Cara Atasi E40 STB ID Error Pada receiver Nex Parabola

Cara Atasi STB ID Error Pada receiver Nex Parabola - Stb ID error pada receiver nex parabola adalah suatu kondisi dimana antara smc id (kartu tayang) dan stb id (identitas receiver) tidak sinkron. Akibatnya semua chanel premium nex parabola baik yang ftv maupun yang berbayar tidak bisa terbuka.

Errornya stb id pada receiver nex parabola ditandai dengan chanel yang fta tetap terbuka, namun chanel ftv dan berbayar nex parabola gelap dan muncul pesan E40:STB ID Error please contact the call center 080 416 287 49.

STB ID Error Nex Parabola
Contoh Pesan STB ID Error

STB ID Error Nex Parabola
Contoh Pesan STB ID Error

Jika dibuka info stb nya, maka nomor smc id tetap ada seperti semula. Namun nomor stb id akan menjadi FFFFFFFFFFFF. Cara membuka stb info pada receiver nex parabola adalah dengan memencet tombol hijau pada remot.

STB ID jadi ffffffffffffffff
STB ID Menjadi FFFFF

Info STB ID Error Nex Parabola
STB ID Menjadi FFFFF

Penyebab STB ID Error

Terjadinya stb id eror bukan tanpa sebab karena pada kondisi normal, hal ini tidak akan terjadi. Ada 2 penyebab terjadinya stb id error ini yaitu:

  1. Receiver di flash ulang
  2. Kesalahan pemakaian sehingga pairing stb lepas

Ketika receiver mengalami kerusakan dibagian sw nya seperti mode on atau mati suri yang disebabkan gagal upgrade ota atau di upgrade dengan sw modifan yang tidak bagus, penyembuhan paling mudah adalah dengan meng flash ulang receiver menggunakan alat ch341a.

Jangan lupa sw yang digunakan untuk flash ulang adalah sw yang original. Kalau sw bukan original maka receiver tidak bisa di pairing ulang.

Ada juga beberapa kasus dimana receiver dipakai normal sehari-hari namun tiba-tiba mengalami stb id error. Ini biasanya karena receiver tidak di off kan dengan benar sehingga sinkornisasi smc id dan stb id lepas. Tidak banyak yang mengalami kasus ini melainkan hanya beberapa saja dan kasus yang terjadi di kebanyakan di receiver nex parabola merah.

Mengatasi STB ID Error Pada Nex Parabola

Jika mengalami stb id error, kita tidak bisa melakukan perbaikan sendiri melainkan harus di pairing via data satelit. Pairing antara smc id dan stb id ini wajib agar chanelnya nex parabola bisa cling kembali.

Untuk mempairing receiver yang kena stb id error kita bisa meminta customer service nex parabola untuk mempairing ulang. Jadi kita tidak perlu melakukan apa-apa pada receiver. Cukup kita nyalakan receiver pada salah satu chanel nex parabola.

Bagi yang mengalami stb id eror silahkan hubungi customer service nex parabola di nomor +6281 292 593 548 atau +6281 295149 920 (pesan whatsapp) dan dilayani hanya waktu jam kerja. Jika anda mengakses website ini menggunakan hp, anda bisa klik tautan whatsapp berikut (hanya dilayani pada jam kerja):

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi stb id error di receiver nex parabola baik nex parabola merah ataupn nex parabola kuning. Semoga bermanfaat.

Anda juga bisa menambah wawasan dengan membaca artikel lainnya dengan kategori:

5 komentar untuk "Cara Atasi E40 STB ID Error Pada receiver Nex Parabola"

Comment Author Avatar
Receiver sya stb eror juga
Comment Author Avatar
Minta di pairing ulang ke sc nex parabola pas hari dan jam kerja
Comment Author Avatar
Salah kirim pembayaran di nominalnya.bisa bantu
Comment Author Avatar
Pembayaran kemana?
Comment Author Avatar
Apakah kita tidak bisa melakukan pairing sendiri?