Skip to main content
Kreasi Parabola

follow us

Cara modif 4 lnb untuk tangkap Telkom 3s

Setelah Satelit Telkom 1 tidak bisa dioperasikan lagi, maka saluran tv yang tadinya dipancarkan oleh satelit telkom 1 dipindahkan ke satelit telkom 3s, sayangnya posisi orbit satelit telkom 3s tidak sama dengan orbitnya telkom 1 sehingga untuk mendapatkan sinyal dari satelit telkom 3s, posisi parabola harus dirubah.

Untuk merubah parabola dengan 2 lnb (satelit palapa dan telkom 1) sudah saya bahas di artikel Cara Merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3s. Dan pada artikel ini admin akan menjabarkan Cara modif 4 lnb untuk menangkap Telkom 3s. Maksudnya adalah yang tadinya menangkap satelit palapa d, telkom 1, asiasat 7, asiasat 5, menjadi palapa d, telkom 3s, asiasat 7, asiasat5.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk merubah parabola 4 lnb ini, namun pada artikel ini admin hanya akan menjabarkan satu cara saja yang admin rasa paling mudah dibanding cara-cara lainnya dengan tetap mempertahankan satelit semula. Ini berdasarkan beberapa uji coba yang sudah admin lakukan.

Untuk merubah telkom 1 ke telkom 3s pada parabola 4 lnb ini dibutuhkan alat tambahan yaitu plat siku berlubang. Bisa di beli ditoko bangunan. 1 batang bisa dipotong menjadi 15 potong, 1 parabola membutuhkan 2 potong. Gambarnya seperti berikut ini:

Cara modif 4 lnb untuk tangkap Telkom 3s

Plat ini digunakan untuk menyambung 2 buah ring yang sudah terlanjur dipotong karena tadinya menyesuaikan posisi satelit yang ada.

Pertama turunkan lnb beserta ringnya. Gambarnya seperti ini:

Cara modif 4 lnb untuk tangkap Telkom 3s

Kemudian lepaslah penyambung 2 buah ring sehingga sekarang posisi 2 buah ring menjadi terpisah. Gambarnya seperti ini:

Cara modif 4 lnb untuk tangkap Telkom 3s

Jika pada pemasangan sebelumnya pemotongan ring lnb tidak sampai putus, maka lnb masih tetap menempel pada ring. Namun jika pemotongan sampai putus, maka lnb yang tengah akan terlepas dari ring. Tempelkan lagi lnb yang lepas tadi dengan dibaut agar kuat. Intinya posisi besi tengah bantalan antena harus sejajar seperti gambar berikut ini:

Cara modif 4 lnb untuk tangkap Telkom 3s

Kemudian sambung kedua twin lnb ini dengan plat siku. Gambarnya seperti ini ( warnanya beda bro karena tidak sempat jepret pada 1 servisan ) :


Sisi siku yang samping harus di pasang menghadap keatas karena kalau menghadap kebawah akan mengurangi sinyal, kalau gak percaya silahkan dicoba. Cermatilah gambar berikut:



Pada penyambungan hal yang paling penting adalah bulatan lnb harus sejajar
. Kalau sulit untuk menjadikan sejajar karena jaraknya cukup panjang, bolehlah melenceng sedikit asal tidak lebih dari setengah senti meter. Lihatlah gambar berikut ini:

Cara modif 4 lnb untuk tangkap Telkom 3s

Setelah semua perakitan beres, maka lnb bisa ditempelkan pada tiang penyanggan lnb atau tiang fokus. Tiang fokus di bentuk agar bisa menempel pada plat siku. Kemudian dibaut. Gambarnya seperti ini:



Setelah perakitan lnb beres, sambungkan kabel jumper dari lnb ke switch. Menyambungnya lebih baik seperti semula, yaitu lnb paling barat dapat port 2 karena sekarang posisi lnb paling barat adalah telkom 3s. Kemudian timurnya telkom 3s adalah palapa d dapat port 1, kemudian asiasat 7 port 3, dan asiasat 5 dapat port 4. Setelah beres pasang kembali tiang fokus ke dish dan di tracking.


Baca Artikel Lainnya:

Perhatian: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar