Frekuensi Sinyal Terkuat Nex Parabola

Frekuensi Sinyal Terkuat Nex Parabola - Bagi teknisi yang sehari-hari mengotak atik parabola tentunya dengan sangat mudah mendapatkan sinyal nex parabola baik c-band maupun ku-band karena sinyalnya besar dan melimpah.

Tetapi bagi teknisi pemula mungkin tidak semudah tutor-tutor yang beredar di internet. Salah satu hal yang mempermudah tracking adalah frekuensi tp (transponder) dengan sinyal terkuat yang digunakan untuk memonitor sinyal saat tracking.

Seperti kita ketahui kalau nex parabola mengudara di frekuensi c-band satelit telkom 4 dan ku-band satelit ses 9. Baik c-band maupun ku-band, frekuensi transpondernya tidak hanya satu, jadi sinyalnya ada yang lebih kuat dan ada yang lebih rendah.

Sinyal Terkuat Nex Parabola
Sinyal Terkuat Nex Parabola

Sinyal Terkuat Nex Parabola

Sinyal terkuat biasa digunakan untuk mentracking satelit atau mengarahkan parabola ke satelit agar parabola bisa men lock sinyalnya.

Dengan kita mengetahui sinyal terkuat, maka proses tracking akan lebih mudah karena sinyal lebih mudah menyambar atau muncul saat parabola di geser-geser. Kalau sudah terlock, maka parabola tinggal dimaksimalkan sinyalnya saja.

Frekuensi Terkuat Nex Parabola C-Band

Kalau parabola yang digunakan adalah jenis parabola besar berdiameter 6 feet atau lebih, tentunya akan mudah mentracking kedua frekuensi nex parabola karena sinyalnya besar semua.

Namun untuk dish mini offset tentu saja harus mencoba dengan frekuensi sinyal terkuat dulu. Setelah sinyal didapat, barulah mencoba frekuensi tp dengan sinyal yang rendah. Nex parabola c-band satelit telkom 4 bisa ditangkap minimal menggunakan dish berdiameter 100 cm.

A. Perolehan Sinyal C-Band

Mentracking nex parabola c-band dengan parabola besar tidak perlu menggunakan acuan frekuensinya nex parabola karena dipastikan terlock jika frekuensi sinyal terendah satelit telkom 4 sudah terlock. Namun untuk parabola mini harus menggunakan acuan frekuensinya nex parabola agar frekuensi nex parabola terlock.

Berikut perolehan sinyal dari 2 transponder nex parabola frekuensi c-band satelit telkom 4 dengan dish 100 cm tipe offset:

Frekuensi Transponder Kekuatan Sinyal
4180 V 29800 66%
3900 V 29800 66%

B. Kekuatan Sinyal C-Band

Dari data diatas memang sinyal yang didapat sama-sama 66%. Namun sinyal transponder terkuat yang sebenarnya adalah frekuensi 3900 V 29800. Ini dapat terlihat ketika dish digoyang-goyangkan. Frekuensi 3900 sinyalnya tetap stabil dan frekuensi 4180 sinyalnya loncat-loncat.

Jadi jika anda mentracking nex parabola c-band dengan dish 100 cm, maka yang harus diperhatikan adalah frekuensi sinyal yang rendah yaitu 4180 karena jika frekuensi ini sudah terlock dengan baik, dipastikan frekuensi 3900 akan dapat lebih baik lagi.

Frekuensi Terkuat Nex Parabola Ku-Band

Nex parabola mengontrak 3 transpoder frekuensi ku-band di satelit ses 9. Sinyal terkuat perlu diketahui bagi yang ingin mentracking satelit ses 9 ini agar lebih mudah dalam mentrackingnya.

A. Perolehan Sinyal Ku-Band

Sebagai contoh saya menggunakan dish berukuran 60 cm. Berikut prosentase kekuatan sinyal yang saya peroleh:

Frekuensi TransponderKekuatan Sinyal
11921 V 4500077%
11861V 4500080%
11861 H 4500077%

*Lokasi di daerah jawa tengah. Hasil bisa berbeda untuk tiap daerah.

B. Sinyal TP Terkuat Ku-Band

Secara gamblang dan jelas sinyal terkuat adalah frekuensi 11861 V 45000 yang mendapat 83%. Bagi tracking pemula yang ingin men lock satelit ses 9 bisa menggunakan frekuensi ini.

Selain yang paling besar sinyalnya, frekuensi 11861 juga memiliki simpang baku yang cukup lebar, dan juga responsif untuk di tangkap.

Frekuensi yang paling direkomendasikan untuk tracking adalah simpang baku lebar dan responsif. Simpang baku maksudnya adalah sinyal sudah bisa di lock walaupun parabola bulum benar-benar tepat di fokusnya.

Sedangkan maksud responsif maksudnya adalah sinyal muadah masuk ke receiver. Jadi ketika sinyal tersenggol lnb, sinyal ini langsung masuk tanpa menunggu waktu.

Demiukianlah artikel tentang frekuensi transponder sinyal terkuat nex parabola satelit telkom 4 dan ses 9. Semoga bermanfaat.