Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang LNB Combo

Cara Memasang LNB Combo - Yang dimaksud lnb combo adalah satu lnb yang terdiri dari gabungan dua lnb yaitu lnb c-band dan lnb ku-band. Lnb ku-band ditempelkan diatasnya lnb c-band dan bagia atas lnb c-band di lubangi agar sinyal ku-band bisa masuk.

Awalnya saya tidak merekomendasikan lnb kombo ini karena jelas sinyal ku-band menjadi berkurang karena terhambat antena lnb c-band yang ada dibawahnya. Namun mengingat kebutuhan sekarang, lnb kombo ini tentu dubutuhkan.

Kegunaan LNB Combo

Ln combo digunakan untuk menangkap satu satelit yang memancarkan dua frekuensi c-band dan ku-band. Karena pancaran sinyal dari satu titik orbit, maka kedua frekuensi bisa diterima dengan lnb combo ini tanpa menggeser dish.

Atau digunakan untuk menangkap dua satelit atau lebih yang satelit tersebut berada dalam orbit yang sama. Misalnya seperti satelit telkom 4 dan ses 9.

Kedua satelit ini berada dalam orbit yang sama yaitu di posisi 108.2° bujut timur. Satelit telkom menggunakan frekuensi c-band dan satelit ses 9 menggunakan frekuensi ku-band.

Alhasil kedua satelit ini bisa ditangkap menggunakan lnb combo. Bahkan direkomendasikan ditangkap menggunakan lnb combo degan dish 100 cm offset.


Memasang LNB Combo

Cara memasang lnb combo sama seperti memasang lnb c-band biasa. Lnb ini direkomendasikan untuk pemasangan dish solid. Bisa tipe offset maupun tipe fokus.

Untuk dish offset akan lebih baik menggunakan conical scalar ring agar sinyal c-band yang didapat bisa lebih besar.

Untuk dish jaring kurang direkomendasikan karena sinyal ku-band yang didapat kurang besar.

Polaritas / Arah Konektor LNB Combo

Konektor lnb combo baik yang c-band maupun yang ku-band mengarah keatas semua. Berarti Arah konentor lnb combo tidak bisa dijadikan patokan menentukan polaritas.

Pada bagian lnb c-bannya, garis 0° juga tidak ada karena tertutup lnb ku-bannya. Garis 0° juga tidak bisa untuk pedoman arak polaritas lnb combo.

Untuk menentukan polaritas, kita menggunakan acuan garis tang ada diatas lnb ku-band. Disitu terdapat dua garus yang bertuliskan H dan V.


Bagi yang sudah terbiasa memasang lnb ku-band, silahkan arahkan garis V seperti mengarahkan konektor lnb ku-band yang biasa karena konektor lnb ku-band arahnya sesuai polaritas vertikal.



Memasang Kabel Jumper

Dipasaran ada dua jenis lnb kombo. Yaitu model tanpa switch dan model switch inside (sudah ada switch dalam lnb. Switchnya berbentuk switch diseq 2x1.

Jika lnb kombonya tanpa switch, maka pemasangan kabel jumper ke switch seperti layaknya 2 buak lnb biasa. Yaitu output c-band ke salah satu port switch diseq dan output lnb ku-band ke port satunya lagi.

Jika lnb kombonya adalah yang switch dalam, maka pemasangannya seperti ini:


Switchnya ditanam dalam lnb c-band. jadi port lnb c-band ada 2. Satu untuk sambungan ke receiver dan satunya lagi di jumper ke lnb ku-band.

Yang dijumper ke lnb ku-band adalah konektor yang kanan. Demikianlan artikel tentang cara memasang lnb combo. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Memasang LNB Combo"


Berlangganan via Email