Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tracking Nex Parabola Ku-Band Satelit Ses 9

Kreasi Parabola - Nex parabola mengudara di 2 satelit yaitu satelit palapa frekuensi c-band dan satelit ses 9 frekuensi ku-band. Untuk satelit palapa d harus di lock menggunakan parabola besar minimal 6 feet. Sedangkan untuk satelit ses 9 bisa dilock dengan parabola mini.

Kecenderungan sekarang masyarakat lebih memilih parabola mini disamping harganya lebih murah, parabola mini juga simpel tidak memakan banyak tempat.

Untuk mentracking nex parabola satelit ses 9 caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:
  1. Merakit dish
    1 set parabola mini terdiri dari:
    • Dish
    • Tiang penyangga LNB
    • Braket Dish
    • Baut-baut dan Braket LNB yang dikemas dalam 1 kantung plastik
    Komponen-komponen ini silahkan dirakit dengan benar. Biasanya dalam paket ini dilengkapi dengan selembar kertas yang berisi petunjuk perakitan.
  2. Memasang LNB
    Pasanglah LNB pada braket lnb dan kemudian braket ini dipasang pada ujung tiang penyangga lnb

  3. Memasang Tiang Dish
    Yang harus diutamakan dalam memasang tiang dish ini adalah ujung tiang harus lurus agar memudahkan dalam proses tracking. Pasanglah tiang penyangga dish dengan kuat agar mampu menahan beban ketika dish terkena hantaman angin kencang.
  4. Membuat Transponder Baru
    Buatlah transponder baru untuk mentracking nex parabola. Jika yang akan digunakan untuk mentracking adalah receiver nex parabola, maka anda tidak perlu membuat transponder baru karena pada receiver nex parabola sudah ada transpondernya. Anda tinggal membuka menu dan masuk ke satelit nex ku-band. Disitu sudah ada frekuensinya nex parabola yang untuk satelit ses 9.
  5. Mengarahkan Dish ke Satelit
    Satelit ses 9 berada di posisi 108.2° bujur timur. Tepatnya sedikit sebelah baratnya kota pontianak. Berikut petanya:

    Cara Tracking Nex Parabola Ku-Band Satelit Ses 9

    Anda arahkan parabola ke sekitar daerah itu. Arah satelit ses 9 ini bisa berbeda-beda sesuai tempat tinggal anda. Misalnya untuk daerah aceh arahnya ke timur, daerah jawa arahnya ke utara, daerah kalimantan atau sulawesi arahnya ke barat, dan wilayah lain arahnya juga harus menyesuaikan.

    Kalau kurang paham anda bisa memanfaatkan aplikasi hp untuk mengetahui arah satelit dari lokasi ada. Atau bisa juga bertanya di kolom komentar.
    Baca juga: Cara Mengetahui Arah Satelit Dengan DVB Finder
  6. Menentukan Arah Konektor LNB
    Setelah anda mengarahkan parabola ke satelit, maka anda juga harus mengarahkan konektor lnb ke posisi yang sesuai.
    Baca juga: Cara Mengarahkan Konektor LNB Parabola Mini


  7. Menaik-turunkan dish dan Memutarnya
    Setelah semua beres, Sambungkan kabel ke lnb dan ke receiver. Nyalakan receiver pada posisi frekuensinya nex parabola ku-band. Kemudian anda naik-turunkan dish secara perlahan sambil memantau sinyal.

    Ketika sinyal sudah didapat, kencangkan baut dish tapi jangan terlalu kencang. Cukup sekiranya dish masih bisa bergerak. Kemudian Maksimalkan pisisi dish sampai benar-benar ke posisi sinyal tertinggi. Setelah itu Kencangkan bautnya dengan kuat.

    Lebih jelasnya silahkan baca: Teknik Dasar Tracking Parabola Mini
Setelah semua beres anda tinggal memasukkan kabel ke dalam dan merapikannya. Kemudian Receiver di scan untuk mendapatkan semua chanel nex parabola satelit ses 9.
Artikel terkait:
Demikianlah artikel tentang cara tracking nex parabola satelit ses 9 dengan dish mini. Semoga bisa dipahami dan sukses mentracking satelit ses 9. Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Tracking Nex Parabola Ku-Band Satelit Ses 9"


Berlangganan via Email