Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengarahkan Parabola Ninmedia Ke Satelit Asiasat 9

Bagi pengguna ninmedia parabola mini yang sinyalnya hilang, segera arahkan parabola anda ke satelit asiasat 9 karena ninmedia pindah satelit dari yang semula ada di satelit chinasat 11 pindah ke satelit asiasat 9.

Pemindahan dilakukan dengan mentracking ulang parabola anda. Tidak membutuhkan tambahan alat apapun. Cukup di arahkan ke satelit asiasat 9. Yaitu dengan merubah arah parabola dan juga merubah arah konektornya.

Merubah Transponder di Receiver

Pertana yag harus dilakukan adalah merubah transponder pada receiver. Silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pencet menu
  2. Geser ke Instalasi
  3. Masuk ke Daftar TP (kebetulan saya menggunakan receiver venus yaris ninmedia. Berikut gambarnya:

    Menu Daftar TP Ninmedia

  4. Silahkan rubah transponder menjadi 12655 V 45000

    Menu Rubah Transponder Ninmedia

  5. Simpan
Transponder ini nantinya akan kita gunakan untuk memonitor sinyal saat tracking.

Mengarahkan Parabola

Kemudian arahkan parabola ke satelit asiasat 9. Satelit ini berorbit di 122 derajat bujur timur. Tepatnya diatas langit propinsi kalimantan tengah.

Prubahan arah parabola ini bisa berbeda-beda untuk tiap wilayah. Ada yang diputar 180 derajat, ada yang diputar 90 derajat dan lain sesuai tempat tinggal masing-masing.

Misalnya untuk daerah saya yaitu jawa tengah. Posisinya berubah 90 derajat. Untuk daerah sumatra posisinya bisa berubah 180 derajat dari semula arah barat menjadi arah timur. Sedangkan untuk daerah papua arahnya masih tetap sama.

Arah parabola asiasat 9 sudah saya tulis dalam artikel tersendiri.

Mengarahkan Konektor LNB

Setelah parabola mengarah ke satelit asiasat 9, kemudian arahkan konektor sesuai arah parabolanya. Seperti kita ketahui kalau arah konektor lnb ku-band ini adalah tanda polaritas vertikal.

Arah konektor pada parabola mini offset ini berbeda-beda menyesuaikan arah parabolanya. Jadi jika arah konektor ini salah maka sinyal tidak akan muncul

Tracing

Untuk mentracking parabola ke satelit asiasat 9 pertama silahkan nyalakan receiver dan posisikan receiver ke transponder yang telah kita rubah tadi. Kemudian parabola di geser pelan-pelan kebawah sambil memantau sinyal.

Kalau sinyal sudah muncul, slahkan maksimalkan sinyalnya dngan menggoyang-giyang parabola sampai benar-benar tepat dan kencangkan bautnya.


Kalau sinyal belum ada silahkan naikkan parabola dengan pelan juga sambil memantau sinyal. Kalau belum muncul, silahkan geser arah parabola sedikit ke kiri atau kekanan. Lakukan langkan menaik-turunkan parabola.

Kalau semua posisi sudah tersapu bersih, dipastikan sinyal bisa terlock. Kalau sudah terlosk silahkan maksimalkan sinyalnya dan kencangkan bautnya. Kemudian di scan ulang transpondernya. Maka semua chanel ninmedia bisa masuk.

Simak juga video cara mengarahkan parabola ninmedia dari satelit chinasat 11 ke satelit asiasat 9:

Demikianlah artikel tentang cara mengarahkan parabola ninmedia dari satelit chinasat 11 yang sinyalnya hilang ke satelit asiasat 9 karena ninmedia pindah ke satelit ini. semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengarahkan Parabola Ninmedia Ke Satelit Asiasat 9"

Berlangganan Blog