Cara Memasang LNB Combo

Cara Memasang LNB Combo - Yang dimaksud lnb combo adalah sebuah lnb yang terdiri dari gabungan dua lnb yaitu lnb c-band dan lnb ku-band. Lnb ku-band ditempelkan diatasnya lnb c-band dan bagian atas lnb c-band di lubangi agar sinyal ku-band bisa masuk.

Awalnya saya tidak merekomendasikan lnb combo ini karena jelas sinyal ku-band menjadi berkurang karena terhambat antena lnb c-band yang ada dibawahnya. Namun mengingat kebutuhan sekarang, lnb combo ini tentu dibutuhkan.

Kegunaan LNB Combo

Lnb combo digunakan untuk menangkap satu satelit yang memancarkan frekuensi c-band dan ku-band. Karena pancaran sinyal dari satu titik orbit, maka kedua frekuensi bisa diterima dengan lnb combo ini tanpa menggeser dish.

Atau digunakan untuk menangkap dua satelit atau lebih dimana satelit tersebut berada dalam orbit yang sama. Misalnya seperti satelit telkom 4 dan ses 9.

Satelit telkom 4 dan ses 9 berada dalam orbit yang sama yaitu di posisi 108.2° bujut timur. Satelit telkom 4 menggunakan frekuensi c-band dan satelit ses 9 menggunakan frekuensi ku-band.

Alhasil kedua satelit ini bisa ditangkap dengan lnb combo. Bahkan direkomendasikan ditangkap dengan lnb combo pada dish 100 cm offset.

Memasang LNB Combo

Cara memasang lnb combo sama seperti memasang lnb c-band biasa. Direkomendasikan untuk pemasangan dish solid. Bisa tipe offset ataupun tipe fokus.

Untuk dish offset akan lebih baik menggunakan conical scalar ring agar sinyal c-band yang didapat bisa lebih besar. Sedangkan dish jaring kurang direkomendasikan karena sinyal ku-band yang didapat kurang besar.

Polaritas / Arah Konektor LNB Combo

Konektor lnb combo baik yang c-band maupun yang ku-band mengarah keatas semua. Berarti Arah konentor lnb combo tidak bisa dijadikan patokan menentukan polaritas.

Pada bagian lnb c-bannya, garis 0° juga tidak ada karena tertutup lnb ku-bannya. Alhasil garis 0° juga tidak bisa dijadikan pedoman arah polaritas.

Untuk menentukan polaritas, kita menggunakan acuan garis yang ada diatas lnb ku-band. Disitu terdapat dua garus yang bertuliskan H dan V.

Arah Polaritas Lnb Combo
Polarits LNB Combo

Bagi yang sudah terbiasa memasang lnb ku-band, silahkan arahkan garis V seperti mengarahkan konektor lnb ku-band yang biasa karena konektor lnb ku-band arahnya sesuai polaritas vertikal.

Memasang Kabel Jumper

Dipasaran ada dua jenis lnb kombo. Yaitu model switch luar dan model switch inside (sudah ada switch dalam lnb. Switchnya berjenis switch diseq 2x1.

Jika lnb kombonya tanpa switch, maka pemasangan kabel jumper ke switch seperti layaknya 2 buah lnb biasa. Yaitu output c-band ke salah satu port switch dan output lnb ku-band ke port switch yang satunya lagi.

Jika lnb kombonya adalah yang switch dalam, maka pemasangannya seperti ini:

Menyambung Kabel Jumper LNB Combo
Kabel Jumper LNB Combo

Switchnya ditanam dalam lnb c-band. jadi port lnb c-band ada 2. Satu untuk sambungan ke receiver dan satunya lagi di jumper ke lnb ku-band.

Yang dijumper ke lnb ku-band adalah konektor yang kanan. Demikianlan artikel tentang cara memasang lnb combo. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Memasang LNB Combo"