Gambar Rangkaian 4 LNB 2 Receiver


Gambar Rangkaian 4 LNB 2 Receiver - Pada dasarnya, rangkaian 4 lnb baik satu receiver atau pun dua receiver sama, cuma yang membedakan adalah lnb nya. Karena untuk satu receiver cukup menggunakan lnb engkel yang outputnya hanya satu.

Sedangkan untuk pemasangan 2 Receiver atau 2 TV harus menggunakan lnb 2R atau dual out yang outputnya ada dua. Karena dalam pemasangan 2 Receiver cukup memakai sistem paralel aktif. Sebelumnya silahkan baca: Sistem Paralel Parabola.

Mengapa Harus Menggunakan LNB 2R?
Untuk memasang parabola dengan dua receiver, harus menggunakan lnb 2r. Karena dalam sebuah lnb terdapat dua buah polaritas yang dipisah dengan switch.

Sehingga untuk pemasangan 2 tv, switch yang ada dalam lnb juga harus dua. Jika menggunakan satu switch saja, tentunya akan terjadi perebutan switch antar receiver dan tentu saja dimenangkan polaritas Horisontal.

Khusus untuk satelit telkom1 kita dapat dispensasi harga. Maksudnya apa? He.. he.. kan satelit telkom yang ada channel FTA nya hanya pada freqwensi horisontal saja, jadi freqwensi vertikal tidak perlu dipakai.

Alhasil untuk satelit telkom tidak harus memakai lnb 2R, melainkan bisa memakai lnb single saja yang harganya jauh lebih murah.

Lalu bagaimana menyambungnya ke 2 buah tv?
Untuk menyambungkan ke dua buah switch yang masing-masing switch akan dipakai untuk satu receiver, bisa menggunakan power divider. Dari lnb singgel, outputnya disambungkan ke power divider sehingga outputnya akan terpecah menjadi dua.

Gambaran power divider bisa baca di: Gambar Rangkaian Power Divider.

Setelah outputnya menjadi dua, maka masing-masing output bisa disambung ke masing-masing switch.

Mengenai cara merangkai 4 lnb dalam satu dish, bisa baca di: Merakit 4 Lnb Secara Efisien.

Untuk penampakan rangkaian 4 lnb 2 receiver seperti ini:


Pada gambar diatas terlihat rangkaian 4 lnb yang sudah terakit, tertata serta sudah terhubung ke switch dan sudah tertempel ke tiang fokus.

Sedangkan Perakitan Switch seperti gambar dibawah ini. Cermatilah gambar dibawah, disitu ada 4 buah lnb yang terdiri dari 3 lnb 2R dan 1 lnb singgel. Lnb singgel tersebut ( gambar nomor 2 dari sebelah kiri) dihubungkan ke divider terlebih dahulu sebelum dihubungkan ke switch.


.