Cara Merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3S

Update Terbaru: Tutor di artikel ini adalah merubah telkom 1 ke telkom 3s karema pada waktu itu satelit telkom 1 rusak dan chanelnya dipindahkan ke satelit telkom3s. Sekarang satelit telkom4 sebagai pengganti satelit telkom 1 sudah aktif dan chanel yang ada di satelit telkom 3s dikembalikan ke satelit telkom 4. Cara mengembalikannya silahkan baca: Cara Mengembalikan Telkom 3s ke Telkom 4. Tujuan saya membuat artikel baru adalah agar lebih enak berinteraksi di komentar karena komentar pada artikel ini sudah terlalu banyak.

Cara Merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3S - Beberapa hari yang lalu satelit Telkom 1 tiba-tiba semua sinyalnya menghilang. Dari kabar yang beredar, satelit telkom 1 ini tiba-tiba rusak karena usianya sudah melampaui batas. Satelit telkom 1 aktif mulai tahun 1999, sedangkan umur satelit sekitar 15 tahun.

Seharusnya satelit ini sudah pensiun tahun 2014. Tapi karena penggantinya mengalami kegagalan dalam peluncurannya (meledak di udara), maka satelit telkom 1 dipaksakan beroperasi sampai akhirnya mengalami kerusakan.

Akhirnya satelit telkom 1 yang sudah rusak chanelnya dipindahkan ke satelit palapa d, tapi ini hanya untuk sementara, untuk kemudian dipindahkan ke satelit Telkom 3S.

Untuk bisa menerima siaran dari satelit Telkom 3S posisi parabola harus di set lagi karena posisi satelit Telkom 3S posisinya tidak sama dengan satelit Telkom 1.

Yang pertama kita harus tahu dulu posisi satelit Telkom 3S yang dimaksud. Posisi satelit Telkom 3S berada disebelah timurnya satelit Palapa D. Tepatnya di posisi 118° E. Sedangkan satelit palapa d berada diposisi 113° E, dan satelit telkom 1 berada diposisi 108° E. Jadi jarak satelit telkom 3s ke satelit palapa d adalah 5° dan jarak satelit palapa d ke satelit telkom 1 juga 5°.

Jarak satelit Telkom 3S ke satelit Palapa d sama persis dengan jarak satelit Telkom 1 ke satelit Palapa d, hanya bedanya posisi satelit telkom 3s berada disebelah timurnya satelit palapa d, sedangkan satelit telkom 1 berada disebelah baratnya satelit palapa d.

Alhasil untuk mendapatkan sinyal satelit telkom 3s kita tidak perlu merubah jarak lnb nya. Melainkan kita tinggal memindah posisinya. Ada dua cara untuk merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3S. Kedua cara ini Hanya untuk parabola dengan 2 lnb. Kalau untuk parabola dengan 4 lnb Silahkan baca di Cara modif 4 lnb untuk tangkap Telkom 3s.

1. Memutar Posisi Lnb
Kita cukup memutar 180° posisi lnb. Misalkan parabolanya menggunakan pipa tiang cangkul, kita tinggal memutar tiang cangkul tersebut yang tadinya arahnya ke timur, diputar ke arah barat.

Untuk memutar arah lnb caranya seperti gambar berikut ini:

Cara Merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3S

Cara ini bisa dilakukan jika keadaan mounting dish masih cukup bagus. Jika dish sudah tua dan mounting sudah karatan sehingga tidak bisa diputar, maka untuk mendapatkan satelit telkom 3s bisa menggunakan cara kedua yang akan dijabarkan dibawah.

Jika tiang lnb menggunakan tiang tripot maka posisi tiang tripot tersebut juga harus dipindah sehingga posisi lnb berbalik arah. Caranya tiga buah tiang dicopot dari dish. Sebelumya posisi 3 tiang kan disebelah barat 1 buah (posisi tengah) dan sebelah timur 2 buah (posisi kiri kanan). Setelah dicopot kemudian dipasang lagi pada dish dengan posisi 1 tiang di timur (posisi tengah) dan 2 tiang dibarat (posisi kiri kanan).

Posisi dish tidak perlu di rubah-rubah karena cara memaksimalkannya cukup dengan memutar-mutar posisi lnb. Pada beberapa kasus, posisi dish harus di gerakkan sedikit untuk memaksimalkan sinyal.

2. Menggeser Posisi Dish ke Timur
Untuk cara kedua ini, pertama kita harus merubah seting pada menu satelit. Maksud merubah disini adalah seting satelit palapa dirubah sesuai seting satelit telkom dan seting satelit telkom dirubah sesuai seting satelit palapa.

Sebagai contoh, sebelum dirubah, seting satelit palapa adalah:
22k off
DiseqC Port 1

Sedangkan seting satelit telkom adalah:
22k off
DiseqC Port 2

Maka setelah dirubah jadinya adalah seting satelit palapa:
22k off
DiseqC Port 2

Dan seting satelit telkom jadi:
22k off
DiseqC Port 1

Untuk cara merubah seting satelit silahkan baca: Switch Parabola dan Cara setingnya Setelah seting menu satelit dirubah, kemudian dish digeser sedikit demi sedikit ke arah timur (sudut deklenasi) sampai didapat sinyal satelit palapa.

Cara Merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3S

Setelah sinyal satelit palapa d didapat cukup baik, kemudian satelit telkom discan, maka chanel satelit telkom 3s akan muncul, setelah muncul maka tinggal memaksimalkannya.


239 Komentar untuk "Cara Merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3S"

  1. Yang Fokus apakah Satelit PALAPA atau TELKOM 3S...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl untuk pemula fokus di palapa, jadi posisi lnb diputar, lnb yang sebelumnya disebelah barat jadi di sebelah timur, ini agar tidak bingung seting satelitnya.

      sebenarnya bisa langsung digeser ketimur saja yang artinya posisi fukus di telkom, tp seting satelit di receivernya dirubah, yang tadinya palapa diseq 1 jadi diseq 2 dan telkom yang tadinya diseq 2 jadinya diseq 1. atau palapa yang tadinya 22k off jadi on, dan telkom yang tadinya on jadi off, tp untuk pemula biasanya agak kebingungan untuk seting satelitnya.

      Hapus
    2. Memang sama az bos v simple di blikin lnb ny.!

      Hapus
    3. kalo milih ganti setting recievernya saja gimana gan? mana yg lebih bagus?

      Hapus
    4. kl seting receivernya saja, seting palapa dirubah seperti seting telkom, kemudian dish dimiringkan ketimur sedikit-demi sedikit sampai ketemu sinyal palapa. setelah ketemu sinyal palapa, seting telkom dirubah seperti seting palapa sebelumnya, kemudian satelit telkom di scan, nanti akan masuk chanel telkom 3s, setelah ketemu tinggal memaksimalkannya saja

      Hapus
  2. Repot ya klu harus gilir2 parabola....!!! 😞😞😞😞😞

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl cuma 2 lnb sih gampang, yg agak susah kl parabolanya 4 lnb, sony ten 1 hd harus masuk. tentunya posisi lnb telkom 3s harus tepat.

      Hapus
    2. Lnb 2 gampang?
      Tolong bagi donk cara nya om..supaya dapat satelit telkom 3s
      Reciver saya winasat..

      Hapus
    3. lnbnya dibalik arah bro, posisi receiver dinyalain posisi chanel satelit palapa, dish jangan diputar, lnbnya saja yang diputar. ketika diputar nanti sinyal hilang, setelah posisi lnb balik arah 180°, sinyal palapa muncul lagi, diputa dikit2 sampai sinyal besar, kemudian satelit telkom 1 discan annti masuk chanel dari satelit telkom 3s

      Hapus
    4. Min punya saya kalau parabola nya diturunin dapat siaran telkom 3s, tapi pas dinaikin siaran telkom 3s hilang dan yg dapat siaran palapa d, ada saran gak min.

      Hapus
  3. Itu harus drubah posisi lnbnya ya? Kalo ga dirubah bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi lnb dirubah. bisa gak dirubah, yaitu dengan cara posisi dish dimiringkan ke timur, kemudian seting satelit pada receiver dirubah kebalikan dari sebelumnya

      Hapus
  4. ber arti dekat dengan chinsat dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak dekat banget, cuma posisinya saja yang berada disebelah timurnya palapa. untuk chinasat 6b pemasangan lnb rapat dengan telkom 3s, kl chinasat 6a ada renggangan

      Hapus
  5. Gilang azhar29/08/17 21.57

    Dijelaskan dengan gambar boleh om.. maaf masih newbie ni..belum begitu mengerti..yang di putar tiang atau lnb..trus lnb yang mana kan ada 2 tuh lnb nya..hehe sekali lagi maaf ni..makasih om

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg diputar tiang penyangga lnb hingga lnb yang tadinya berada disebelah timur jadi berada disebelah barat

      Hapus
    2. Abis di putar lnb nya setting receivernya gimana om? Ikut Nyimak.. Saya pakai kvision dc1000

      Hapus
  6. Coba foto in boss gambar posisi lnb nya biar lebih jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, besok mungkin saya upload

      Hapus
    2. pak bos. minta di share gambarnya cara merubah LNBnya agar bisa dapet telkom 3S

      Hapus
    3. Terima kasih boss udh saya coba dah oke

      Hapus
    4. ditunggu gambarnya berikut jarak antar LNB ya boss bro

      Hapus
  7. Bisa kah langsung setting di receivernya tanpa harus merubah posisi parabolanya ..soalnya daru tadi saya susah cari sinyal satelit telkom 3s..bisa di bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa kalau para bola gak di apa-apakan

      Hapus
  8. untuk yg 4lnb gmana min posisi lnb &pengaturan direciver ny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lnb yg lain masih sama, cuma lnb telkom 1 dipindah sebelah baratnya lnb palapa dengan jarak yg sama. receiver gak perlu diseting, cukup nantinya satelit telkom 3s discan saja

      Hapus
    2. Min lnb yang paling timur itu satelit apa

      Hapus
  9. Berarti kalo dah diputar 180’,tinggal diblind scan aja trus nongol telkom 3s nya ya bos? Atau masih ada setting lain? Soalnya di receiverku gak ada sat telkom 3s. Maklum buta ma parabola jd gak ngerti.hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya. setelah diputar persis 180°, satelit telkom 1 di scan, nanti akan muncul chanel telkom 3s nya, trus dimaksimalkan saja.

      Hapus
    2. Slmt mlm min, bisa d video in gk? Masalahnya sy kurang faham, oo. Akan hal ini, tapi ksh pngen tongkrongin tuh chanel �� dtunggu min video nya

      Hapus
    3. maaf saya gak bisa edit2 video. tp ntar tak coba belajar

      Hapus
  10. parabola saya ada di atas genteng, berarti kalo harus merubah lnb nya saya harus manjat ke atas genteng ya? atau cukup kutak katik receivernya tanpa naik ke atas genteng??? dan saya masih bingung yg mana lnb telkom dan yang mana lnb palapa.. karna saya masih pemula dan belum ngerti apa2.. kalo scan channel mah udah bisa.. kalo masalah kayak di jabarkan di atas masih keliatan bingung buat ngubah arah posisi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. parabolanya harus diutak-atik, kl receiver saja gak bisa

      Hapus
  11. Saya sudah putar gan telkom s3 sudah dapat cuman yang palapa d ilang smuanya, mhon pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin di pemasangan awalnya beda, kl sebelumnya palapa posisi fokus seharusnya palapa gak hilang

      Hapus
    2. Maksudnya posisi fokus gimana ya boz? Maap Maklum blajaran hehe

      Hapus
  12. Masukkan komentar Anda...brati tetep harus ubah posisi lnb ya. ga bisa manual otak atik reciver aja

    BalasHapus
  13. Bos utk trans tv di palapa msh bisa ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. trans tv dah pergi dari palapa, saat ini 30/8/2017 yg ada dipalapa antv, trans7.

      ditelkom 3s trans tv, trans 7

      Hapus
  14. Kalo lnbnya dulunya sudah diset di palapa d dan telkom 1 caranya ganti telkom 1 dengan telkom 3s apa bisa dituker posisinya yang tadinya di kanan ditaroh kiri,yang tadinya kiri ditaroh kanan.trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja, tp setelah itu dish dimiringkan ke arah timur sampai didapat sinyal palapa d, setelah sinyal palapa d, satelit telkom di scan, nanti akan muncul chanel telkom 3s. dan kemudian tinggal memaksimalkannya

      Hapus
    2. mas mohon pencerahan,
      Pada decoder saya tidak muncul satelit telkom 3s, adanya telkom 1.
      Bagaimana ya agar telkom S3 muncul pada dekoder saya.
      Terima kasih

      Hapus
    3. Gak masalah, itu hanya nama. walaupun namanya telkom 1, tapi nanti kl lnbnya sudah menghadap ke satelit telkom 3s dan kemudian satelit telkom 1 tersebut discan, maka yang masuk adalah chanel dari telkom 3s

      Hapus
  15. boz klo untuk 4lnb brarty yg diubah cuman plapa ama telkon 1 y trus gmana cra ngubahnya boz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl lnb 4 gak bisa dengan cara diatas. Bisanya lnb telkom 1 diambil, trus dipasang lagi disebelah baratnya lnb palapa dengan jarak sesuai ketika sebelum diambil

      Hapus
    2. Maksudnya tukar posisi dengan lnb palapa atau di pindah ke sebelah baratnya palapa min, klo dipindah kan udh gx ada slotnya, apa mngkin tukar tempat aja sama palapa gtu

      Hapus
  16. Mohon pencerahan cnn indonesia ditelkom 3s ada tidak

    BalasHapus
  17. gan kalo posisi satelit kan dari timur palkom as3as5 tp kalo posisi lnb dari timur as5as3 telpal itu gmn ya ane bingung ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi lnb di parabola terbalik dengan posisi satelit diangkasa karena yang ditangkap adalah sinyal pantulan dari dish.

      Urutan satelit (diangkasa) sebelumnya adalah: Paling timur palapa d, kemudian telkom 1, kemudian asiasat 7, kemudian asiasat 5. Sedangkan urutan lnb di parabola adalah: paling timur asiasat 5, kemudian asiasat 7, kemudian telkom 1, kemudian palapa d.

      Kl sekarang urutan satelit diangkasa adalah: Paling timur telkom 3s, kemudian palapa d, kemudian asiasat 7, kemudian asiasat 5. Dan urutan lnb di parabola adalah: paling timur Asiasat 5, kemudian asiasat 7, kemudian palapa d, kemudian telkom 3s.

      Hapus
  18. Gan, kasih tutorial gmana caranya cari satelit telkom 3s untuk 4lnb dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl pasang baru gampang, tinggal ditata. jarak palapa ke asiasat 7 adalah misalkan pakai dish venus al7210 jaraknya 2,8 cm + 6,5 cm.

      kl parabola lama, lnb telkom diambil trus dipasang sebelah baratnya lnb palapa pakai sambungan sembarangan sedapatnya yang penting lnb tegak lurus dan nol derajat sejajar

      Hapus
    2. Berarti min lnb telkom di ambil terus pasang di lnb palapa, dan palapa di pasang di lnb telkom, gitu?

      Hapus
  19. lnb telkom di ambil, trus di taruh di sebelah barat palapa dengan jarak seperti sebelumnya, terus garis nol[0] yang ada di lnb berubah apa tidak, atau sama saja? pada lnb venus kembar 4 saling ketemu garis titik nol [0] pada lnb nya, terus lagi, tempat yang kosong bekas telkom satu bisa buat satelite yang lain apa tidak,posisi lnb telkom1 sebelumnya berada pada titik 0 dish, trima kasih matur suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. titik nol harus arah timur barat. titik nol ketemu antar 2 lnb atau tidak, itu gak masalah yang penting garis nol arah timur barat. saat ini posisi 108° E tempat telkom 1 tidak ada satelit c-band.

      Hapus
  20. Saya masih bingung dengan post diatas gan, cara scannya & cara muternya, bisa d jlaskn dengan gambar gak gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. diputar berbalik arah, yang tadinya ditimur jadi dibarat, dan tang tadinya dibarat jadi ditimur, palapa gak usah discan sinyalnya tetap. setelah palapa didapat sinyal cukup bagus, satelit telkom 1 discan, nantinya yang masuk chanel dari telkom 3s

      Hapus
    2. Jadi kita cuma harus muter tiang lnb nya ya min??

      Hapus
  21. mas tolong dong buat artikel kasih contoh pasang 4lnb untuk telkom3s palapa asiasat5 asiasat7
    beserta gambar gambarnya seperti artikel2 yang sebelumnya agar tidak terlalu banyak kebingungan.
    terima kasih artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
  22. Kalau seting untuk 4lnb gmn caranya mas, tolong dong bikin artikel2 seperti sebelum2nya. Mengenai cara merakit braket sendiri dengan 4lnb telkom3s palapa asiasat5 asiasat7 untuk 6feet.
    Sebelumnya trima kasih, blog ini dengan artikel yag sangat berguna banyak membantu saya

    BalasHapus
  23. Thx gan, berhasil gan... Cara plg gmpang tinggal puter aj tiang lnb

    BalasHapus
  24. Daripada gw panjat panjat genteng buat mindahin lnb karna punya gw lnb4 dan hasilnya juga belum tentu berhasil karna gw buta parabola belum ditambah lagi tetengga yang bakal ngatain sok sokan, mendingan klo rumah admin deket, gw undang kerumah,gw jateng banjarnegara

    BalasHapus
  25. Signal palapa sdh dapat, bagus kwalitasnya. Tp wkt scan telkom, trans7 & transtv gk dpt. Apa mslhnya itu, Pak?

    BalasHapus
  26. Kok ttp gak ketemu ya, padahal sudah saya miringin ketimur dish nya, trus pengaturan sudah saya ubah.. Gimana dong? Pemula nih saya...

    BalasHapus
  27. Yang diputarnya itu cuma bautnya saja ya

    BalasHapus
  28. Makasih gan, ane sukses pake cara nomor 2

    BalasHapus
  29. Gan parabola aku make besi siku apakah bsa tracking telkom 3s

    BalasHapus
  30. Gan klau bsa ya share video dong biar kmi pad tau dan ngerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan saya gak bisa ngedit-ngedit video

      Hapus
  31. Gan, tadi pagi sy cb ikutin tutorial tracking Telkom3S dr YouTube dgn cara setting dr receiver tambahkan satelit Telkom3S, transponder dsb, lalu memiringkan disk parabola ketimur sktr 1-2 cm, setelah mendapatkan signal bagus namun kenapa justru signal Palapa D hilang, dan otomatis chanel2 nya sprt Indosiar, SCTV, RCTI dkk ikut hilang...? Tolong pencerahannya Gan.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Patokannya pakai palapa saja, jadi ketika dimiringkan ke timur, posisi receiver disalah satu chanel palapa. setelah seting receiver dirubah, maka chanel tersebut hilang, kemudian dish dimiringkan ke timur sedikit-sedikit sampai chanel palapa tadi mjuncuk kembali

      Hapus
  32. Kita udah setting reciver dengan menurunkan tiang kearah timur dan kalo palapa udah lock tapi telkom 3s gak muncul juga,ada pencerahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. la telkom 1 discan ada transponden yg masuk gak? kl tepat seharusnya ada transponden masuk

      Hapus
    2. Ada gan,tvri dan siaran cina gitu..tp trans tv dan t7 gak dapat..apa harus masukkan kode frek yg baru gan ?

      Hapus
  33. Maz jarak palapa ke asiasat7 dan asiast5 brpa Cm karna saya memakai 4 buah lnb..

    BalasHapus
  34. Kalo lnbnya 4 gimana ?

    BalasHapus
  35. kok gak bisa gan dpt siaran di telkom 3S yg dpt cuma siaran di palapa D? Padahal peraturan receiver udh di atur bener dan parabola udh di turunin ke arah timur dikit2? Apa mungkin LNB nya harus di putar2 jga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nuruninnya dibuat palapa sampai maksimal, kemudian telkom 1 discan

      Hapus
  36. sangat membantu besok saya coba
    sekarang trans 7 juga udah ikut ilang dari palapa

    BalasHapus
  37. Min.klo kt sdh seting port lnb palapa dan telkom trus geser arah parabolanya apakah gk pengaruh sm satelit2 lainnya..soalnya sy pakai 4 lnb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel diatas untuk parabola 2 lnb, kl 4 lnb lain caranya

      Hapus
  38. Tidak perlu ganti LNB kan gan? Cukup telkom 1 diputar 180• ke arah timur dan palapa d tetap ditempat semula kan?

    BalasHapus
  39. Bos udah sy rubah posisi lnb 1 ke lnb 2 tapi tdk bs merubah telkom 1 menjadi telkom 3s. Ada cara lain bos. Mohon bantuanya bos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk parabola 2 lnb, caranya seperti artikel diatas bro, asal muternya 180° pasti bisa gan. patokan di palapa. Muternya posisi receiver hidup, terus setelah diputer palapa sinyal masih tetap besar

      Hapus
  40. lam knal gan..justru gan aku udah coba treking telkom3s..telkom 3s muncul chanel telkom dan palapa cuma rcti yg gak ada..di chnl palapa yg muncul china semua..trus sony ten gak ada signal ..mohon solusi gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah berarti itu lnb palapa kena satelit chinasat. jaraknya kurang jauh

      Hapus
  41. Kalau yang pakai LNB Turbo gimana caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lnb turbo itu maksudnya apa?

      Hapus
    2. Saya pakai LNB dan Swite dalam 1antena dan untuk 2Resiver

      Hapus
  42. Maaf min, ini lnb sudah diputar 180 derajat, utk sinya palapa sudah bagus, tpi yg telkom 3s nya msih nihil,, apanya yg salah yaa??,, atau ada settingan yg kurang tepat, mohon petunjuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mungkin pemasangan awalnya kurang bagus

      Hapus
  43. Oh ya sob! setelah di seting receivernya (palapa ke telkom/sebaliknya) channel di palapa D tetap bagus, tapi klo yg telkom pas di scan gk ada channel satupun yg didapat (kosong) ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemiringannnya dirubah2 dan discan lagi

      Hapus
  44. Bingung yg memaki 4 lnb ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lnb telkom 1 diambil kemudian ditaroh sebelah baratnya palapa

      Hapus
  45. Udh dapet gan, cuma masih mau tanya nih
    Kan lnb telkom 1 ubah ke posisi lnb palapa dan sebaliknya sama ubah di switchnya terus ane pake 4lnb, jadi jarak antar lnb (barat ke timur) tel 3s palapa (4cm) palapa asiasat 3s/7 (8,5cm) terus asiasat 7 ke asiasat 5 (4cm) ane nambah braket gan biar jarak antar palapa sama asiasat 7 (8,5cm) terus kedalaman lnb nya di 40, tel 3s sama palapa udah dapet. Nah sekarang yg jd masalahnya asiasat 7 sama 5 gak dapet gan udah di setting masih aja gadapet, punya solusinya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. melihat data diatas, jarak palapa ke asiasat7 kurang jauh bro. kl jarak telkom ke palapa 4cm, asiasat7 ke asiasat5 4cm, berarti jarak palapa ke asiasat7 adalah 10,5cm

      Hapus
    2. Terus itu tiang cangkulnya di tengah"? Diantara palapa as7? Atau gimana? Klo sudah sesuai 10.5cm nah seting payung nya kemana? Ke timur apa tegak lurus?

      Hapus
    3. kl sony ten harus cling, posisi fokus di tempat telkom yang sebelumnya

      Hapus
  46. sempat seneng bentar trus pusing lagi, capek juga modif posisi lnb dari tlkom 1 ke 3s, setelah pindah semua dapet signal tlkom palapa asia 3s, yg asia 5 gak pernah dpt signal dari pertama pasang, trus saya pindah ke tv ke dua, pertama scan ok juga, tapi gak lama si telkom3s minggat lagi, apa karena seting port juga sebelumnya, posisi sekarang adalah palapa port 1, tlkom 3s port 2, asia3s port 3, asia5 port 4, pada receiver kedua juga saya bikin sama seting port nya, palapa port1, tlkom3s port 2, asia3s port 3, dan asia5 port 4, apa ada yg salah pada seting port, apa memang trackingnya saja yg belum tepat, matur nuwun,

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek sambungan dari lnb ke switch. Saya sendiri kadang keliru dlm menjumper dari lnb ke switch. Terus kl dah betul semua, di tracking lagi dengan optimalnya sinyal.

      Hapus
  47. Hati hati positioning ke arah telkom 3s kadang yg nangkep chinasat. Solusinya geser ke timur lagi sedikit (isinya chanel china semua, 110 derajat, sedangkan telkom 3s 108, selisih sedikit)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Palapa d 113° E, chinasat 6b 115° E, dan telkom 3s 118° E. Buat saja palapa sebagai patokan biar gak keliru ke chinasat 6b

      Hapus
  48. bagaimn cara scan nya gan, sinyal telkom 1 gak nongol padahal posisi sudah di atur sesuai totorial di atas. mohon bantuanya gank....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba muternya dipaskan sampai benar2 180 derajat, atau berpatokan sinyal rcti. artinya ketiga diputar receiver keadaan hidup pas chanel rcti, ketika diputar sinyal akan hilang. kemudian setelah diputar 180 derajat sinyal muncul lagi. diputar pelan2 sampai sinyal rcti maksimal, baru satelit telkom di scan. sinyal telkom 3s sangat melimpah

      Hapus
  49. Maaf min mau tanya tlg dijawab ya, saya pakai 4 lnb, setiap kali saya scan semua satelit sama dpt channel nya, saya scan palapa dpt chanel nya campur antara palapa dan telkom, saya scan telkom pun demikian jg,scan asiasat jg dptnya chanel palkom, jadi chanel nya bnyk yg sama di receiver saya... gmn solusinya min, apa saya salah dlm seting 22k on/off nya? Tlg jelasin setingan 22k on/off yg bner untuk masing2 lnb min (4 lnb)

    Trs satu lg min, apa bedanya port 1 (1.0 dan port 1.1)
    Tlg dijawab ya min biar saya gx puyeng, mksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal switchnya pakai apa? kl pakai diseq 4x1, maka 22k di off kan semua. trus pakainya port 1.0
      port 1.0 adalah diseq 4x1, sedangkan 1.1 adalah generasi kedua ada 16x1

      Hapus
  50. Jarak palapa dan telkom3s selisih setelah tiang lnb d putar 180°(fokus palapa) saat mau cari sinyal telkom hrs d geser +- 1 cm pd tiang penyanga ke timur begitu juga sebaliknya hrs d geser ke barat kembali untk mendapat sinyal palapa...jika kasusnya seperti itu apakah perlu menyabung bracket lnb nya gan?
    Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  51. min saya udahcoba muter muter zonk tak kembaliin posisi awal... barat lnb 1 palapa 22k off.. timur lnb 2 telkom 22k on. Itu agar lock telkom 3s dan palapa gemana ya reciver mpeg2

    BalasHapus
    Balasan
    1. receiver mpeg2 lebih gampang buat tracking.

      nyalakan receiver. posisi di chanel satelit palapa (rcti misalnya). pencet info, kan itu displai layar depan muncul P __ __. itu menandakan kualitas sinyal. kemudian posisi lnb di balik arah. yang tadinya di timur jadi dibarat. ketika proses geser itu sinyal jadi hilang, tapi setelah posisi lnb berbalik arah, maka sinyal kembali muncul. kemudian stelit telkom discan maka chanel akan masuk. sinyal telkom 3s sangat melimpah

      Hapus
  52. Untuk lnb dual output apakah sama cara.nya bos ??

    BalasHapus
  53. Kalau 4 lnb bagai mana caranya bang ????? Tolong di resfon

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk parabola 4 lnb, lnb telkom dicopot, terus dipasang sebelah baratnya lnb palapa dengan jarak sesuai jarak palapa ke telkom 1. Posisi dish tetap seperti semula.

      walaupun posisi lnb telkom 3s agak jauh dari fokus, sinyal tetap bisa diterima dengan baik karena sinyal dari satelit telkom 3s cukup meluber

      Hapus
    2. admin...berarti harus tambah dudukan untuk LNB telkom yang di copot itu...

      Hapus
  54. sukses pindah lnb telkom1 ke telkom3s, dengan cara cabut lnb tlkom 1, dan bikin rel dari aluminium siku kecil buat tatakan lnb di sebelah barat lnb palapa, jarah sama persis sesuai saran mas ADMIN, dari kemarin sebelum satelit telkom rusak sempat gak pernah berhasil tracking sat telkom, dapat signal sebentar terus hilang lagi, ternyata setelah pindah posisi lnb pun juga muncul signal tapi gak lama hilang lagi, ternyata oh ternyata lnb yang bermasalah, setelah ambil lnb asiasat5, ternyata signal normal jaya, trima kasih buat ADMIN yg selalu punya jawaban atas semua pertanyaan saya...

    BalasHapus
  55. LNB 2 yang dalam saru antena dan untuk dua Resiver

    BalasHapus
  56. Gan kalau punya saya 3 lnb, asiasat 3s telkom 1, sama palapa.
    Yg saya tanyakan kalau palapa & telkom ditukar terus digeser ketimur biar asiasatnya tetep bisa digunakan gimana? Maaf newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa. Solusi Gak ribet ambil dari chinasat 10. Putar balik lnb (lnb barat jadi timur dan lnb timur jadi barat). pengaturan menu satelit:
      1. satelit palapa diseting seperti satelit asiasat7 (misalkan tadinya switch diseq palapa diposisi port 1 dan asiasat7 di port 3. maka palapa dirubah jadi port 3)
      2. satelit telkom tidak dirubah.
      3. satelit asiasat7 diset seperti satelit palapa.
      kemudian nyalakan receiver pada posisi chanel rcti (tidak ada sinyal).
      kemudian pelan-pelan dish digeser ketimur sampai sinyal rcti muncul dan maksimal.
      kemudian satelit telkom discan maka akan muncul beberapa chanel termasuk trans tv, trans7, antv, net. posisi asiasat 7 sinyalnya juga sudah ada. tinggal memaksimalkannya.
      (cara ini tidak permanen karena chanel ini milik skynindo yg fta)

      Cara kedua (Permanen)
      Lnb telkom dilepas kemudian dipasang sebelah baratnya lnb palapa dengan jarak sama persis seperti jarak palapa ke telkom 1. posisi dish seperti semula tanpa ada perubahan

      Hapus
  57. mohon solusine gan ngrubah saklar ring 4 lnb, biar dapet semuanya. di kasih foto lebih bagus gan.

    BalasHapus
  58. Semua tutorial nya udah saya ikuti, parabola nya juga udah saya turunin dikit ke arah timur. Jaringan palapa D nya dapat tapi utk menscan telkom 1 agar dpt telcome 3s gaj bisa min ?
    Tolong penjelasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar Jarak lnbnya kurang pas itu bro, coba diturunin dikit- kemudian dscan, kl gak ketemu, dinaikin dikit-dikit kemudian dscan. sinyal telkom 3s ini sangat melimpah. kl dah ketemu tinggal benerin jarak lnbnya silahkan baca: Menentukan jarak lnb yang kurang tepat

      Hapus
    2. Saya Menggunakan LNB 4 min
      Jadi gemana tu min biar bisa dapat telkom 3S nya, butuh bgat min trans 7 buat nonton MOTO GP. Tolong min kasih penjelasanya swcepatnya

      Hapus
  59. kalau ukuran disc di jateng itu kebanyakan pakai yg apa ?

    BalasHapus
  60. Gan mau tanya juga dong, gmn kalau lnb saya cm satu pakai parabola yang gerak. Terima kasih sblm nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari palapa digeser ketimur sekitar 23 angka pada posisioner

      Hapus
  61. Gan masih tetap sinyal palapa maksimum pas dan sudah di putar 180° setingan reciver sudah benar,tapi telkom tidak dapat sinyal sedikitpun apa yang harus saya lakukan kasih solusinya kualitas lnb trlkom masih bagus sinyal intensitas nya pun bagus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan jarak lnbnya gak pas itu bro. Coba turunin sedikit, lalu discan, kl gak ada, dinaikin sedikit kemudian discan. pasti nyantol. kemudian jarak lnbnya di benerin. silahkan baca: Menentukan jarak lnb yang kurang tepat

      Hapus
  62. putar tiang fokus(tiang kecil dudukan lnb) putar searah jam,sehingga lnb nya terbalik. yg td nya di bawah dah di atad

    BalasHapus
  63. klo posisi kabel diswitch nya aja yg diubah bsa ga min ?

    BalasHapus
  64. kalau posisi kabel diswitch aja yg di ubah bsa ga gan.trus klo yg 4 lnb.yang mana lnb palapa dan lnb telkom gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl kabel saja yg dipindah jelas gak bisa. untuk 4 lnb Lnb telkom harus dipindah sebelah baratnya lnb palapa.

      Hapus
  65. husni thamrin04/09/17 19.56

    terimakasih banyak Om... info nya.... akhirnya ketemu juga trans tv dan trans 7... smoga.. jadi ladang amal ya...untuk ilmu nya

    BalasHapus
  66. kalau posisi kabel diswitch aja yg di ubah bsa ga gan.trus klo yg 4 lnb.yang mana lnb palapa dan lnb telkom gan ?

    BalasHapus
  67. cara untuk mengetahui ukuran disc berapa ft itu caranya bagaimana mas ? karena untuk mengatur jarak antara lnb palapa dan telkom3s.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukuran dish gak perlu diukur. yang penting panjang tiang fokus?penyangga lnb, nanti ketemu jaraknya

      Hapus
  68. Min, gimana ya posisi lnb,di pindah dari posisi lama(ganti tempat maksudnya) trus ada yg saya lihat di situs lain posisi ke2 lnb searah. yg pernah saya lihat sebelumnya berlawanan arah, gimana ini boss, tolong pencerahannya trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. searah atau berlawanan itu gak ada pengaruh, yang penting 0 derajat sejajar timur barat. Kl parabola 2 lnb, tinggal dibalik arah saja, kl 4 lnb lnb telkom dilepas, kemudian ditaruh disebelah baratnya lnb palapa

      Hapus
  69. Brarti cuma putar tripot lnb 180° ya om? dish parabola ga perlu di rubah, setting receiver jg tetap? Saya pakai kvision c1000.. Makasih om mohon pencerahan maklum pemula.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, setelah diputar telkom discan saja. sinyal telkom 3s sangat melimpah

      Hapus
  70. Tanya master...tiang lnb dah aku putat 180°,sinyal palapa d oke,tapi untuk telkom 3s gak ada,kalo telkom dapat sinyal,palapa sinyalnya jadi hilang..mhon solusinya master,apa jrak lnbnya kurang tepat,ato giman

    BalasHapus
  71. mas adun tolong di bahas cara traking menggunakan receiver saja, saat ini kalo tracking saya selalu bawa tv ke luar, sempat juga tv saya bawa keatas genteng, .... cara lihat bar signal di receiver saja gimana, saya pakai getmecom hd5 laut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai receiver mpeg2. tekan info kan displai depan jadi info persen dari kualitas signal. kl mpeg4/HD gak bisa. ada receiver mpeg4 yg ketika dipencet info displai depan jadi presentase kualitas signal, tapi naik turunnya tidak akurat. lebih jelasnya bisa baca di: Alat Tracking Satelit

      Hapus
  72. Yg diputar lnbnya sja atau sekaligus sama dudukan lnbnya....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan lnb, tp pipa tiang fokus, otomatis dudukan juga ikut muter. dish tidak diputar

      Hapus
  73. Yang 4 LNB gmn cara dapet sinyal telkom 3s nya, bang?
    Soalnya di geser dikit parabolanya palapa D Langsung ilang.

    BalasHapus
  74. nanya lagi mas...
    kalau sinyal palapa kurang bagus itu caranya bagaimana mas.. apa pengaruh kedalaman dudukan lnb nya.. karna dulu pernah dirubah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sinyal kurang bagus penyebabnya bisa macam2 bro, bisa trackingnya, atau lengkungan dish sudah tidak rata

      Hapus
  75. Min kok yg muncul cuma transtv

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kl dah muncul tinggal memaksimalkannya.

      Hapus
  76. misi min.ane udah ikutin cara yg ke 1.tiang fokus lnb udah ane puter 180° di palapa siaran rcti,setelah diputar 180°,siaran rcti ny kok nggak ketemu2 ya,tapi intensitas sinyal nya tinggi sama seperti di palapa sebelum di putar 180°.diputar dikit2 atau pun banyak ke timur atau ke barat tetap nggak ketemu rcti nya.ane coba aja scan di telkom atau di palapa yang ketemu malah chanel india semua.salah nya dimana y min?trus ada lagi min,lnb ane tiang cangkul nya beda arah nya dari punya orang kebanyakan,misal nya tiang cangkul punya tetangga ane ngarah ke barat semua ni,punya ane sendiri cangkul nya ngarah ke timur.memang begitu dipasangin sama orang toko nya waktu di beli dulu sampe sekarang.apa perbedaan arah cangkul nya akan mempengaruhi ketika tiang penyangga nya ane putar min?maka nya siaran rcti nya nggak bisa ketemu2 lagi.maklum masih pemula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl posisi cangkulnya beda, gak bisa dengan cara diputar. Enaknya pakai cara kedua. seting satelit palapa dirubah jadi telkom dan seting telkom dirubah jadi palapa, kemudian dish digeser sedikit2 ke timur sambil pantengin chanel rcti sampai chanel rcti muncul sinyalnya.

      Hapus
    2. ane mo nyoba cara yg ke 2.pengaturan receiver tanaka ane,palapa 22k:hidup,diseq:lnb2.telkom 22k:hidup,diseq:lnb2.jadi kedua ny di jadikan 22k:mati,gitu y min?trus diseq utk kedua satelit ny dirubah ke berapa?soalnya ke 2 satelit 22k dan diseq nya sama.

      Hapus
  77. gan kalo 4lnb,tapi cuma cari telkom3,palapa,yg lain ilang gk papa bisa gk gan tanpa mindahin lnb.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl tanpa nge set parabolanya jelas gak bisa. Kl cuma menghidupkan telkom saja anda akan kebingungan dalam tarckingnya. Enaknya pakai cara kedua dari artikel diatas. Jadinya yang hidup palapa dan telkom saja.

      seting menu satelit palapa dirubah jadi seperti seting telkom, dan seting telkom dirubah jadi seting palapa.

      Kemudian nyalakan receiver pada chanel rcti, kemudian turunkan dish pelan2 sampai rcti sinyalnya muncul kembali, setelah sinyal rcti bagus, coba satelit telkom discan.

      Hapus
    2. oh brrti klo mau tracking telkom 3s tanpa mindahin lnb telkom ke sebelah barat palapa gt ya om caranya, gpp satelit lain gak dapet yang penting Palapa telkomnya dapet,, brrti settingnya pake cara kedua aja ya? ubah settingan palapa jadi telkom, telkom jadi palapa trus turunin dish ketimur sedikit?

      Hapus
  78. gan tempat saya(lampung) telkom3 apa dishnya jga miringkanya ke timur.soalya untuk telkom1/palapa dish sudah miring ke temur sampe nyentuh genting, (yg membuat ane bingung kalo mindah lnb kok di baratnya,tapi kalo gk di tukar memiringkan kok ke timur)).tolong gan bagi ilmunya!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang gitu bro. Posisi satelit di angkasa sebelumnya: Palapa d ditimur dan telkom 1 dibaratnya. pemasangan lnb pada parabola: posisi lnb palapa dibarat dan lnb telkom ditimur (karena pantulannya berbalik arah. Silahkan baca: menentukan jarak lnb

      Posisi satelit diangkasa sekarang: Palapa d disebelah barat dan Telkom 3s disebelah timur. Pemasangan Lnb pada parabola: lnb palapa sebelah timur dan lnb telkom 3s disebelah barat.

      Jika pada pemasangan sebelumnya lnb palapa pada posisi fokus, maka dish gak perlu dirubah, tinggal diputar saja tiang fokusnya, maka lnb yang sebelah barat menjadi disebelah timur

      Hapus
  79. Cara ini brhasil, palapa yg tadinya di port 1 tuker aja ke port 2, telkom yg td nya port 2 ke port 1, turunin tiang penyangga nya ke timur dikit, dpt deh

    BalasHapus
  80. min kalo ke 2 lnb diputar 180* dari posisi semula,apa harus setting receiver juga? Atau tinggal maksimalkan sinyal dengan posisi disc trus di blind scan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl diputar tiang fokusnya, maka dish gak perlu di rubah

      Hapus
  81. Gan ane sering settings parabola orang2 ,ane sering gunain cara Palapa jadi Telkom 3s sedangkan Telkom 1 jadi Palapa ,terus tinggal atur 22k nya tinggal seting on/of ,terus miringgin deh parabola nya ke timur ,tapi beberapa rumah ga bisa ,banyak yang Palapa sama Telkom nya jadi satu gan ,kira2 cara pisahin nya gimana ya ,padahal lnb nya ada 2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. La mungkin switchnya pakai diseq, kl switchnya pakai diseq yang dirubah bukan 22k nya, tapi dirubah port diseqnya

      Hapus
  82. Tadinya saya pake 2 lnb untuk satu tv. Krna adik pengen nonton tv d kamar saya.beli lg 2 lnb..
    Nah yg jd masalah telkom 1 ilang adik pingin telkom 3s..
    Saya udah coba pake cara 1 180° saya puter tp hasilnya nihil ..
    Trus solusinya gimana bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemutaran 180 derajat hanya bisa dilakukan kalau lnb palapa pada posisi fokus, kl posisinya gak fokus maka harus pakai cara kedua atau bisa juga pakai cara pertama, tp dish harus digeser sedikit ketimur

      Hapus
  83. min .. saya sudah melakukan perubahan seperti yg di jelas kan diatas .. tpi chanel di telkom yg muncul hanya firs chanel doank alias tvri lokal.. gmana tu min mohon penjelasannya .. makasih

    BalasHapus
  84. ijin copy gambarnya gan ,

    BalasHapus
  85. gan aku dah putar lnb 180,,alhamdulilah dapet semua,palapa+telkom,tapi ada masalah yg timbul,kalo trans 7 dapet,trans tv hilang tapi sinyal keduanya bagus semua,begitu pun sebaliknya,kesalahan dimana ya gan,,(receiver merk sakata)

    BalasHapus
  86. Mas boleh mnt no wa/bbm? Sy mau nnya2 bnyk, bisa tolong di inbox ke akun FB saya, "Anggara Pawinnata"

    BalasHapus
  87. Min, Saya gx mudeng, Bisa minta link kontak person yg bisa settingin parabola saya di bandar Lampung? Trims

    BalasHapus
  88. Gan, tiang fokus udah di putar 180 derajat, satelit telkom 3s sudah di scan, tp yg dpt cm tvri jambi, aceh rri, trus trans 7, trans tv gak dapat, apa nya yg di stel gan??

    BalasHapus
  89. Mas, saya pakai parabola dari tv dakwah dengan 3 LNB yaitu Telkom1, Palapa D dan Asiasat5. Posisi LNB-nya ada 2 yang berdekatan dan 1 agak jauh.
    Untuk medapatkan telkom 3s, LNB yang sebelah mana yang harus saya pindah? (Tanpa memutar tiang penyangga)

    BalasHapus
  90. Maaf min,mohon share u settingan telkom3 s dengan 4 lnb,karena saya coba dengan cara ini,siaran u mnc grup hilang,yg lain ok,terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  91. Mas klu drumah sya, telkom1 ada beberapa siaran yg aktif ., tpi untuk trans7 gak ada sinyal, trus yg palapa D, hnya trans TV yg gak ada sinyal, yg lain ada kok.

    BalasHapus
  92. Nanya gan.. Sedikit melenceng dari topik karena sy sdh sukses pake cara ke-2. Sy pake 2 lnb, masing polaritas H dan V terpisah, dengan multiswitch untuk 4 reciever. Jika saya mau nambah 1 lnb lagi di sebelah timur untuk menangkap asiasat 5:
    1 berapa jarak antara lnb palapa dgn lnb asiasat 5?
    2. Switch apa yang diperlukan dan bagaimana settingnya?

    Terima kasih ...

    BalasHapus
  93. Mas untuk kabel kabel yang ada di lnb di tukar tempat gak .lnb 2 .

    BalasHapus
  94. Sy posisi di lombok NTB. sy bingung bagaimana cara cari sinyal telkom 3s.
    Mau sy coba takut sinyal yg lain hilang krn sy masih newby, sy pakai 4LNB. Sy jg bingung mana yg telkom mana yg palapa. Sy lihat lnb di parabola. 2 lnb yg ditengah berdekatan (ini sinyal apa).
    Sedang kan 1 lnb sbelah timur dan barat ada jarak (ini sinyal satelit apa)
    Sy mau diinfokan mana satelit palapa dan mana satelit telkom di baris lnb saya.... Mhn pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lnb telkom adalah nomor 2 dari barat. itu diambil kemudian dipasang kebali disebelah baratnya palapa

      Hapus
  95. Yoghi Febriyan09/09/17 12.23

    Misi gan. Gua pkek Lnb 2 niih, Kalau Kita memutar dish tapi lnb gak di putar apa satelit Telkom 3S, Palapa D, Asiasat, dll akan tetap ketemu. Setau saya kalau mereka memutar Payung nya, maka semua Satelit bakala berubah. Posisi skrng kan mengarahke barat kalau di balikan ketimur apa satelit Palapa D akan muncul. Atau harus kita setting juga dari Raciver nya. Mohon masukan nya gan. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan dishnya yang diputar, tapi tiang lnbnya

      Hapus
  96. Pnya saya 2lnb mp2, stlah d putar dish/payung 180*. setting 22k on off dan port ny pun udah d rubah.. tp chanel palapa tetap hilang.. pa mungkin mainin dish ny k utara/selatan dikit.. tolong pencerahanny master..

    BalasHapus
  97. Mau tanya gan cannel trans tv dan trans 7 hilang dari daftar saluran tv , gmana cara nyarinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai cara seperti artikel diatas bro

      Hapus
  98. Saya pake cara nomor 2 mas, receiver k vision, geser perlahan ke timur( turunin ) sprti gmbr, dikit dikit scan geser lagi scan, smpe pada akhirnya ketemu lah satelit telkom 3s dan chanel komplit mya yg tempo hari hilang, tapi palapa malah ilang semua ga ada signal, tak coba kembalin seprti semula dikit demi dikit scan, tetep nihil malah telkom 3s nya jga hlng, akhirnya skrng stay ke satelit telkom3s palapa hitam gelap tanpa sinyal, mohon pencerahan nya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin setingan satelit pada menu receiver keliru,

      Hapus
  99. Min.. Klo di bagian receiver nya apa perlu di ganti frek, smbl rate, dll nya untuk telkom 3s nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya berubah. discan saja nanti masuk sendiri chanelnya

      Hapus
  100. Maaf setelah saya baca", belom jelas mengenai 4lnb ini, apakh lnb telkom 1 cabut tuker ke posisi palapa atau bagaimana pengertian pindah ke sbelah brat nya itu min, sya pakai receiver mpeg2. Apakh stelit asiaasat3 asiaasat5 tidak berpengaruh? Trimksih min

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Dish dimiringkan untuk merubah posisi lnb.
      2. lnb yang untuk telkom 1 diambil, kemudian dipasang kembali, posisinya disebelah baratnyat lnb palapa.
      3. jarak lnbnya ke palapa sama seperti sebelumnya, cuma dipindah ke sebelah barat.
      4. dish kembali ditegakkan seperti semula

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel