Cara modif 4 lnb untuk tangkap Telkom 3s

Setelah Satelit Telkom 1 tidak bisa dioperasikan lagi, maka saluran tv yang tadinya dipancarkan oleh satelit telkom 1 dipindahkan ke satelit telkom 3s, sayangnya posisi orbit satelit telkom 3s tidak sama dengan orbitnya telkom 1 sehingga untuk mendapatkan sinyal dari satelit telkom 3s, posisi parabola harus dirubah.

Untuk merubah parabola dengan 2 lnb (satelit palapa dan telkom 1) sudah saya bahas di artikel Cara Merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3s. Dan pada artikel ini admin akan menjabarkan Cara modif 4 lnb untuk menangkap Telkom 3s. Maksudnya adalah yang tadinya menangkap satelit palapa d, telkom 1, asiasat 7, asiasat 5, menjadi palapa d, telkom 3s, asiasat 7, asiasat5.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk merubah parabola 4 lnb ini, namun pada artikel ini admin hanya akan menjabarkan satu cara saja yang admin rasa paling mudah dibanding cara-cara lainnya dengan tetap mempertahankan satelit semula. Ini berdasarkan beberapa uji coba yang sudah admin lakukan.

Untuk merubah telkom 1 ke telkom 3s pada parabola 4 lnb ini dibutuhkan alat tambahan yaitu plat siku berlubang. Bisa di beli ditoko bangunan. 1 batang bisa dipotong menjadi 15 potong, 1 parabola membutuhkan 2 potong. Gambarnya seperti berikut ini:

Cara modif 4 lnb untuk tangkap Telkom 3s

Plat ini digunakan untuk menyambung 2 buah ring yang sudah terlanjur dipotong karena tadinya menyesuaikan posisi satelit yang ada.

Pertama turunkan lnb beserta ringnya. Gambarnya seperti ini:

Cara modif 4 lnb untuk tangkap Telkom 3s

Kemudian lepaslah penyambung 2 buah ring sehingga sekarang posisi 2 buah ring menjadi terpisah. Gambarnya seperti ini:

Cara modif 4 lnb untuk tangkap Telkom 3s

Jika pada pemasangan sebelumnya pemotongan ring lnb tidak sampai putus, maka lnb masih tetap menempel pada ring. Namun jika pemotongan sampai putus, maka lnb yang tengah akan terlepas dari ring. Tempelkan lagi lnb yang lepas tadi dengan dibaut agar kuat. Intinya posisi besi tengah bantalan antena harus sejajar seperti gambar berikut ini:

Cara modif 4 lnb untuk tangkap Telkom 3s

Kemudian sambung kedua twin lnb ini dengan plat siku. Gambarnya seperti ini ( warnanya beda bro karena tidak sempat jepret pada 1 servisan ) :


Sisi siku yang samping harus di pasang menghadap keatas karena kalau menghadap kebawah akan mengurangi sinyal, kalau gak percaya silahkan dicoba. Cermatilah gambar berikut:



Pada penyambungan hal yang paling penting adalah bulatan lnb harus sejajar
. Kalau sulit untuk menjadikan sejajar karena jaraknya cukup panjang, bolehlah melenceng sedikit asal tidak lebih dari setengah senti meter. Lihatlah gambar berikut ini:

Cara modif 4 lnb untuk tangkap Telkom 3s

Setelah semua perakitan beres, maka lnb bisa ditempelkan pada tiang penyanggan lnb atau tiang fokus. Tiang fokus di bentuk agar bisa menempel pada plat siku. Kemudian dibaut. Gambarnya seperti ini:



Setelah perakitan lnb beres, sambungkan kabel jumper dari lnb ke switch. Menyambungnya lebih baik seperti semula, yaitu lnb paling barat dapat port 2 karena sekarang posisi lnb paling barat adalah telkom 3s. Kemudian timurnya telkom 3s adalah palapa d dapat port 1, kemudian asiasat 7 port 3, dan asiasat 5 dapat port 4. Setelah beres pasang kembali tiang fokus ke dish dan di tracking.


50 Komentar untuk "Cara modif 4 lnb untuk tangkap Telkom 3s"

  1. aku udah coba seting 4 lnb dengan cara ditambahin plat siku.tapi kok gx bisa satu posisi.jika palapa d masuk telkom 3s hilang dan sebaliknya. gimana mas solusinya?

    BalasHapus
  2. pak,berapa cm panjang sikunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lubang yg bisa dipakai sekitar 17 cm, jadi panjangnya sekitar 19 cm

      Hapus
  3. Sy gg mau ribet mas...
    Parabola cmn sy geser ketimur sekitar 2cm...
    Walhasil dapetnya.. Telk3s palapa chinasat10 dan asiasat7...
    Lumayan lah mas...

    BalasHapus
  4. Kalau artikel yg 5 lnb udah ada mas adun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum bro, 5 lnb sekarang banyak pilihan satelitnya

      Hapus
  5. makasih pak atas jawabannya,mau tanya lagi, kalo pemasangan siku seperti diatas apakah asiasat 3 dan asiasat 5 hilang tidak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu modif agar satelit yang ditangkap sama seperti semula, Palapa, telkom, asiasat 7, asiasat 5. sony ten 1 tetap aman, asiasat 5 sinyalnya juga tetap gede

      Hapus
  6. Jarak setiap lnb berapa gan jadinya ?? Tambahan di besi siku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih sesuai sebelumnya. Misalkan sebelumnya palapa ke telkom 3cm, berarti lnb paling barat telkom 3s, kemudian palapa d, kemudian asiasat7, kemudian asiasat5. jaraknya telkom-palapa 3cm, palapa-asiasat7 9,5cm. asiasat7-asiasat5 3cm

      Hapus
  7. Maaf mau tanya, setelah proses cara diatas selesai. Cara trackingnya menggunakan receiver yang sudah ada data trans 7 ANTV dan trans tv 3s, atau menggunakan receiver yang lama yang masih di telkom1? Soalnya parabola saya sudah ada 3s tapi asiasat 5,7 belum dapat. Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok bro, maaf diterima he.. he..yang rubah telkom 3s, frekuensinya tidak sama denga yang dulu di telkom 1, sementara palapa, asiasat 7, asiasat 5 masih sama frekuensinya. KL belum dapat coba fokus pencarian pada asiasat 7 dan asiasat 5, setelah ketemu kan bisa dikira2 jarak antar palkom dan ass7/5

      Hapus
  8. Setelah saya grser dish ke arah timur. Dan saya tracking ternyata palapa menjadi trlkom dan telkom menjadi palapa. PertĂ nyaannya. Apakah asiasat 5 tetap dapat setelah posisi miring ketimur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl kaya gitu berarti setingan menu satelit pada receiver keliru. Diurutkan saja:
      1. Palapa d= diseq 1.
      2. Telkom 3s= diseq 2.
      3. Asiasat 7- diseq 3.
      4. Asiasat 5= diseq 4.

      Posisi lnb dari barat Telkom, palapa, asiasat7, asiasat5.

      Lebih lanjut bisa baca: Switch Parabola dan Cara Setingnya

      Hapus
  9. Pak, urutan LNB tuh yang bener dr barat ke timur mulai dar Telkom 3s, palapa, asisasat7, asiasat5 bukan?
    atau sebaliknya? saya baca yang disini https://najwatehnik.blogspot.co.id/2016/01/menentukan-jarak-lnb-yang-kurang-tepat.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. la iya kaya gitu. Saya jelaskan yang ada di https://najwatehnik.blogspot.co.id/2016/01/menentukan-jarak-lnb-yang-kurang-tepat.html

      Disitu posisi telkom masih telkom 1. Urutan satelit paling timur adalah palapa d, terus baratnya telkom 1, terus baratnya lagi asiasat 7, baratnya lagi asiasat 5. (Itu posisi satelit)

      Karena lnb dapat pantulan dari dish, maka posisinya terbalik. Jadi paling timur asiasat 5, baratnya lagi asiasat 7, baratnya lagi telkom 1, baratnya lagi palapa d.

      Kalau sekarang, posisi satelit paling barat asiasat 5, kemudian asiasat 7, kemudian palapa d, kemudian telkom 3s.
      pemasangan lnb jadi terbalik. Paling barat telkom 3s, kemudian palapa d, kemudian asiasat 7, kemudian asiasat 5.

      Hapus
    2. owh iya bener, tadi kurang cermat lihat garisnya.
      ini saya mau ikuti tutorial di atas wat tracking telkom 3s.
      cukup direnggangkan saja bisa ndak? nanti setingan di receiver dirubah port 1 jadi telkom 3s dan port 2 jadi palapa D.

      Hapus
    3. ya harus sesuai sebelumnya. Misalkan tadinya jarak palapa telkom 1 adalah 3cm, telkom asiasat 7 rapat, asiasat 7 ke asiasat 5 3cm.
      sebenarnya posisi palapa d-asiasat7-asiasat-5 masih sama. Cuma lnb telkom diambil dan ditaruh sebelah barat. diameter lnb sekitar 6,5cm. Jadi palapa - asiasat7 adalah 3cm + 6,5cm = 9,5cm. yang paling penting adalah posisi 4 lnb harus tegak dan bulatannya lurus sejajar

      Hapus
    4. Oke intinya palapa D, asisasat 7 dan 5 tetap pada posisinya.. cuma telkom 3s posisi LNB disebelah barat palapa D gtu aja kan.
      makasih pencerahannya.

      Hapus
    5. oiya kalao saya cermati gambar yang terakhir di blog ini, kalao posisi tiangnya dipasang ditengah2 pas sambungan besi siku gitu. bukannya nnti posisi LNB asiasat 7 dan 5 juga akan bergeser ke kanan ya?

      Hapus
    6. Pemasangan fukus ya ditengah, biar senyal merata.

      Hapus
  10. Pak maaf klo untuk 4 lnb kan, bracket belah dua yah, kan urutan lnb nya seperti telkom.3s, barat,palapa.d timur,trus asiasat 7, asiasat 5, benar tdk yah pak urutan seperti ini, oh iya klo jarak lnb telkom3s ke palapa ke asiasat 7 brapa cm yah pak, dan dri asiasat7 ke asiasat 5.tks pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarak lnb bisa beda-beda sesuai dish yang digunakan.

      Hapus
  11. Berhasil mencari n lock telkom3S di 4LNB Pak, terimakasih atas ilmu dan tutorialnya.. (y)

    BalasHapus
  12. Pak,kalo punya saya tiap habis hujan pasti sinyalnya pada ilang semua,itu kenapa ya pak..? Merknya Venus chromus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya ada yang kemasukan air. Mungkin kabel ada yang lecet kulitnya atau konektornya yg kemasukan air

      Hapus
  13. pak punya saya kok trans7, antv, dan beberapa siaran nasional di palapa D pada di enskripsi ya? trus Net HD sudah g ada po? tinggal yg SD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di papala d, chanel trans7 antv ada 3. punyaknya topas, orage, dan matrix garuda. kl pakai receiver biasa chanel tsb gelap gak bisa dibuka. net HD masih ada tapi sinyalnya cukup kecil

      Hapus
    2. iya punya saya cuma gelap gtu kaya diacak, channelnya ada simbol $ .saya pakai skybox A1.. bisa diatasi g ya pak?

      Hapus
    3. Gak bisa pakai receiver gituan. Pakai matrix sinema biar cling

      Hapus
  14. harus ganti receiver brrti?
    berbayar g itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matrix sinema ya gak berbayar to gan. itu hanya laternatif kalau mau dapat chanel trans tv, trans 7, antv dari palapa d. kl pakai receiver biasa kan bisa ambil dari telkom 3s, chinasat 10, chinasat 11, ses 9, dll

      Hapus
  15. iya trans7 antv ada di telkom 3S ktnya. tp punyaku saya scan berkali2 kok g nemu ya channel itu?

    BalasHapus
  16. Admin, saya guna 10 feed paragon, bracket sudah saya belah mengikuti petunjuk, untuk pemasangan jarak lnb telkom3s seperti biasa dengan palapad berada di barat dan asiasat7 sama seperti asiasat 5 saya mau tanya jarak plat besi nya berapa CM, dan tracking nya dari arah barat atau timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plat besinya dari lubang ujung ke lubang terakhir 17 cm. 17 cm ini bukan panjang plat besi, tetapi lubang yang aktif.

      Hapus
  17. LNB sy 4, LNB Telkom 1 ny kembar dengan Asiasat 3, apakah tetap bisa lock telkom 3s? Apa harus ganti LNB?

    BalasHapus
  18. Posisi lnb sy sudah seperti yg dijelaskan di atas, tp sony grup tetap ga bs di scan, knp ya mas brow...??

    BalasHapus
  19. Pak mau nanya, spliter alcad 2way DI- 202, untuk dua tv supaya chenel sama semua bisa ga, tetapi receivernya cuma satu.tks pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl receiver cuma satu ya tinggal dicabang saja yg dari receiver

      Hapus
  20. Susah juga ya bang....

    BalasHapus
  21. Nanya min.. Kalo pake braket 4 lnb beli di toko alias tanpa di modif/di belah sperti gmbar di atas apa masih bisa lock sat tel 3s, palpa, asiast 7, asiast 5 dan ch sony tennya aman gak di asiast 7 nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kl sekarang gak perlu di belah bro. Tinggal dishnya yg di pakai. kl tiang fokus panjang 100 cm tinggla ditempelkan saja. Kl 90 cm di potong sedikit terus ditempelkan

      Hapus
  22. Assalamu'alaikum..kang,untuk dish jaring yang 7feet apakah sama jarak lnb nya dari
    tel 3s 3cm pal D 9,5cm asiast 7 3cm asiast 5?itu udah betul?terus kedalaman nya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar segitu kalau dish 7 ft venus al7210. yang palapa telkom di jauhin dikit jadi sekitar 3,2cm

      Hapus
  23. Mas mau tanya sy sudah coba segala cara buat pasang 4lnb, yg nyantol cuma telkom 3s sama palapa d. Asiasat 7&5 gak nyanto, oia dish sy 7 feet.posisi tiang fokusnya berada dimana, ditengah antara lnb palapa d dan lnb asiasat 7 apa di salah satu lnb (palapad ato asiasat7). Terimakasih atas waktunya

    BalasHapus
  24. Om mau bertanya kalo dish feet 7 merk hansen mau pasang lnb 4 in 2 itu gimana ya ? Urutan nya dari barat ke timur. apa lnb 1 nya telkom 3s atau asiasat 5 ? Rencana mau ambil sat telkom 3s , palapa , asiasat 7 dan 5
    Terus masing2 antar lnb nya brp cm ya dengan dish feet 7 itu ? Rx merk skybox a1 plus

    BalasHapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel