Cara Merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3S

Daftar Isi
Update Terbaru: Tutor di artikel ini adalah merubah telkom 1 ke telkom 3s karema pada waktu itu satelit telkom 1 rusak dan chanelnya dipindahkan ke satelit telkom3s. Sekarang satelit telkom4 sebagai pengganti satelit telkom 1 sudah aktif dan chanel yang ada di satelit telkom 3s dikembalikan ke satelit telkom 4. Cara mengembalikannya silahkan baca: Cara Mengembalikan Telkom 3s ke Telkom 4. Tujuan saya membuat artikel baru adalah agar lebih enak berinteraksi di komentar karena komentar pada artikel ini sudah terlalu banyak.

Cara Merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3S - Beberapa hari yang lalu satelit Telkom 1 tiba-tiba semua sinyalnya menghilang. Dari kabar yang beredar, satelit telkom 1 ini tiba-tiba rusak karena usianya sudah melampaui batas. Satelit telkom 1 aktif mulai tahun 1999, sedangkan umur satelit sekitar 15 tahun.

Seharusnya satelit ini sudah pensiun tahun 2014. Tapi karena penggantinya mengalami kegagalan dalam peluncurannya (meledak di udara), maka satelit telkom 1 dipaksakan beroperasi sampai akhirnya mengalami kerusakan.

Akhirnya satelit telkom 1 yang sudah rusak chanelnya dipindahkan ke satelit palapa d, tapi ini hanya untuk sementara, untuk kemudian dipindahkan ke satelit Telkom 3S.

Untuk bisa menerima siaran dari satelit Telkom 3S posisi parabola harus di set lagi karena posisi satelit Telkom 3S posisinya tidak sama dengan satelit Telkom 1.

Yang pertama kita harus tahu dulu posisi satelit Telkom 3S yang dimaksud. Posisi satelit Telkom 3S berada disebelah timurnya satelit Palapa D. Tepatnya di posisi 118° E. Sedangkan satelit palapa d berada diposisi 113° E, dan satelit telkom 1 berada diposisi 108° E. Jadi jarak satelit telkom 3s ke satelit palapa d adalah 5° dan jarak satelit palapa d ke satelit telkom 1 juga 5°.

Jarak satelit Telkom 3S ke satelit Palapa d sama persis dengan jarak satelit Telkom 1 ke satelit Palapa d, hanya bedanya posisi satelit telkom 3s berada disebelah timurnya satelit palapa d, sedangkan satelit telkom 1 berada disebelah baratnya satelit palapa d.

Alhasil untuk mendapatkan sinyal satelit telkom 3s kita tidak perlu merubah jarak lnb nya. Melainkan kita tinggal memindah posisinya. Ada dua cara untuk merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3S. Kedua cara ini Hanya untuk parabola dengan 2 lnb. Kalau untuk parabola dengan 4 lnb Silahkan baca di Cara modif 4 lnb untuk tangkap Telkom 3s.


1. Memutar Posisi Lnb
Kita cukup memutar 180° posisi lnb. Misalkan parabolanya menggunakan pipa tiang cangkul, kita tinggal memutar tiang cangkul tersebut yang tadinya arahnya ke timur, diputar ke arah barat.

Untuk memutar arah lnb caranya seperti gambar berikut ini:

Cara Merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3S


Cara ini bisa dilakukan jika keadaan mounting dish masih cukup bagus. Jika dish sudah tua dan mounting sudah karatan sehingga tidak bisa diputar, maka untuk mendapatkan satelit telkom 3s bisa menggunakan cara kedua yang akan dijabarkan dibawah.

Jika tiang lnb menggunakan tiang tripot maka posisi tiang tripot tersebut juga harus dipindah sehingga posisi lnb berbalik arah. Caranya tiga buah tiang dicopot dari dish. Sebelumya posisi 3 tiang kan disebelah barat 1 buah (posisi tengah) dan sebelah timur 2 buah (posisi kiri kanan). Setelah dicopot kemudian dipasang lagi pada dish dengan posisi 1 tiang di timur (posisi tengah) dan 2 tiang dibarat (posisi kiri kanan).

Posisi dish tidak perlu di rubah-rubah karena cara memaksimalkannya cukup dengan memutar-mutar posisi lnb. Pada beberapa kasus, posisi dish harus di gerakkan sedikit untuk memaksimalkan sinyal.

2. Menggeser Posisi Dish ke Timur
Untuk cara kedua ini, pertama kita harus merubah seting pada menu satelit. Maksud merubah disini adalah seting satelit palapa dirubah sesuai seting satelit telkom dan seting satelit telkom dirubah sesuai seting satelit palapa.

Sebagai contoh, sebelum dirubah, seting satelit palapa adalah:
22k off
DiseqC Port 1

Sedangkan seting satelit telkom adalah:
22k off
DiseqC Port 2

Maka setelah dirubah jadinya adalah seting satelit palapa:
22k off
DiseqC Port 2

Dan seting satelit telkom jadi:
22k off
DiseqC Port 1


Untuk cara merubah seting satelit silahkan baca: Switch Parabola dan Cara setingnya Setelah seting menu satelit dirubah, kemudian dish digeser sedikit demi sedikit ke arah timur (sudut deklenasi) sampai didapat sinyal satelit palapa.

Cara Merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3S
Setelah sinyal satelit palapa d didapat cukup baik, kemudian satelit telkom discan, maka chanel satelit telkom 3s akan muncul, setelah muncul maka tinggal memaksimalkannya.

Artikel terkait:

238 komentar

Comment Author Avatar
12/9/17 Hapus
Apakah satelit telkom stelah hilang kmrin.yg skrang ini sdah bisa trus gan
Comment Author Avatar
13/9/17 Hapus
Bang mau tny klo 4lnb hrs nmbhin bracket ya, bisa gak lobang palapa dituker sama lobang lnb telkom gnt posisi gt, jd yg paling pinggir jd telkom, ap hrs nmbh bracket br bisa,
Kl mau palapa, telkom 3s, asiasat 7, asiasat 5, braket harus disambung. simak di Cara modif 4 lnb untuk tangkap telkom 3s
Thanks abang informasinya sngat bermanfaat.. Baru di praktekan tadi pagi akhrnya trans7 dn tran TV suwd bisa di tonton lagi... Slam kami dri anak ujung Negri Timur NTT. SMOGA BLOG INI TAMBAH SUKSES KEDEPANNYA...!
Min kalau mengatur satelit di reseiver mpeg4 hd gmn kyak goldsat madrid.
Di reseiver nya udah saya atur prabola nya juga tp kok gak dapat2 ya signal ny,malahan palapa d juga ikut hilang mau kembalika asal lagi gak bisa.
Bisa bantu cara ny min,
di pengaturan satelit
Mas...aku pakai 2 lnb,kaki penyangga 3.apa bisa tanpa merubah kaki,cumak merubah input kabel di disec,yg awalnya palapa di port 1 lalu di rubah ke port 2 dan sebaliknya yg telkom di port 2 ganti ke port 1.
Gak perlu dirubah portnya, bisa pakai cara ke2. tinggal seting satelit pada receiver dirubah, terus digeser sedikit ke timur
Comment Author Avatar
16/11/17 Hapus
daftar chanel tlkom 3s apa aja ya master
punya ku dh d rubah tapi trns tv dan tran 7 cuma gelap doang yg lain y yg keluar ky chanel palapa
Comment Author Avatar
16/11/17 Hapus
lnb udah d rubah
setting reciever jga udah tpi tans tv dan tran 7 masih gelap
apalg master yg perlu d setting biar cling
makasih
pakai salah satu cara saja bro. kl semua dirubah jadi kacau. pertama tiang fokus di putar, kl sudah karatan gak bisa diputar baru pakai cara seting satelit dirubah.
Comment Author Avatar
17/11/17 Hapus
klw dh keluar chanel tpi gelap trus yg perlu d setting lg apanya master
makasih
Kl gelap berarti belum lock telkom 3s nya. yg gelap itu chanel di palapa d
Comment Author Avatar
Anonim
18/11/17 Hapus
min ane sudah coba ubah di reciever setingan palapa diubah ke telkom dan sebaliknya,kmudian coba geser parabolanya sampe dapat sinyal palapanya, stelah scan telkom tetep ga ada sinyal min, itu kurangnya dimana ya? udah beberapa kali ane coba ubek ubek min.
kalo cara yg pertama belom nyoba sih soalnya pake tripot dan di atas atap parabolanya
thx
Kl kaya gitu kemungkinan besar jarak lnb kuran akurat. Coba di geser ke timur sedikit sampai sinyal palapa mengecil, terus scan telkomnya. kl gak masuk, coba geser kebarat sedikit sampai sinyal palapa mengecil terus scan telkom, pasti dapat.
Comment Author Avatar
Anonim
18/11/17 Hapus
ow gitu,ok min nanti tak coba dulu soalnya kmaren posisi trackingnya pas sinyal terkuat ane kunci.thx ya min. nanti klo blm brhasil ane tanya lagi he he he
Gan trans tv dll dah ketemu kok,di palapa d malah ilang?
diputar tiang fokusnya atau dimiringkan ketimur?
Maaf mas untuk palapad terlock,telkom3s nihil,kedalaman palapad 36 apakah harus sama,pa beda ya mas,tadi saya samain untuk kedalamany juga nihil,38 nihil,40 juga nihil, ,mohon solusinya mas!?
Kedalaman sama. kl telkom terlock atau belum, itu ada kesalahan lain. mungkin seting switchnya atau yng lainnya. Coba baca: Penyebab gagal tracking telkom 3s
Comment Author Avatar
8/12/17 Hapus
Gan mau tanya ni saya pake lnb 2 rcv,tapi yg di pke 1 rcv saja..parabola saya D 222,d 35..tiang fokus model cangkul,bracket lnbnya pke yg 4 lnb cuma di modif aja di lubangin di bentuk mirip bracket 2 lnb..
Saya sudah puter tiang fokus 180 derajat tapi jadi ga dapet sinyal..jadi bungung gan..jarak antar lnb palapa dan telkom brp cm trus ngukur nya dari sisi yg mna ?
Pengaturan switch 22k d rcv nya gmn saya pake diseq 4X1 yg palapa d port 1 dan telkom di port 2..
Tolong pencerahannya gan maklum saya pemula saya mau sinyal palapa D dan telkom 3s maksimal..terimakasih
Kl bracketnya model 4 lnb memang gak bisa diputar tiang fokusnya, kl diputar maka kedua lnb tidak dapat sinyal. Untuk pengaturan switchnya ya terserah, misalkan palapa port 1, maka lnb yang dapat port 1 harus berada sebelah timur dan lnb yg dapat port 2 harus disebelah barat.

kl sudah digeser 180 derajat, maka dish harus digeser sedikit ke timur atau kebarat sesuai posisi penempatan bracket
Comment Author Avatar
Rf
26/12/17 Hapus
Min, telkom 3s nya berhasil ketemu tapi gantian channel dari palapa yang gantian hilang, dan saat arah nya sigeser ke barat channel dari satelit telkom 3s nya hilang lagi dan palapa(rcti dkk) sinyalnya muncul lagi, kenapa bisa ya? Mohon bantuannya
itu jarak lnb kurang jauh
Mas di saya 2 lnb, kalo dimiringin ke timur siaran telkom 3s masuk apalapa ilang semua, begitu juga sebaliknya. Nah sayangnya dish saya pakai tripot kalo putr lnb harus beserta dishnya, ini akan mempengaruhi azinut dan deklanasinya mas. Solusinya gmna terimkasih
Comment Author Avatar
14/6/18 Hapus
Saya pengguna 3 lnb. Apa bisa dengan cara ini ?
Makasih gan... Ane pakai cara 2, mantebbb...
Comment Author Avatar
21/12/18 Hapus
Mas mohon bantuannya,
Saya pakai digital MATRIX TURBO III,jarak LNB1 dan LNB2 masih tetap,tidak ada saya rubah sejak beli dari baru.
Pertanya'annya adalah:
Setelah saya cari siaran di satelit palapa D dan siaran dapat semua yg di satelit palapa D,terus kalau saya cari siaran di satelit telkom,dan siaran dapat semua yg di satelit telkom,namun di satelit palapa D siarannya hilang,dan begitu juga sebaliknya,jika saya stel di satelit palapa,dan satelit telkom siarannya hilang..!
Kira2 apa yg harus di stel agar siaran kedua satelit bisa dapat,mohon bantuanya mas??
Resivernya turbo yang mpeg2 atau turbo HD?
Gan. Saya pakai matrix mpeg2. Mau nyoba tutorial diatas. Tpi rcti di satelit palapa gak. Apa udah ganti frekuensi. Frekuensi rcti berapa
Masih tetap semula. 4185 V 8800