Cara Lock PLTV Liga Inggris Eutelsat 172B

Update: Chanel PLTV sudah tidak bisa dibuka. Alternatif silahkan baca: Chanel Penayang Liga Inggris

Lock PLTV Liga Inggris Eutelsat 172B - PLTV adalah chanel alternatif untuk bisa menikmati siaran langsung liga inggris. PLTV singkatan dari Primer League Televisi. Dari nama chanelnya saja kaya gitu tentunya tidak diragukan lagi tayangan dari chanel ini.

Chanel ini termasuk chanel asli sport yang artinya tayangannya ada terus menerus, kalau pas tidak ada live ya menayangkan siaran tunda, menyoroti pemain, dll. Tidak seperti IMG Asia yang merupakan chanel feed. IMG Asia tayang ketika siaran live saja.

Sebelum tracking dilakukan, ada baiknya lihat dulu satelit mana yang memancarkan chanel ini. Ada beberapa satelit yang memancarkan chanel ini. Lihatlah tabel berikut ini:

Satelit Posisi Acakan
Eutelsat 172B 172.0°E Biss
Intelsat 19 166.0°E Nagravision 2, Verimatrix
ABS 2 75.0°E Safeview

Dari tabel dapat diketahui kalau ada beberapa satelit yang memancarkan chanel PLTV dan posisi satelitnya berada diwilayah asia, artinya bisa dijangkau. Sedangkan dari segi acakan, tentunya kita semua sudah tau satelit mana yang harus ditembak.

Sekarang kita lihat beam dari satelit Eutelsat 172B ini. PLTV dari satelit Eutelsat 172B ini dipancarkan menggunakan frekuensi C-Band, sistem pancaran linear (silahkan baca: Sistem Pancaran Sinyal Satelit), artinya pakai lnb biasa tanpa disekat, beamnya Pasific. Lihatlah beam Pasific dari gambar berikut:

Cara Lock PLTV Liga Inggris

Dari gambar peta diatas bisa diketahui kalau pancarannya menjangkau seantero nusantara, apalagi wilayah Indonesia tengah dan Indonesia timur, sinyalnya melimpah ruah.

Dari penjelasan diatas mudah-mudah bisa menambah keyakinan pembaca agar lebih mantap dalam menembak satelit eutelsat 172B.

Agar mudah untuk lock satelit ini, trackingnya pakai receiver mpeg 2 biasa. Kalau di receiver mpeg2 yang untuk tracking belum ada chanel dari satelit Eutelsat 172B, silahkan dibuat dulu dengan frekuensi 3916 H 3330. Caranya silahkan baca di: Cara membuat Chanel yang belum ada dalam receiver untuk Tracking. Frekuensi ini adalah frekuensi terkuat satelit eutelsat 172b.

Pertama nyalakan receiver dan posisikan di chanel satelit Eutelsat 172B, kemudian pencet tombol info sehingga display panel depan pada receiver menunjukkan prosentase kualitas sinyal.

Kemudian posisi dish dari satelit Palapa D diturunkan pelan-pelan sampai sinyal satelit Eutelsat 172B muncul dan terlock. Setelah sinyal terlock, maka kita tinggal memaksimalkannya.


Posisi dish parabola yang lock satelit Eutelsat 172B di jawa tengah (Semarang) adalah seperti gambar dibawah ini:

Cara Lock PLTV Liga Inggris

Posisi pada gambar diatas adalah untuk daerah jawa tengah (Semarang). Untuk daerah lain tinggal menyesuaikan saja. Jika posisi anda disebelah timur Jawa Tengah, maka posisinya lebih tegak, dan jika posisinya sebelah barat jateng, maka posisinya lebih turun lagi.

Setelah tracking maksimal, kita pasang ke receiver mpeg4 atau HD kemudian di scan, maka chanel PLTV akan muncul. Bisa juga discan manual dengan frekuensi 4160, polaritas vertikal, symbol rate 5000. Agar cling tentunya harus dimasukkan key nya dulu, seperti gambar dibawah ini:

Cara Lock PLTV Liga Inggris

Selamat menyaksikan bro.......

8 komentar untuk "Cara Lock PLTV Liga Inggris Eutelsat 172B"

Comment Author Avatar
Anonim 11 Desember
kalo pake dish KU band bisa ga pak...?? trimz
Comment Author Avatar
Gak bisa bro, harus pakai c-band
Comment Author Avatar
Maaf pakai dish pay lnb cbang pakai scalaring bisa gan
Comment Author Avatar
Untuk wilayah jawa tengah gak bisa bro, Kala wilayah indonesia tenga atau indonesia timur saya gak tau, mungkin bisa
Comment Author Avatar
Sinyal pelit tidak gan
Comment Author Avatar
Sinyal besar tp agak susah di lock. begitu sinyal terlock, sinyalnya sudah besar
Comment Author Avatar
Minimal berapa cm gan untuk lock satelit ini?
Tkp Cilegon Banten.
Comment Author Avatar
Dari segitu turun lagi kl cilegon. susah kl pakai ukuran cm cz mounting paabola itu beda2