Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Acuan Frekuensi TP Terkuat Nex Parabola

Kreasi Parabola - Bagi teknisi yang sehari-hari mengotak atik parabola tentunya dengan sangat mudah mendapatkan sinyal nex parabola baik c-band maupun ku-band karena sinyalnya besar dan melimpah.

Tetapi bagi teknisi pemula mungkin tidak semudah tutor-tutor yang beredar di internet. Salah satu hal yang mempermudah tracking adalah frekuensi tp (transponder) terkuat yang digunakan untuk memonitor perolehan sinyal saat tracking.

Seperti kita ketahui kalau nex parabola mengudara di frekuensi c-band satelit telkom 4 dan frekuensi ku-band satelit ses 9. Baik c-band maupun ku-band frekuensi transpondernya tidak hanya satu, jadi sinyalnya ada yang lebih kuat dan ada yang lebih rendah.

Frekuensi Transponder Terkuat Nex Parabola C-Band

Kalau parabola yang digunakan adalah jenis parabola besar berdiameter 6 feet atau lebih, tentunya akan mudah mentracking kedua frekuensi nex parabola karena sinyalnya besar semua.

Namun untuk dish mini offset tentu saja harus mencoba dengan frekuensi tp sinyal terkuat dulu. Setelah sinyal tekuat bisa di lock, barulah mencoba frekuensi tp dengan sinyal yang rendah. Nex parabola c-band satelit telkom 4 bisa ditangkap minimal menggunakan dish berdiameter 100 cm.

A. Perolehan Sinyal C-Band

Mentracking nex parabola c-band dengan parabola besar tidak perlu menggunakan acuan frekuensinya nex parabola karena dipastikan terlock jika frekuensi sinyal terendah satelit telkom 4 sudah terlock. Namun untuk parabola mini harus menggunakan acuan frekuensinya nex parabola agar frekuensi nex parabola terlock.

Berikut perolehan sinyal dari 2 transponder nex parabola frekuensi c-band satelit telkom 4 dengan dish 100 cm tipe offset:

Frekuensi Transponder Kekuatan Sinyal
4180 V 29800 66%
3900 V 29800 66%

B. Kekuatan Sinyal C-Band

Dari data diatas memang sinyal yang didapat sama-sama 66%. Namun sinyal transponder terkuat yang sebenarnya adalah frekuensi 3900 V 29800. Ini dapat terlihat ketika dish digoyang-goyangkan. Frekuensi 3900 sinyalnya tetap stabil dan frekuensi 4180 sinyalnya loncat-loncat.

Jadi jika anda mentracking nex parabola c-band dengan dish 100 cm, maka yang harus diperhatikan adalah frekuensi sinyal yang rendah yaitu 4180 karena jika frekuensi ini sudah terlock dengan baik, dipastikan frekuensi 3900 akan dapat lebih baik lagi.

Frekuensi Transponder Terkuat Nex Parabola Ku-Band

Nex parabola mengontrak 3 transpoder frekuensi ku-band di satelit ses 9. Sinyal transponder terkuat perlu diketahui bagi yang ingin mentracking satelit ses 9 ini agar lebih mudah dalam mentrackingnya.

A. Perolehan Sinyal Ku-Band

Sebagai contoh saya menggunakan dish berukuran 60 cm. Berikut prosentase kekuatan sinyal yang saya peroleh:

Frekuensi Transponder Kekuatan Sinyal
11024 V 15675 72%
11101 V 45000 83%
11921 V 45000 80%

*Lokasi di daerah jawa tengah. Hasil bisa berbeda untuk tiap daerah.

B. Sinyal TP Terkuat Ku-Band

Secara gamblang dan jelas sinyal terkuat adalah frekuensi 11101 V 45000 yang mendapat 83%. Bagi tracking pemula yang ingin men lock satelit ses 9 bisa menggunakan frekuensi ini.

Selain yang paling besar sinyalnya, frekuensi 11101 ini juga memiliki simpang baku yang cukup lebar, dan juga responsif untuk di tangkap.

Frekuensi yang paling direkomendasikan untuk tracking adalah simpang baku lebar dan responsif. Simpang baku maksudnya adalah sinyal sudah bisa di lock walaupun parabola bulum benar-benar tepat di fokusnya.

Sedangkan maksud responsif maksudnya adalah sinyal muadah masuk ke receiver. Jadi ketika sinyal tersenggol lnb, sinyal ini langsung masuk tanpa menunggu waktu.

C. Kekuatan Sinyal Terendah Ku-Band

Sebenarnya sinyal titik terendah dari frekuensi nex parabola adalah frekuensi 11024. Sinyal ini sudah bisa terlock ketika terlock 44% saja. Berikut gambarnya:

Sinyal Frekuensi 11024 V 15675:

Frekuensi Sinyal Terkuat Nex Parabola

Sinyal Frekuensi 11101 V 45000:

Frekuensi Sinyal Terkuat Nex Parabola

Sinyal Frekuensi 11921 V 45000:

Frekuensi Sinyal Terkuat Nex Parabola

Sedangkan frekuensi 11101 dan 11920 baru bisa terlock kalau sinyal sudah 55%. Namun sayangnya frekuensi 11024 ini kurang responsif sehingga tidak saya rekomendasikan.

Bagi pemula jangan risau kalau setelah selesai tracking sinyal frekuensi 11024 mendapat sinyal agak kecil. Walaupun sinyalnya kecil, namun sebenarnya sinyalnya sudah tinggi karena dia masih bisa terlock walaupun hanya mendapat sinyal 44% saja.

Demiukianlah artikel tentang frekuensi transponder sinyal terkuat nex parabola satelit telkom 4 dan ses 9. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Acuan Frekuensi TP Terkuat Nex Parabola"

Berlangganan Blog