Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Gambar HDMI Tidak Masuk Pada Nex Parabola Kuning

Cara Mengatasi Gambar HDMI Tidak Masuk Pada Nex Parabola Kuning - Gambar tv LED akan terlihat jernih sempurna apabila penyambungan dari set top box ke tv menggunakan kabel hdmi. Perbedaan terlihat cukup signifikan jika penyambungan hanya menggunakan kabel rca saja.

Terkadang teknisi parabola dibuat galau dengan receiver nex parabola dus kuning, hijau, dan putih dimana ada beberapa jenis tv led yang tidak mau dihubungkan dengan kabel hdmi.

Penyebab Gambar Lewat HDMI Tidak Masuk di Nex Parabola Kuning, Hijau, dan Putih

Setelah melakukan beberapa percobaan, kami simpulkan penyebab gambar tidak masuk adalah adanya bug di sw nya.

Ketika ada kasus gambar hdmi tidak masuk, kemudian receiver diganti dengan sw selain nex parabola maka gambar tetap masuk. Itu artinya hardware tidak ada masalaha dan masalahnya di sw nya.

Kasus Gambar Tidak Masuk

Gambar hdmi tidak masuk terjadi hanya di seri tv led tertentu saja dan anehnya disini ada dua kasus.

  1. Terkadang masuk dan terkadang tidak. Hal ini tentunya menjadi masalah karena tidak fix 100% sempurna dan rawan komplain dari konsumen. Terkadang terjadi jika gambar tidak masuk kabel hadmi harus dicabut dulu dan dicolokkan ulang seakan sambungan tidak semurna. Padahal bukan ini masalahnya melainkan karena adanya masalah di sw receiver.
  2. Gambar sama sekali tidak masuk. Disini gambar sama sekali tidak pernah bisa masuk ke tv.

Mengatasi Gambar Tidak Masuk Dengan Kabel HDMI

Jujur saya selalu menggunakan kabel hdmi jika tv nya sudah led dengan kabel hdmi seharga sekitar 10 ribu (1,5 meter). Dan jika ada masalah dengan dengan gambar, masalah tersebut selalu terselesaikan.

Ada beberapa cara mengatasi gambar yang tidak masuk dengan kabel hdmi. Saya selalu menggunakan cara dari pertama sampai pamungkas yang intinya tv bisa terkonek dengan kabel hdmi. Berikut caranya:

  1. Mengganti kabel hdmi dengan kabel berkualitas bagus. Bagus disini adalah memang yang berkualitas. Bukan asal mahal karena banyak juga harga mahal namun kualitasnya standar. Jika tidak berhasil kita bisa simpan kabel mahal dan menggantinya dengan kabel standar kemudian melakukan langkah kedua. Jika anda tidak punya kabel bagus maka bisa langsung melakukan langkah kedua dan tidak perlu malakukan langkah pertama.
  2. Merubah sistem tv menjadi NTSC. Caranya pencet menu, geser dengan tombol volume sampai ke menu sistem. Turun ke pengaturan AV
    Menu Pengaturan AV
    Menu Pengaturan AV
    Di pengaturan AV silahkan pencet ok. Maka akan muncul tampilan pengaturan AV. Pada Sistem TV silahkan pilih NTSC.
    Pengaturan NTSC
    Pengaturan NTSC
    Jika kasus tidak masuknya gambuar hdmi berstatus sedang, maka gambar sudah bisa masuk. Namun jika tetap tidak masuk maka kita harus menurunkan resolusi videonya ke 720p
    Menu Resolusi Video
    Menu Resolusi Video
    Pada kasus yang saya alami bisa fix dengan cara terakhir ini. Namun receiver harus menyala duluan. Seperti kita ketahui kalau saat receiver dinyalakan akan muncul boot logo dulu dan video logo. Resolusi boot logo tersebut berbeda dengan resolusi saat receiver memunculkan gambar. Jadi kalau gambar tidak muncul, maka tv harus dimatikan dengan power remot dan dinyalakan lagi.Otomatis gambar hdmi bisa masuk

Demikianlah artikel tentang bagaimana mengakali gambar hdmi yang tidak masuk pada receiver nex parabola kuning, hijau, dan putih. Semoga nex parabola segera merilis sw yang mampu mengatasi masalah ini agar kita tidak perlu melakukan apa-apa.

Berlangganan via Email