Cara Membuat Power Divider dari Switch

Power Divider digunakan untuk beberapa penggunaan parabola, yang intinya untuk satu lnb ke beberapa receiver.

Seperti yang sudah diketahui, kalau dalam 1 lnb terdapat 2 polaritas yang dipisah dengan switch, penggunaan power divider hanyalah untuk mencabang salah satu polaritas ke beberapa receiver. Yang belum paham bisa membaca Power Divider, Gambar dan Kegunaannya.

Dari keluhan beberapa rekan yang kesulitan mendapatkan power divider, saya akan mencoba menjabarkan membuat power divider sendiri. Pembuatannya cukup mudah. Kualitasnya sangat bagus, bahkan lebih bagus dari power divider model pabrikan.

Bahan membuatnya kita bisa menggunakan Switch, baik switch yang masih baru maupun switch yang sudah rusak dan tidak terpakai. Kita tidak membutuhkan komponen lagi karena kita cukup memanfaatkan dioda yang sudah ada dalam rangkaian switch tersebut.

Pertama kita buka switchnya dengan mencongkelnya seperti gambar dibawah ini:

Cara Membuat Power Divider dari Switch


Lihatlah komponen didalamnya, disitu terlihat ada beberapa dioda 4148 yang sudah terpasang berurutan. Semua switch menggunakan dioda ini. Dioda ini yang kita manfaatkan untuk komponen utama power divider. Untuk komponen lain yang ada dalam switch ini, walaupun tidak dipakai kita tidak perlu repot-repot membuangnya. Karena nantinya komponen ini cukup kita disfungsikan saja.

Ok, sekarang kita mulai proses pembuatannya. Pertama kita potong semua jalur kecil yang berkelok-kelok. Fungsinya untuk mematikan semua rangkaian yang ada dalam switch. Kemudian kita buang keramik (kotak kecil berwarna coklat) dan rasistor (sebagian besar switch ada rasistor ini dan sebagian kecil tidak ada). Gambarnya seperti ini:

Cara Membuat Power Divider dari Switch


Garis merah adalah jalur berkelok-kelok yang harus dipotong, tanda panah (kiri) adalah keramik, tanda panah (kanan) adalah rasistor. Kemudian kita sambung secara langsung dari dioda ke port receiver. Gambarnya seperti ini:

Cara Membuat Power Divider dari Switch


Kemudian kita tutup kembali switchnya.

Power divider siap digunakan. Satu-satunya kelemahan power divider ini adalah jika jarak receiver ke parabola terlalu jauh, polaritas Horisontal bekerja kurang baik. Untuk mengatasinya, kita bisa merubah posisi polaritas yang digunakan menjadi vertikal saja, dijamin aman terkendali.

Sebenarnya kalau jarak kabel terlalu jauh, tanpa menggunakan dividerpun terkadang polaritas horisontan kinerjanya kurang baik, Ini karena polaritas horisontal menggunakan switch voltase 18 volt sehingga kalau jarak kabel terlalu jauh, maka voltase yang sampai ke lnb sudah berkurang sehingga switch horisontal tidak bekerja.

Demikianlah Cara Membuat Power Divider dari Switch, semoga dapat dipahami dan bisa bermanfaat.

16 Komentar untuk "Cara Membuat Power Divider dari Switch"

  1. setelah dimodifikasi port in dan outnya gimana pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang tadinya ke receiver jadi ke lnb dan port 1, 2, 3, 4, jadi ke receiver

      Hapus
  2. Satu-satunya kelemahan power divider ini adalah jika jarak receiver ke parabola terlalu jauh, polaritas Horisontal bekerja kurang baik. Untuk mengatasinya, kita bisa merubah posisi polaritas yang digunakan menjadi vertikal saja.. carane piye mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibalik bro. yg seharusnya 0 derajat menghadap timur-barat jadi utara-selatan

      Hapus
  3. Saya menggunakan 2 lnb dual output, 2 switch disegc 4x1, 2 tv.

    Nah, kalo saya tambah lagi 1 lnb yg 1 output bisakah kabel dari lnb 1 output tadi disambung ke switch 22K dgn posisi dibalik lalu disambung lagi ke masing2 slot diseqc yg tak terpakai misalnya nasing2 ke slot diseqc port 3 (dari lnb ke slot switch 22k yg seharusnya ke receeiver , lalu 2 slot on/off yg seharusnya ke lnb dipaka justru menuju disegc masing2 ke port 3) dgn maksud agar lnb single output tambahan tersebut dpt juga diterima oleh ke 2 tv. Kira2 bisakah dan apa pengaruhnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa, suplai arus dari receiver gak sampai ke lnb. agar bisa digunakan, switch 22k harus dibuka dulu kemudian jalur yg meliuk2 diputus, kemudian keramik dibuang dan disambungkan secara langsung. seperti gambar diatas

      Hapus
    2. Oo gitu ya. Jadi kalo pakai divider buatan sendiri ataupun beli yg pasaran bisa ya dividernya disambungkan ke switch diseqc dulu baru menuju ke receiver. Gitu kan ya?

      Hapus
    3. Oke trims penjelasannya

      Hapus
  4. pagi gan, mau tanya, jika dua lnb di gabung dengan diseq 4x1 trus ke bawah di cabang pakek power divider, dan polaritas palapa dan telkom yg di ambil hanya H saja, apa bisa jika receiver A putar palapa dan receiver B putar telkom?

    BalasHapus
  5. mas, itu motong jalur yg belok cukup ditiban solderan ya?trus yang buang keramik sama resistor jg cuma disolder tok nggak dilepas dari boardnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai sembarang asalkan putus. bisa pakai kater atau solder. Rasistor dan keramik dibuang

      Hapus
    2. Kalau lnb di balik Utara Selatan bagai mana telkom saya kemarin kendala di situ walaupun telkom4 tetap Barat Timur tapi tdk bisa akur

      Hapus
  6. punya saya jalur berkeloknya saya potong mlh lepas komponennya yg warna oranye, masih bisa fungsi gak mas?
    kalo punya njenengan kan disolder pake tinol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya jalur dari portnya bisa masuk ke jalur rx melalui dioda

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel