 cm panjang dari bibir lnb ke besi tengah hanya hanya 11,5 cm.

Jika panjangnya 2 kali lipat diameter lnb, maka lnb derdiameter 6,5 cm sudah benar yaitu 13 cm. Tetapi lnb yang diameternya 6,2 cm kok cuma 11,5 cm. Jika 2 kali lipat harusnya 12,4 cm. Sampai disini pengamatan saya salah. Daripada mengurusi rumus-rumus yang memusingkan lebih baik praktek saja. Lebih nyata hasilnya.

Dari ujicoba yang saya lakukan, panjang sekat dengan hasil sinyal maksimal adalah sesuai panjang dari bibir lnb ke besi tengah lnb. Kalau panjangnya 13 cm ya sekatnya 13 cm. Kalau panjangnya 11,5 ya sekatnya 11,5 cm.

Ukuran Sekat LNB

Lebih dari itu hasilnya sama saja bahkan bisa menurun. Jika kurang dari itu dipastikan hasilnya kurang memuaskan. Sedangkan lebar sekat sesuai diameter lnb.

C. Fungsi Sekat

Sekat lnb berfungsi untuk mengubah polaritas yang memutar menjadi polaritas yang lurus. Diatas sudah dijelaskan kalau sinyal yang datangnya berputar akan mengenai sebagian jarum antena atas dan merangsak masuk ke dalam hingga mengenai jarum antena bagian dalam.

Jika disekat, maka sinyal yang berputar ini akan berubah menjadi lurus sehingga gelombangnya bisa mengenai seluruh bodi jarum 1 antena saja.

Cara Pasang Sekat

Setelah kita mengetahui ukuran yang tepat untuk sekat lnb yang akan kita pasang, tibalah saatnya untuk memasang sekat ke lnb. Cara memasangnya cukup mudah. Yaitu dengan menyelipkan sekat ke bundaran lnb. Biasanya sudah ada ruas jalur untuk tempat sekat ini. Kita pasang saja sekat pada jalur tersebut.

Disini kita bisa memasang 2 model sekat yaitu membelah antara 2 jarum antena lnb atau tidak membelahnya melainkan menyamping kedua jarum antena lnb tersebut. Hasil sinyal sama saja antara membelah jarum atau tidak membelahnya.

Sebagian jenis lnb dilengkapi dengan 2 ruas jalur sekat membelah jarum dan tidak membelah jarum. Sebagian lagi hanya ada 1 ruas jalur sekat membelah jarum antena lnb.

Untuk kedalamannya, jangan memasukkan seluruh sekat kedalam lnb melainkan melet keluar lnb. Maksudnya ada sedikit bagian sekat yang tidak masuk ke dalam lnb. Bagian yang tidak masuk ini sekitar setengah dari ukuran diameter lnb. Misalnya lnb diameternya 6,5 cm, maka meletnya sekitar 3,25 cm.

Pasang LNB Bersekat

Untuk memasang lnb bersekat caranya sama saja seperti memasang lnb biasa. Namun untuk lnb bersekat, posisi 0 derajat lnb tidak berlaku. Garis 0 derajat mau diarahkan kemana saja hasil sinyal tetap sama.

Yang menentukan polaritas pada lnb bersekat bukan garis 0 derajat melainkan pemasangan sekatnya. Jika sekat membelah jarum maka polaritas right jadi horisontal dan polaritas left jadi vertikal. Sedangkan jika pemasangan sekat tidak membelah jarum, maka polaritas right menjadi vertikal dan polaritas left menjadi horisontal.

Tanda Sukses Menyekat LNB

Mungkin bagi yang sedang menggeluti tenteng penyekatan ini ada yang bingung apakah penyekatan lnb ini sudah berhasil atau belum. Lalu seperti apa tanda kalau sekat yang kita pasang pada lnb sudah benar?

Pertama yang harus dipahami adalah beam satelit yang akan kita lock. Jika lokasi kita tidak memungkinkan men lock satelit yamal, maka berbagai model penyekatan lnb yang kita lakukan akan sia-sia saja.

Diatas sudah dijelaskan fungsi sekat adalah merubah datangnya sinyal yang berputar menjadi lurus. Alhasil sinyal yang menjadi lurus ini hanya mengenai 1 bagian jarum antena saja.

Jika tanpa sekat 1 frekuensi akan masuk ke polaritas vertikal dan polaritan horisontal, maka setelah disekat, 1 frekuensi hanya akan masuk di salah satu frekuensi saja. Jadi jika penyekatan yang kita lakukan mampu menghilangkan salah satu polaritas pada 1 frekuensi, maka pemasangan sekat sudah berhasil.

Demikianlah artikel tentang cara menyekat lnb agar efisien dan hasilnya maksimal. Semoga bermanfaat.

Mas Adun
Mas Adun Saya hanyalah wong ndeso yang sehari-hari ngutak-atik parabola. saya sengaja menulis artikel-artikel tentang parabola untuk sekedar sharing atau berbagi pengalaman kepada rekan-rekan seprofesi. saya mohon maaf apabila tulisan saya tidak teoritis dan bahasanya tidak ilmiah karena saya hanya menulis tentang apa yang saya ketahui berdasarkan pengalaman dan penalaran dan telah saya uji dengan alat seadanya.

208 komentar

klau tracking yamal pakai dish 100 cm kemudian lnbnya dimodif seperti punya mas, apa beam masih jangkau untuk ditracking mas??
Dish kecil bisa asal beamnya masuk
Mau tanya.klo asiasat 5 bisa gak di sekat,untuk menaikan sinyal supaya maksimal
Gak bisa