Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tracking Nex Parabola Satelit Telkom 4 Dengan Dish 100 cm

Tracking Nex Parabola Satelit Telkom 4 Dengan Dish 100 cm - Satelit telkom 4 dipilih provider tv berlangganan nex parabola sebagai pengganti satelit palapa d yang masa aktifnya sudah habis. Ini pilihan yang cerdas mengingat rata-rata sinyal satelit telkom 4 cukup melimpah.

Berdasarkan informasi dari pihak customer service nex parabola, satelit telkom 4 tidak hanya tempat singgah sementara saat satelit palapa d belum ada penggantinya melainkan akan tetap mengudara disana dengan kontrak selama 5 tahun.

Dengan pertimbangan sinyalnya yang besar, saya mencoba tracking frekuensinya nex parabola satelit telkom 4 dengan dish offset 100 cm.

Peralatan Tracking

Dalam tracking ini saya menggunakan peralatan seperti berikut:

  • Dish merk vivasat 100 cm (hasil yang saya ukur 98 cm)
  • LNB combo merk matrix (saya beli di online shop seharga 50 ribu)
  • Corong LNB (conical scalar ring / CSR baru seharga 50 ribu)

Target Tracking

Sebelumnya saya sudah posting tentang tracking satelit telkom 4 menggunakan dish 80 cm. Hasilnya lumayan baik karena dishnya hanya 80 cm saja (kurang direkomendaskan untuk c-band).

Kali ini trackingnya menggunakan dish 100 cm. Tentu saja hasilnya lebih baik. Targetnya adalah frekuensi nex parabola c-cand satelit telkom 4. Tujuan tracking frekuensi c-band agar sinyal tetap stabil saat mendung atau hujan lebat mengingat frekuensi ku-band rentan akan gangguan cuaca.

Hasil Tracking Satelit Telkom 4

Dari tracking yang saya lakukan, sinyal nex parabola frekuensi c-band berhasil takhluk. Berikut perolehan kualitas sinyal yang di dapat:

  • Frekuensi 4180 V 298000 mendapat sinyal 63/66% naik turun antara 63 dan 66
  • Frekuensi 3900 V 298000 mendapat sinyal stabil di 66%

Berikut penampakan sinyalnya:

Sinyal nex parabola frekuensi 4180
Sinyal Frekuensi 4180 Nex Parabola

Sinyal nex parabola frekuensi 3900
Sinyal Frekuensi 3900 Nex Parabola

Selain frekuensi diatas, banyak juga frekuensi lain yang terlock dengan sinyal yang lebih besar. Ini wajar karena memang frekuensi di satelit telkom 4 sinyalnya melimpah.

Simak juga video tentang tracking nex parabola satelit telkom dengan dish 100 cm offset:

Demikianlah artikel tentang tracking siaran nex parabola frekuensi c-band di satelit telkom 4. Semoga bisa menjadi pertimbangan bagi yang ingin men lock nex parabola di satelit telkom 4 dengan dish 100 cm.

Posting Komentar untuk "Tracking Nex Parabola Satelit Telkom 4 Dengan Dish 100 cm"

Berlangganan via Email